-->

Iklan

gudnyus
9 September 2019, 22:20 WIB
Last Updated 2019-09-09T15:20:29Z
Wow

Tetap Santai Meski Jomblo, Hidupmu Gak Se-Ngenes Yang Mereka Kira

Advertisement

Gudnyus.id - “Dasar Jomblo!” begitulah candaan seorang teman jika ada salah seorang di kelompok bermainnya yang belum punya pacar. Tapi santuy gaes. Jomblo itu justru baik dari sisi psikologis. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan di masa lajangmu. “Ah masa sih ?” Gak percaya, berikut bakal diuraikan buat sobat jomblo akut agar tidak bersedih hati.

1. Lebih mengenal diri sendiri
Manfaat jomblo yang pertama untuk Sobat yaitu memiliki banyak waktu untuk mengenal diri sendiri. Mengenali jati diri dibutuhkan bagi Sobat yang ingin fokus pada pengembangan diri. Saat jomblo adalah saat yang tepat untuk mengetahui jati diri dan tujuan hidup Sobat. Menghabiskan waktu sendiri memberi Sobat waktu untuk menempa dan memberi energi tambahan, serta kesempatan untuk refleksi pribadi yang mendalam dan membangun ketahanan diri tanpa bergantung pada orang lain.

2. Lebih kreatif
Manfaat jadi jomblo berikutnya adalah membuat Sobat  lebih kreatif. Dengan status jomblo, hal itu membuat seseorang memiliki banyak ruang untuk kreativitas. Tapi, apakah mereka yang sudah berpasangan tidak memiliki kreativitas? Tentu sisi kreativitasnya masih ada, tapi banyak orang mengaku tidak bisa menyeimbangkan keduanya dengan baik.

3. Meningkatkan interaksi sosial
Status jomblo membuat seseorang lebih sering bersosialisasi  dan menerima lebih banyak dukungan dari orang-orang terdekat dibandingkan dengan pasangan suami-istri. Sebuah penelitian mengungkapkan, orang yang jomblo cenderung lebih banyak untuk memberi bantuan pada orang tua, saudara, atau sahabat, daripada mereka yang sudah menikah atau bercerai.

4. Tubuh lebih bugar
Manfaat jomblo bagi kesehatan yang satu ini banyak orang tidak menyangka karena justru membuat seseorang menjadi lebih bugar. Sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang memiliki pasangan tampaknya memiliki tingkat kebugaran fisik yang lebih rendah daripada orang jomblo.

Orang yang sudah menikah memiliki waktu yang lebih sedikit untuk mengambil bagian dalam aktivitas fisik daripada orang jomblo. Mendapatkan aktivitas fisik secara teratur bisa membantu mengendalikan berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, meningkatkan mood dan kesempatan hidup lebih lama.

5. Mengurangi tingkat stres
Meski bagi beberapa orang menjadi jomblo bisa membuat stres, namun stres yang dialami ini biasanya karena tekanan orang-orang di sekitar mengenai status Sobat . Namun, perlu Sobat  pahami bahwa memiliki pasangan bukan jaminan untuk terhindar dari stres. Tekanan yang dialami oleh mereka yang sudah memiliki pasangan–menciptakan tingkat kekhawatiran yang lebih tinggi dibanding orang jomblo.

6. Meningkatkan produktivitas
Manfaat jomblo berikut ini cocok bagi Sobat  yang ingin fokus meniti karir. Seorang jomblo lebih menghargai sebuah pekerjaan daripada mereka yang sudah memiliki pasangan. Selain itu, seorang jomblo memiliki waktu lebih banyak untuk mengembangkan portofolio keterampilan yang beragam.

Manfaat jadi jomblo ini pada akhirnya membuat seseorang mengalami banyak pertumbuhan dan perkembangan pribadi daripada orang yang sudah menikah. Sobat juga bisa memanfaatkan momen ini dengan baik untuk mengeksplor hal-hal baru untuk mengingkatkan keterampilan.

7. Indeks massa tubuh ideal

Beberapa penelitian mengungkapkan, orang jomblo lebih banyak melakukan olahraga dibanding mereka yang sudah menikah. Bahkan, manfaat jomblo bagi kesehatan bisa membuat Sobat  jarang sakit dan lebih sedikit kunjungan ke dokter. Selain itu, penelitian lain mengungkapkan, orang jomblo memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih rendah daripada orang yang sudah menikah. IMT adalah salah satu cara untuk mengetahui berat ideal dan memprediksi seberapa besar risiko gangguan kesehatan.

Gimana sobat? tidak selama jomblo itu buruk kan? kamu bisa mengambil manfaat dari uraian di atas. tapi jangan sampai akut juga ya jomblonya.