gudnyus
28 Agustus 2019, 12:37 WIB
Last Updated 2019-08-28T05:37:16Z
sehat

Kerja Dan Duduk Seharian di Kantor? 3 Tips Ini Membuatmu Tetap Sehat

Advertisement

Gudnyus.id - Menginjak usia dewasa berarti sudah waktunya untuk memikirkan bagaimana mencukupi kebutuhan pribadi tanpa harus bergantung pada orang tua. Mendapat pekerjaan layak tentu merupakan harapan setiap orang untuk bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Namun, bekerja juga berarti akan ada perubahan siklus harian, apalagi jika Anda berstatus pegawai kantor. Bekerja sebagai karyawan kantor apalagi di kota besar tentu ada plus – minusnya.

Anda bekerja pagi sampai sore, dan tidak jarang sampai larut malam, belum lagi jika mengingat waktu yang terbuang karena terjebak macet. Perubahan siklus hidup demikian tentu berdampak pada kebutuhan pola hidup sehat, khususnya pada kebutuhan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh.

Kebutuhan untuk berolahraga dan tanggung jawab pekerjaan menjadi sebuah dilema bagi sebagian besar pekerja kantoran. Selama delapan jam bekerja, aktivitas seperti duduk selama berjam-jam di depan layar komputer, berkomunikasi dengan klien dan rekan kerja, rasa lelah pasti mendera, bahkan tak jarang, agenda yang padat juga menyita waktu untuk makan siang.

Biar bagaimanapun bekerja seharian di meja jangan dijadikan alasan untuk Anda menghindari gaya hidup sehat dan olahraga. Berikut ini tips sederhana di kantor ini agar kesehatan terjaga.

1. Posisi Duduk yang Benar Pengaruhi KesehatanUntuk duduk dalam posisi sempurna, Pastikan kaki Anda berpijak dengan sejajar. Jika Anda menggunakan hak tinggi saat bekerja, Anda dapat melepaskan sepatu hak tinggi Anda selama duduk di balik meja, sehingga tumit Anda berada pada posisi sejajar di atas lantai, posisi lutut Anda harus lebih rendah dibandingkan posisi pinggul Anda.

Pastikan Anda duduk dengan bertumpu padan tulang duduk. Dengan mengangkat bagian bokong dengan tangan, Anda akan dengan mudah duduk pada posisi paling bawah dari tulang panggul Anda yang merupakan posisi tulang duduk. Kemudian posisikan tulang duduk Anda di bagian paling belakang kursi sehingga posisi duduk Anda akan terasa lebih nyaman.

2. Lakukan peregangan
Anda dapat melakukan olahraga ringan dengan cara melakukan peregangan pada otot-otot bagian tubuh tertentu.

Leher: Untuk melakukan peregangan leher, cobalah lenturkan leher Anda ke arah depan-belakang, samping kanan dan kiri, lalu gerakkan menoleh ke kanan dan kiri dengan perlahan. Peregangan pada leher dapat Anda lakukan kapanpun merasa tegang di bagian leher.

Bahu: Putar bahu Anda ke depan dan ke belakang sebanyak 10 kali. Dengan melakukan peregangan ini akan membantu mengurangi tegang dan rasa berat di bahu.
Pergelangan tangan dan kaki: Putar pergelangan tangan dan kaki Anda secara reguler se arah dan berlawanan arah jarum jam
Manfaatkan waktu jeda sebaik mungkin

Anda dapat menyelipkan olahraga ringan setiap kali Anda menemukan waktu jeda seperti memilih toilet di lantai berbeda dengan berjalan dan menaiki atau menuruni anak tangga membantu Anda berolahraga di tengah kepadatan pekerjaan.

3. Aktif saat istirahat makanAkan banyak waktu yang tersisa saat istirahat makan siang. Dibanding membaca-baca buku atau majalah di ruangan, lebih baik gunakan 40 menit pertama untuk berjalan-jalan ke lingkungan sekitar gedung atau menjelajahi gedung. Kemudian, kembalilah ke kantor untuk makan siang sembari menikmati sisa waktu 20 menit.

Selain tips olahraga ringan selama berada di kantor, akan lebih baik jika ditambah dengan pilihan transportasi seperti bersepeda saat berangkat dan pulang bekerja. Dengan demikian, Anda tak perlu lagi susah payah meluangkan waktu untuk berolahraga. Selamat mencoba.

Sumber: Kemkes.go.id
Foto: pexels.com