-->

Iklan

gudnyus
6 September 2019, 16:12 WIB
Last Updated 2019-09-06T09:12:30Z
Wow

5 Penyakit Mematikan Ini Bisa Menghilangkan Nyawa Hanya Dalam Satu Hari

Advertisement

Gudnyus.id – Kita semua tentu ingin selalu hidup sehat dan jauh dari penyakit. Apalagi ternyata ada banyak penyakit mematikan yang bisa merenggut nyawa hanya dalam hitungan hari. Kali ini kita akan bahas mengenai beberapa penyakit yang bisa mematikan hanya dalam waktu 1 hari. Coba kalian bayangkan hanya dalam satu hari. Penyakit apakah itu? berikut beberapa penyakit yang mematikan dalam 1 hari.

1. Tetanus
Tetanus diakibatkan oleh racun yang dihasilkan bakteri Clostridium tetani. Penyakit ini tidak menular, tetapi terdapat dalam tanah, di dalam usus dan kotoran hewan, pertanian serta kotoran manusia.

Tetanus termasuk dalam kategori penyakit berbahaya karena infeksi bakteri yang menghasilkan racun neurotoxin. Bakteri ini dapat menyerang sistem saraf sehingga membuat kontraksi otot yang menyakitkan, terutama otot rahang dan leher serta dapat mempengaruhi otot-otot pernapasan sehingga dapat menyebabkan kematian.

Penyakit ini dapat ditanggulangi dengan vaksinasi, pemberian antitoksin, antibiotic, dan obat-obatan tertentu dari dokter.

2. Necrotising fasciitis
Necrotising fasciitis sering disebut sebagai bakteri “yang memakan daging”, necrotizing fasciitis dapat dengan cepat menyebar dalam tubuh dan membunuh jaringan lunak tubuh.

Ini merupakan infeksi bakteri kulit sangat serius yang dapat membunuh penderita dalam waktu singkat. Meskipun mematikan, penyakit ini jarang ditemukan.

Penyakit ini ditimbulkan lebih dari satu jenis bakteri, dengan A Streptococcus (kelompok A streptokokus). Infeksinya sangat serius dan bisa menyebabkan kehilangan anggota tubuh atau kematian

3. Penyakit Chagas
Penyakit Chagas dapat timbulkan oleh parasite protozoa, Trypanosoma cruzi (T. cruzi). Parasit ini biasanya ditemukan di Amerika Latin, dan ditularkan ke manusia melalui kotoran serangga triatomine yang dikenal sebagai “serangga berciuman”.

Menurut WHO sekitar 6-7 juta orang di seluruh dunia terinfeksi penyakit ini. Meski berpotensi dan mematikan, penyakit ini dapat disembuhkan jika pengobatan dilakukan sesegera mungkin setelah terinfeksi.

Setengah dari mereka yang tersengat serangga , memiliki ciri atau tanda khusus berupa kelopak mata yang membengkak dan berwarna ungu, disertai dengan demam, sakit kepala, membesar kelenjar getah bening, nyeri otot, kesulitan bernapas, pembengkakan dan penggelembungan pada dada.

4. Noma (Cancrum oris)
Noma (cancrum oris) merupakan infeksi yang menyebabkan pembentukan bisul di mulut atau pada alat kelamin. Bisul yang tadinya dapat terlihat dengan mata telanjang ini bisa “bergerak” masuk ke dalam jaringan tubuh sampai tidak muncul lagi, sehingga menyebabkan cacat dalam tubuh.

Harapan untuk bertahan hidup dari penyakit mematikan ini cukup kecil. Hampir 90 persen orang yang mengidap Noma akhirnya meninggal akibat komplikasi infeksi tersebut. Noma umumnya terjadi pada anak-anak kurang gizi di daerah yang sanitasi dan kebersihannya kurang. Infeksi ini paling sering terjadi pada anak-anak antara usia 2 sampai 5 tahun.

5. Complex Regional Pain Syndrome (CRPS)
CRPS adalah penyakit yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, sehingga membuat pengidapnya mengalami kelelahan kronis akibat kekurangan tenaga. CPRS disebabkan oleh kerusakan sistem saraf dan sistem saraf pusat di otak. Rasa sakit yang timbul dapat merusak hingga menyebabkan masalah kesehatan mental, seperti depresi dan gangguan kecemasan.

Seseorang yang menderita CRPS akan merasa tubuhnya panas seperti terbakar dan mengalami rasa nyeri yang menusuk tubuh serta sensasi berdenyut-denyut. Hal ini juga dapat menyebabkan mati rasa, bengkak, nyeri sendi, dan insomnia.

Gimana informasi diatas bermanfaat bukan, buat temen-temen sekalian harap berhati-hati dalam menjalani aktifitas, tidak menutup kemungkinan dari aktifitas sehari-hari kita bisa menimbulkan penyakit yang tidak terduga bahkan mematikan.

Oleh karena itu pola hidup perlu diperhatikan dengan baik dan cermat tidak semua aktifitas baik yang kita lakukan itu terbebas dari penyakit.