-->

Iklan

gudnyus
18 Juni 2019, 17:19 WIB
Last Updated 2019-06-18T10:33:29Z
Lomba

Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2019

Advertisement

Gudnyus.id - Dalam rangka mempererat relasi BPJS Kesehatan dengan media, serta menjaring ide, gagasan, dan aspirasi media yang bermanfaat bagi evaluasi BPJS Kesehatan. BPJS mengundang rekan-rekan media untuk turut berpartisipasi dalam Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2019 yang terbuka bagi seluruh jurnalis media massa nasional maupun lokal di seluruh Indonesia.

A. TEMA
  1. Komitmen fasilitas keselatan dan tenaga medis (dokter, perawat, bidan, dan sejenisnya) dalam melayani pasien 3KN-KIS.
  2. Inovasi dan digitalisasi Iayanan kesehatan di era JKN-KIS.
  3. Kualitas layanan JKN-KIS di daerah perkotaan/padat penduduk.
  4. Partisipasi bersama untuk meningkatkan kepesertaan dan kedisiplinan membayar iuran JKN-KIS.

B. KATEGORI LOMBA

Kategori Media Cetak
  • Peserta adalah jurnalis media massa cetak yang masih aktif, dibuktikan dengan ID Pers yang berlaku.
  • Pernah menulis berita atau artikel yang berkaitan dengan tema lomba, serta dimuat di media cetak.
  • Tulisan yang diikutsertakan dalam Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2019 adalah hasil karya sendiri dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba yang serupa.
  • Persyaratan teknis:
  1. Peserta wajib melampirkan scan kliping tulisannya yang pernah dimuat di media cetak dalam kurun waktu 1 Agustus 2018 - 1 Agustus 2019 dengan mencantumkan nama media massa, tanggal terbit, dan halaman.
  2. Peserta juga wajib melampirkan tulisannya dalam bentuk file Ms. Word menggunakan huruf jenis Arial ukuran 11, spasi 1,5, ukuran kertas A4, dengan margin 2,5 cm untuk setiap tepi.
  3. Panjang tulisan maksimal 9.000 karakter (sudah termasuk spasi).
  4. Peserta boleh mengirimkan maksimal 2 tulisan. Masing-masing tulisan harus disertai bukti pemuatan tulisan sebagaimana disebutkan dalam poin (a).

Kategori Media Online
  • Peserta adalah jurnalis media massa online yang masih aktif,dibuktikan dengan ID Pers yang berlaku.
  • Pernah menulis berita / artikel / testimoni / tulisan lainnya yang berkaitan dengan tema lomba, serta dimuat dl media online.
  • Tulisan yang diikutsedakan dalam Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2019 adalah hasil karya sendiri dan belum pe/hah diikutsertakan dalam lomba yang serupa.
  • Persyaratan teknis:

  1. Peserta wajib melampirkan screenshot/printscreen/foto tulisannya (dalam format file JPG/JPEG/PNG) yang pernah dimuat di portal berita online dalam kurun waktu 1 Agustus 2018 - 1 Agustus 2019 dengan mencantumkan nama media massa, tanggal terbit, dan URL lengkap.
  2. Peserta juga wajib melampirkan tulisannya dalam bentuk file Ms. Word menggunakan huruf jenis Arial ukuran 11, spasi 1,5, ukuran kertas A4 dengan margin 2,5 cm untuk setiap tepi
  3. Panjang tulisan maksimal 6.000 karakter (sudah termasuk spasi)
  4. Peserta boleh mengirimkan maksimal 2 tulisan. Masing-masing tulisan harus disertai bukti pemuatan tulisan sebagaimana disebutkan dalam poin (a).

Kategori Foto Jurnalis
  • Peserta adalah jurnalis atau fotografer media massa cetak atau online yang masih aktif, dibuktikan dengan ID pers yang berlaku.
  • Foto jurnalistik pernah dipublikasikan di media cetak atau online
  • Foto jurnalistik yang diikutsertakan dalam Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2019 adalah hasil karya sendiri da belum pernah diikutsertakan dalam lomba yang serupa.
  • Persyaratan teknis:
  1. Peserta wajib melampirkan scan kliping foto (jika dimuat di media cetak) atau screenshot/ printscreen foto dan URL portal berita yang dimaksud (jika dimuat di media online) dalam kurun waktu 1 Agustus 2018 - 1 Agustus 2019 dengan mencantumkan nama media massa, tanggal terbit, dan URL lengkap.
  2. Peserta wajib mencantumkan tema yang dipilih dan caption untuk masing-masing foto yang dikirimkan.
  3. Resolusi foto minimal 300 dpi.
  4. Panjang foto maksimal 2500 pixel.
  5. Foto yang dikirim Wajib lengkap dengan metadata.
  6. Foto kolase dan montase tidak diperkenankan,
  7. Editing diperkenankan hanya sebatas warna, kontras, dan cropping.
  8. Peserta boleh mengirimkan maksimal 2 foto masing-masing foto harus disertai bukti pemuatan sebagaimana disebutkan dalam poin (a),

