gudnyus
16 Mei 2019, 11:39 WIB
Last Updated 2019-05-16T05:37:14Z
sehat

Tips Tetap Berpuasa Bagi Ibu Hamil & Menyusui

Advertisement


Gudnyus.id - Puasa merupakan aktivitas yang wajib dijalankan oleh seluruh umat beragama muslim selama bulan suci ramadhan. Menjalankan puasa harus menahan rasa lapar dan haus dalam melaksanakan aktivitas puasa seharian penuh yakni mulai waktu imsyak hingga berkumandangnya adzan magrib.

Meskipun begitu, kegiatan puasa boleh tidak dilakukan oleh ibu hamil dan ibu sedang menyusui sesuai ajaran islam yang memberikan kelonggaran bagi mereka dengan berpuasa di lain waktu dan membayar fidyah.

Bagi ibu hamil dan ibu sedang menyusui ingin tetap menjalankan ibadah puasa adalah boleh saja, asalkan merasa mampu dan sanggup. Akan tetapi ada juga ibu hamil & menyusui mempunyai pertanyaan seputar perkembangan anak dalam janin, asupan gizi yang diserap buah hati, maupun kelancaran asi dalam benak mereka selama menjalankan puasa?

Namun, sebaiknya melalukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis kandungan bagaimana sebaiknya perihal kondisi Anda.

Baca juga: Perhatikan Hal ini Sebelum Memutuskan Puasa Saat Hamil Muda

Dengan merasakan kekhawatiran para ibu, ada beberapa tips bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui yang menjalankan ibadah puasa terhadap asupan makanan apa saja harus dipenuhi saat sahur dan berbuka puasa adalah sebagai berikut :

Tips-tips saat sahur bagi ibu hamil dan menyusui :
  • Pilih makanan yang mengandung gizi seimbang yaitu 50% karbohidrat, 30% protein dan 10-20% lemak. Misalnya mengonsumsi nasi atau gandung disertai dengan daging, telur, ayam, tahu, tempe, dll.
  • Tambahkan sayur-sayuran dan buah-buahan dalam menu sahur Anda untuk melancarkan BAB sehingga tidak menimbulkan wasir.
  • Usahakan untuk mengonsumsi susu untuk menambahkan kekuatan, namun pemilihan susu juga harus diperhatikan agar tidak menimbulkan diabetes yang diakibatkan oleh peningkatan kadar gula dalam darah. Jadi pilihlah susu dan pemanis yang aman dan disarankan.
  • Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas, guna menjaga pencernaan pada ibu hamil dan menyusui
  • Jangan lupa minum obat (jika ada beberapa obat yang perlu dikonsumsi) dan perbanyak minum air putih.
Baca juga:  Tanda Bahaya Ibu Hamil Saat Berpuasa

Dan juga ada tips-tips buka puasa bagi ibu hamil dan Menyusui Saat Puasa:
  • Seperti orang yang berpuasa pada umumnya, awali lah buka puasa dengan makan-makanan yang manis dan hangat. Pada wanita hamil disarankan untuk membatasi mengkonsumsi makanan manis, jika ingin mengonsumsi makanan manis pilih makanan dengan pemanis yang aman
  • Sebaiknya jangan langsung mengonsumsi air es karena dapat menyebabkan kembung, bahkan pada wanita hamil dan menyusui disarankan untuk mengurangi dan membatasi kondumsi air es.
  • Jangan langsung mengonsumsi makanan berat dan berikanlah jeda, sehingga sistem pencernaan tidak dipaksa untuk bekerja keras setelah seharian beristirahat
  • Bagi ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat dengan gizi seimbang seperti buah-buahan. Karena makanan dengan serat uang tinggi membutuhkan proses pencernaan yang cukup lama sehingga lambung dapat bersiap (tidak langsung diminta untuk bekerja)
  • Sebaiknya jangan berbuka hingga kenyang karena dapat menyebabkan kantuk dan membuat tubuh menjadi gemuk.
  • Perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

Nah itulah beberapa tips yang dapat diterapkan jika Anda ingin melaksanakan puasa. Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat membantu para moms dalam melaksanakan puasa selama bulan suci ramadhan.

Sumber: OMNI hospital