Iklan

7 Januari 2020, 20:45 WIB
Last Updated 2020-01-07T13:45:52Z
Insight

Manfaat Suka Menulis di Buku Harian

Advertisement

Gudnyus.id - Ternyata menulis buku harian merupakan tradisi kuno yang sudah dimulai sekitar abad 10 Masehi di Jepang. Orang-orang sukses di zaman dulu rajin sekali menuliskan kisah sehari-harinya melalui buku harian atau jurnal agar perjalanannya menuju sukses tidak terlupakan orang-orang.

Beberapa di antara kamu mungkin ada yang senang menulis di buku harian. Nah, di bawah ini ada 5 manfaat menulis di buku harian yang tidak kita sadari. Apa saja ya?

1. Menajamkan ingatan
Buku harian dapat menyimpan ingatan-ingatan kamu ketika kamu menuliskannya. Dengan menulis di buku harian, ini dapat membuat ingatan di kepala kamu menjadi lebih tajam karena mampu mengingat hal-hal yang kecil dan terperinci.

2. Membuat hati lebih tenang


Menulis tentang sesuatu yang sedang kita rasakan, baik marah, sedih, atau pun menyakitkan dapat mengurangi dampak dari perasaan buruk itu loh. Ketimbang menuliskan semua perasaan itu di media sosial yang kamu punya, kamu bisa mencoba mengalihkannya dengan menulis di buku harian dan mencurahkan semua isi hati di sana. Dengan menuliskan semua yang ada di dalam perasaan kamu, kamu akan merasa lebih lega dan tenang.

3. Meningkatkan kesehatan fisik



Seorang peneliti di bidang psikologi Universitas Texas bernama James Pennebaker menyatakan bahwa menulis buku harian secara rutin dapat memperkuat kekebalan tubuh. Sedangkan penelitian lain menyatakan bahwa menulis buku harian dapat menurunkan gejala penyakit asma dan radang sendi.

4. Dapat mengenali diri lebih baik



Pada saat kamu rutin menuliskan cerita sehari-hari kamu di buku harian, lama kelamaan kamu akan mengenali diri kamu sendiri. Seperti mengenali apa yang menjadi kebiasaan kamu, bagaimana kamu biasanya bersikap dengan orang di sekitar kamu, apa sifat kamu, kesukaan kamu, bahkan mengetahui hal-hal apa saja yang tidak kamu suka.

5. Melatih daya pikir


Ketika kamu menuliskan aktivitas satu harian penuh, kamu tanpa sadar akan mengurutkannya dari kejadian awal, kejadian kedua, dan beberapa kejadian setelahnya. Jika ini setiap hari dilakukan, maka otak kamu terbiasa berpikir rapi dan terstruktur sesuai urutannya.

Mengetahui banyak manfaat di atas, pasti kamu jadi tambah semangat menulis di buku harian. Selamat menulis!

Foto : pixabay.com