Kategori Televisi
  • Peserta adalah jumal media massa televisi yang masih aktif, dibuktikan dengan ID pers yang berlaku.
  • Pernah melakukan iputan yang berkaitan dengan tema lomba. Serta dimuat di media televisi.
  • Rekaman televisi ya diikutsertakan dalam Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2019 adalah hasil karya sendiri atau tim, dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba yang serupa.
  • persyaratan teknis:
  1. Peserta wajib melampirkan rekaman video yang pernah ditayangkan di televisi dalam kurun waktu 1 Agustus 2018 - 1 Agustus 2019 dengan mencantumkan nama media massa, tanggal dan waktu penayangan, serta nama program acara.
  2. Rekaman video dapat menggunakan kamera jenis apapun dengan minimum resolusi 800 x 600 Pixel.
  3. Karya dapat berupa hard news atau feature dengan durasi maksimal 5 menit.
  4. Liputan khusus, talkshow, dan program acara khusus, tidak dapat diikutsertakan.
  5. Rekaman video tersebut dikirimkan dalam format ,MOV, .AVI, atau .MPEG.
  6. Rekaman video diupload melalui Google Drive / Dropbox / WeTransfer.
  7. Jika sudah diupload, maka peserta wajib mencantumkan link untuk mengunduh rekaman video. Link tersebut harus dapat langsung diakses (tidak memerlukan password/konfirmåsi tertentu).
  8. Peserta boleh mengirimkan maksimal 2 rekaman video. Masing-masing rekaman video harus disertai bukti penayangan sebagaimana disebutkan dalam poin (a),
  9. Untuk keperluan publikasi, BPJS Kesehatan berhak melakukan cutting rekaman video tersebut tanpa mengubah konten rekaman video

Kategori Radio
  • Peserta adalah jurnalis media massa radio yang masih aktif, dibuktikan deogan lD Pers yang berlaku.
  • Pernah melakukan palîputan yang berkaitan dengan tema lomba, serta dimuat di media radio.
  • Rekaman radio yang diikutsertakan dalam Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2019 adalah hasil karya sendiri ataü tim, dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba yang serupa. 
  • Persyaratan teknis.
  1. Peserta wajib melampirkan rekaman raöio yang pernah ditayangkan di radio dalam kurun waktu 1 Agustus 2018 - 1 Agustus 2019 dengan mencantumkan nama media massa, tanggal dan waktu penayangan, serta nama program acara.
  2. Karya dapat berupa hard news atau featt/re dengan durasi maksimal 5 menit.
  3. Liputan khusus, taİkshow, dan program acara khusus, tidak dapat diikutsertakan.
  4. Rekaman radio tersebut dikirimkan dalam format .MP4, .AVI, atau .MPEG.
  5. Rekaman radio diupload melalui Google Drive / Dropbox / WeTransfer.
  6. Jika sudah diupload, maka peserta wajib mencantumkan link untuk mengunduh rekaman radîo. LÎnk tersebut harus dapat langsung diakses (tidak memerlukan password/konfirmâpi tertentu).
  7. Peserta boleh mengirimkan maksimal 2 rekaman radio. Masing-masing rekaman radio harus disertai buktlıpenayangan sebagaimana disebutkan dalam poin (a).
  8. Untuk keperluan publikasi, BPJS Kesehatan berhak melakukan cutting rekaman radio tersebut tanpa mengubah konten rekaman radio.

C. PENGIRIMAN KARYA LOMBA
  1. Karya lomba diterima panitia paling lambat pada 1 Agustus 2019 pukul 15.00 WIB. Karya lomba yang masuk setelah batas waktu yang ditentukan, dianggap gugur.
  2. Peserta boleh mengirimkan maksimal 2 karya untuk masing-masing kategori.
  3. Karya yang dilombakan dikirim melalui email karyatulis.bpjskes@gmail.com di-cc ke humas@bpjs-kesehatan.go.id dengan melampirkan: Scan kartu JKN-KIS, Scan ID Pers, Scan KTP, Nomor HP peserta yang dapat dihubungi, Surat pernyataan bersedia karyanya dipublihasikan kembali oleh BPJS Kesehatan di media resmi milik BPJS Kesehatan. (BPJS Kssehatan akan mencantumkan sumber dan pemilik karya, serta tidak mengubah konten karya tersebut).
  4. Pengumuman nominasi pemenang akan dilakukan pada bulan September 2018 di website BPJS Kesehatan www.bpjs-kesehatan go.id.
  5. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada saat acara Media Gathering BPJS Kesehatan Tahun 2019
  6. Informasi lebih lengkap dapat dilihat di website resmi BPJS Kesehatan www.bpjs-kesehatan.go.id atau menghubungi Humas BPJS Kesehatan (021-4246063) dengan PIC Ranggi (08118035339) atau Diah (08111551993).
  7. Seluruh karya yang masuk akan dipublikasikan kembali oleh BPJS Kesehatan di media resmi milik BPJS Kesehatan.
  8. Keputusan dewan jurî bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.