Iklan

gudnyus
22 Mei 2019, 14:43 WIB
Last Updated 2019-05-22T07:44:28Z
sehat

4 Manfaat Kopi, Salah Satunya Bisa Mengatasi Darah Tinggi

Advertisement


Gudnyus.id - Bukan hal baru lagi jika kopi sering menjadi teman wajib bagi anak muda maupun orang dewasa yang gemar menongkrong sambil bersenda gurau bersama kawan-kawannya.

Walaupun kopi sering dituduh sebagai penyebab berbagai jenis penyakit dalam tubuh, namun ternyata ada sederet manfaat kopi untuk kesehatan yang belum diketahui orang. Jadi, bukan hanya wangi dan rasanya yang menggugah selera, kopi juga dinilai baik bagi tubuh jika tidak dikonsumsi secara berlebihan. Apa sajakah manfaatnya?

1. Kopi Mengandung Asam Klorogenat yang Berfungsi Sebagai Antioksidan
Manfaat kopi untuk kesehatan salah satunya adalah asam klorogenat yang dapat mengurangi tekanan darah Anda. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 oleh Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa terjadi penurunan tekanan darah pada pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi per hari. Sejauh ini belum ada efek samping yang dihasilkan oleh asam klorogenat, sehingga masih bisa dikatakan bahwa minuman ini bisa mengurangi tekanan darah Anda.

2. Membantu Mengatasi Rasa Lapar
 Memiliki nafsu makan berlebih bisa Anda atasi dengan meminum kopi hitam setiap pagi. Rata-rata orang yang sudah minum kopi sebelum makan merasakan efek kenyang. Kafein yang terdapat pada kopi hitam tanpa gula yang bisa menyebabkan Anda mengurangi keingan untuk makan sementara. Manfaat kopi untuk kesehatan ini bisa Anda rasakan karena adanya kandungan kafein pada kopi.

Namun, efek ini hanya bisa terjadi pada orang-orang tertentu. Bagi sebagian orang, kafein dapat memudahkan pencernaan karena memilik tingkat sensitivitas yang berbeda. Tetapi, jika Anda yang tidak terbiasa dengan kandungan kafein yang tinggi, sebaiknya Anda mencari cara lain demi kenyamanan tubuh Anda

3. Merangsang Metabolisme
 Seberapa pentingkah merangsang metabolisme bagi tubuh? Tentu sangat penting untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Ada beberapa faktor naik turunnya metabolisme seseorang, yaitu gender, kebiasaan makan, seaktif apa Anda dalam melakukan kegiatan/pekerjaan, jenis makanan, genetik dan pola hidup.

Nah, manfaat kafein yang ada dalam kopi untuk kesehatan menjadi salah satu pemicu naiknya metabolisme tubuh. Kafein yang terdapat pada kopi hitam bisa menurunkan berat badan melalui hilangnya air dalam tubuh, karena tubuh mengalami ekskresi air dalam bentuk urine.

Sebuah studi menemukan bahwa kafein meningkatkan thermogenesis yang merangsang tubuh untuk membakar energi agar menghasilkan pembakaran kalori secara efektif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein bisa meningkatkan proses metabolisme sebesar 3% sampai 11%. Dengan kafein juga, tubuh Anda akan lebih berenergi, sehingga akan menambah semangat Anda saat melakukan olahraga.

4. Mengurangi Kadar Air di dalam Tubuh
Selanjutnya, ada manfaat kopi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui juga. Kafein pada kopi membantu mengeluarkan urine dalam tubuh dalam waktu singkat. Sebagai minuman diuretik, Anda yang mengonsumsi kopi akan merasakan ingin buar air secara terus menerus sehingga mengurangi kadar air dalam tubuh.

Sudah puas dengan manfaat kopi untuk kesehatan di atas? Bukan berati Anda harus berlebihan dalam mengonsumsi kopi. Jika terlalu banyak minum kopi dengan krim dan gula justru bisa menjadi pemicu penyakit. Pada akhirnya, segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik bagi Anda.

Sumber: DBS Bank
Foto: pexels.com