-->

Iklan

gudnyus
31 Agustus 2019, 06:00 WIB
Last Updated 2019-08-31T00:55:54Z
Insight

5 Trik Memulai Bisnis Online di Usia Muda Agar Untung Melejit

Advertisement

 Gudnyus.id - Dunia maya merupakan media elektronik yang dipakai untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam jangkauan luas. Memalalui media sosial, Kamu bisa menjumpai orang-orang diberbagai Negara. Keluasan akses yang dimiliki dunia maya dimanfaatkan sebagian orang untuk berjualan. Mulai dari berjualan baju, celana, jilbab, tas, sepatu sampai properti. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak kaum-kaum muda untuk memulai bisnisnya dari media sosial.

Pengusaha muda atau seseorang yang memiliki bisnis di usia muda adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk memaksimalkan potensi diri dan lingkungannya yang kemudian diolah menjadi produk barang atau jasa yang memiliki nilai jual yang pada akhirnya mampu memuaskan masyarakat luas.

Untuk memulai bisnis online merupakan hal yang mudah. Buktinya, dari tahun ke tahun bisnis online selalu mengalami peningkatan dan berkembang sangat pesat. Keuntungan dari jual-beli secara online adalah Kamu bisa menghemat melakukan promosi secara luas. Dan juga Kamu tidak membutuhkan tempat khusus berjualan atau toko seperti dipasar tradisional, swalayan atau pun di mall. Kamu hanya perlu menyediakan gadget sebagai sarana penunjang untuk melancarkan bisnis Kamu.

Akan tetapi disini saya akan membagikan beberapa trik untuk memulai bisnis online di usia muda, sebagai berikut:

1. Fokuslah Pasa Satu Kategori
Sebelum memulai bisnis online, hal pertama yang harus dilakukan yaitu fokus pada prodak apa yang cocok untuk diperjual-belikan. Untuk menentukannya, lakukan riset kecil-kecilan tentang produk terpopuler atau banyak dibeli orang-orang. Kemudian, pilihlah salah satu yang menurut Kamu sesuai dengan paling disukai masyarakat.

Misalnya, Kamu memutuskan memilih pakaian wanita untuk Kamu kembangkang. Maka, gali terus potensi target pasar dengan maksimal. Udahakan untuk terus fokus dengan satu produk agar penjualan lebih maksimal.

2. Pilihlah Supplier dengan Cermat
 Ketika Kamu sudah memutuskan produk mana yang akan Kamu jual. Maka langkah selanjutnya yaitu Kamu harus mencari supplier. Namun ada dua pilihan supplier dalam bisnis online ini, yaitu reseller atau dropshipper.

Reseller biasanya Kamu harus menyiapkan modal terlebih dahulu untuk menyediakan produk dagangan. Kemudian dropshipper ini berbeda sistemnya dengan reseller. Pasalnya, dropshipper tidak perlu menyiapkan modal uang yang banyak. Kamu hanya perlu meyiapkan ponsel dan data online.

3. Mencantumkan Kontak yang Jelas
Tips selanjutnya yang tidak kalah penting dalam bisnis online yaitu mencantumkan nomor kontak yang jelas. Mengapa demikian? Sebab ini adalah salah satu media untuk berhubungan langsung dengan pembeli jika ada yang tertarik dengan apa yang Kamu tawarkan. Oleh sebab itu, cantumkan nomor kontak Kamu.

4. Lakukan Promosi
Menekuni bisnis online di usia muda memudahkan Kamu untuk selalu update dengan media sosial. Jadi, Kamu terbebas dari kata ‘kudet’. Untuk itu, mengenalkan toko online Kamu ke konsumen sangatlah mudah. Mulailah memasarkan lewat Facebook, Instagram, twitter atau Marketplace lainnya.

5. Melakukan Inovasi
Ketika bisnis online Kamu mulai berkembang dan mulai banyaknya orderan dari pelanggan, maka dari itu Kamu dituntut untuk melakukan inovasi supaya toko online Kamu lebih inofatif. Salah satu cara yang dapat Kamu lakukan yaitu dengan membangun website resmi yang bertujuan untuk membangun kepercayaan dari pelanggan bahwa toko online yang kita jalankan benar-benar ada.


Kemudian, cantumkan fitur-fitur penting untuk menunjang kemudahan para konsumen untuk berbelanja. Misalnya menyediakan fasilitas pembayaran online dengan menyediakan berbagai macam kartu debit untuk pelanggan.

Didalam menjalankan bisnis online diusia muda mengharuskan Kamu untuk tetap mahir dalam melakukan promosi, berinovasi dan kreatif agar pelanggan tetap setia berbelanja di toko online Kamu. Selamat mencoba!

Penulis: Michael Uluwatu
Foto: techandlifestylejournal.com