-->

Iklan

gudnyus
7 September 2019, 03:03 WIB
Last Updated 2019-09-06T20:04:34Z
Info

Akhirnya Diresmikan, Mobil Esemka Bima Sekilas Mirip Mobil Pikap di China

Advertisement

Gudnyus.id - Setelah menunggu cukup lama, mobil esemka hasil produksi pabrikan lokal akhirnya resmi dirilis. Mobil esemka merupakan salah satu janji kampanye Presiden Joko Widodo yang ingin Indonesia memiliki mobil nasional.

Esemka yang berada di bawah naungan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi baru  merilis mobil pikap Esemka Bima 1,2L dan 1,3L, di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat 6 September 2019.

Di Indonesia, desain Esemka Bima terbilang baru. Jenis mobil pikap ini tak pernah berada di jalanan sebelumnya. Namun bila dibandingkan dengan pikap di negara lain, ternyata desain Esemka Bima sekilas mirip dengan Changan Star Truck di China.

Namun mirip tak berarti sama. Jika dilihat lebih teliti, ada perbedaan mendasar antara kedua mobil tersebut. Misalnya pada bagian eksterior, pada bagian lampu depan. Esemka Bima memiliki lampu depan desain minimalis dibandingka  Changan Star Truck yang tampak melebar hingga ke samping.

Selanjutnya pada bagian grill Esemka Bima lebih mirip mobil BMW, logo Esemka berada di luar grill dan terdapat garis di bagian tengah grill. Sementara Grill Changan Start Truck terlihat lebih lebar dan panjang.

Tak hanya itu, perbedaan antara kedua mobil itu juga terlihat pada bagian kargo boks atau bak pikap. Jumlah guratan pada Esemka Bima lebih banyak daripada Changan Star Truck.

Sementara bila dibandingkan dari dimensi, Esemka Bima memiliki ukuran  4.560 mm x 1.645mm dan Changan Start Truck berukuran 4.660 mm x 1.620 mm. Namun keduanya memiliki tinggi yang sama yaitu 1.890 mm.

Persamaan lainnya juga ada pada mesin Esemka Bima 1.2 dan Changan Star Truck. Keduanya menggunakan mesin 1.2L E-power l4 DOHC untuk mengaspal.

Beruntung, harga jual Esemka Bima sepertinya akan lebih murah. Esemka Bima dibandrol harga pff the road sebesar Rp 95 juta off the road. Harga ini dibawah harga Changan Star Truck yang dipasarkan di filipina dengan harga sekitar Rp. 130 jutaan.

Nah, kamu tertarik untuk memiliki mobil Esemka Bima?