-->

Iklan

gudnyus
30 April 2019, 05:32 WIB
Last Updated 2019-04-29T22:39:07Z
Info

HMMB Polibatam Akan Bedah Kualitas SDM Menghadapi Industri 4.0

Advertisement

Gudnyus.id - Himpunan Mahasiswa Manajemen Bisnis (HMMB) Politeknik Negeri Batam akan menggelar seminar bertajuk 'Peran Generasi Muda Sebagai Agen di Era Revolusi Industri 4.0'. Acara ini akan diselenggarakan pada hari Rabu (1/5/2019) di Ruang 402, Gedung Utama Politeknik Negeri Batam.

Ketua HMMB, Davied Dehna mengatakan seminar ini merupakan upaya menambah wawasan terkait perkembangan dunia industri yang kini telah memasuki era industri 4.0.

"Kemampuan atau talent merupakan kunci  untuk kesuksesan implementasi industri 4.0 ini.
Oleh sebab itu, diperlukan adanya pelaksanaan program peningkatan keterampilan atau pembaruan keterampilan para tenaga kerja berdasarkan kebutuhan dunia industri saat ini," kata Davied, Senin (29/4).

Menurut Davied, kemajuan teknologi menjadi salah satu faktor penting yang  telah mengubah wajah perekonomian, khususnya di sektor industri dan perdagangan.

"Salah satu fase penting dalam perkembangan teknologi adalah munculnya revolusi industri generasi keempat, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Industrial Revolution 4.0," jelas dia.

Ia mengatakan kehadiran industri 4.0 membuka peluang berupa informasi yang sangat melimpah menyediakan manfaat yang besar untuk pengembangan ilmu pengetahuan maupun perekonomian. Masyarakat di era revolusi industry 4.0 memiliki ketergantungan yang sangat besar dalam menggunakan teknologi informasi.

"Tantangan yang harus kita hadapi bagaimana mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap penggunaan teknologi dan harus meningkatkan softskill terhadap generasi muda yang nantinya bakal menghadapi era revolusi industri ini," ungkap dia.

Sumber daya manusia (SDM) menjadi penopang implementasi revolusi industri 4.0. Namun, SDM yang dibutuhkan oleh industri saat ini adalah yang memiliki kompetensi dalam pemanfaatan teknologi digital.

"Harapan saya untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0 terkhusus mahasiswa dengan keinginan untuk berinovasi menumbuhkan kreasi-kreasi baru yang harus difasilitasi dan dikembangkan sehingga dapat berkompetisi pada era industri generasi 4.0," harapnya.

Baru Rochim (Kiri) dan Fendi Hidayat (Kanan)

Seminar HMMB ini akan menghadirkan narasumber yang berkompeten mengulas lebih dalam terkait Sumber Daya Manusia dan Industri 4.0. Adapun narasumber yang akan hadir adalah Direktur GNIK Kepri sekaligus Ikatan Praktisi Sumber Daya Manusia (IPSM) Kepri, Baru Rochim dan Sekretaris Umum Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM) Kepri, Fendi Hidayat.

Seminar ini terbuka untuk umum dengan biaya registrasi hanya sejumlah Rp 10 ribu. Sejumlah fasilitas yang akan kamu dapatkan dari fasilitas ini diantaranya adalah sertifikat, snack, lucky draw dan ilmu.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftarannya segera hubungi kontak panitia berikut ini ya:
Gina Yulita : 083184235551
Mutiara Krissanty : 089623031711