Iklan

gudnyus
10 Agustus 2019, 23:01 WIB
Last Updated 2019-08-10T16:02:50Z
InfoTravel

Semarak Malam Idul Adha di Batam, Wisman Saksikan Pawai Takbir

Advertisement

Gudnyus.id - Sejak menjelang maghrib, satu per satu mobil hias mulai berdatangan ke kawasan Palm Spring, Batam Centre. Mereka adalah rombongan peserta mobil hias pawai takbir Idul Adha. Gema takbir yang berkumandang selepas sholat maghrib dibarengi langit yang mulai menggelap membuat keindahan mobil hias semakin terlihat.

Semarak kelap-kelip lampu dan suara takbir memancing wisatawan mancanegara ikut menyaksikan jalannya pawai takbir Idul Adha 1440H/2019 di Kota Batam. Ada sekitar 100 orang warga Singapura yang ikut menyaksikan pawai di sekitar panggung utama di Palm Spring Batam Centre, Sabtu Malam (10/8).

“Selain menyaksikan pawai takbir, mereka juga ke Batam untuk melaksanakan ibadah kurban.” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata.

Mereka datang dalam kelompok yang dikoordinir agen perjalanan wisata. Jumlah hewan kurban dari rombongan wisman ini adalah 64 ekor kambing. Selain itu mereka juga akan memberikan santunan berupa beras ke pulau-pulau di sekitar Batam. Seperti Pulau Akar, Pulau Panjang, dan sebagainya.

Menurut Ardi, setiap tahun memang banyak warga negara Singapura yang berkurban di Batam. Namun tahun ini semakin banyak karena Idul Adha berdekatan dengan hari libur Kemerdekaan Singapura.

“Mereka mendapat libur empat hari, dan bertepatan dengan Hari Raya Kurban. Jadi cukup ramai yang datang,” ceritanya.

Pawai takbir Idul Adha kali ini sama seperti lebaran-lebaran lalu. Pemerintah Kota Batam kembali menggelar lomba kendaraan hias. Ketua panitia pawai takbir, Rustam Efendi mengatakan ada 148 kendaraan yang ikut pada pawai ini. Belum termasuk kendaraan roda dua.

Rute pawai pun masih sama seperti sebelumnya. Yakni dari Jalan Raja Haji Fisabiliah menuju flyover Laluan Madani. Kemudian belok ke Indomobil, melewati Polsek Lubukbaja, sampai ke simpang Baloi Centre.

Selanjutnya belok ke arah Grand Batam Mall, simpang Apartemen Harmoni, belok ke arah Martabak Har Komplek Bumi Indah, lanjut ke Pelita, Sei Panas, sampai di simpang BNI. Belok ke bundaran Tuah Madani, dan finish di Masjid Agung Batam.

Walikota Batam, Muhammad Rudi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah melepas pawai dengan lantunan takbir. Senada dengan gema takbir yang dilantunkan dari atas kendaraan hias.

“Dibandingkan idul fitri mungkin jumlah pesertanya di bawahnya. Tapi yang jelas sama-sama kita menyaksikan ada rasa gembira seluruh masyarakat Kota Batam,” tutur Rudi.