-->

Iklan

Bhama
27 Februari 2020, 09:16 WIB
Last Updated 2020-02-27T02:16:37Z
Insight

Mengenal Layanan Virtual Hosting

Advertisement

Gundyus.id - Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer seperti membagi sumber daya seperti pemakaian printer, CPU, Memory, Harddisk, sebagai komunikasi contohnya kirim email, chatting, ataupun sebagai akses informasi contohnya web browsing. 

Salah satu komponen penting dalam jaringan komputer adalah server. Server dapat diartikan sebagai sistem  komputeryangmenyediakanjenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

Umumnya,  didalam sistem operasi  server  terdapat  berbagai  macam layanan. Contoh dari layanan ini adalah DHCP Server, Mail Server, HTTP Server atau disebut juga dengan Webserver, FTP Server, DNS Server dan lain sebagainya. Virtual Hosting merupakan kumpulan dari beberapa server yang menyediakan layananlayanan diatas guna memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membuat website mereka. 

Dengan adanya virtual hosting para pengguna dapat memanfaatkan fasilitas transfer file dengan FTP Server, menyimpan semua inbox mereka dalam Mail Server tanpa takut mailbox mereka penuh atau membuat website pribadi mereka dengan kapasitas penyimpanan tanpa batas sesuai keinginan mereka melalaui layanan Web Server. 

Virtual Hosting 
Virtual Hosting merupakan kumpulan dari beberapa server yang menyediakan service-service guna memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membuat website. Dengan kata lain Virtual Hosting (Web Hosting) adalah penyedia layanan untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat internet. 

Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database. Virtual Hosting menyediakan hardware, jaringan (infrastruktur), email (telepon), dan sebagainya agar anda dapat membuka/membuat website. Server (gedung Mall) dihuni oleh banyak pelanggan, masing-masing pelanggan mempunyai batas penggunaan diskspace (batasan ruangan) dan tentu saja setiap pelanggan mengoperasikan websitenya masingmasing. Berikut ini adalah proses dasar yang terjadi di balik layar:

1. Browser membagi URL menjadi tiga bagian:
  •  Protokol yang digunakan (”http”) 
  •  Nama server yang diakses (”google.com”) 
  •  Halama yang diminta (“index.html”) 
2. Browser berkomunikasi dengan nama server untuk menerjemahkan nama server “google.com” menjadi Alamat IP, yang digunakan untuk melakukan koneksi ke server komputer. 

3. Browser kemudian menghubungi ke komputer server pada alamat IP pada port 80. 

4. Setelah protokol HTTP, browser mengirimkan permintaan (GET) ke server, meminta file index.html dari www.google.com 

5. Kemudian server mengirim HTML teks kebrowser.  

6. Browser membaca tag HTML dan memformatnya agar dapat dilihat pada layar monitor. 

Layanan Virtual Hosting
1. Database Server Database server adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan basis data dan melayani komputer atau program aplikasi basis data yang menggunakan model clien-server. 

2. Web Server Web Server adalah software server yang menjadi tulang belakang dari World Wide Web (WWW).  

3. Mail Server Mail Server adalah komputer yang bertindak sebagai sebuah server (penyedia layanan) dalam jaringan komputer/ internet, serta memiliki fungsi untuk melakukan penyimpanan (storing) dan distribusi yang berupa pengiriman (sending), penjaluran (routing), dan penerimaan (receiving) e-mail.Mail Server berjalan dengan beberapa protokol pada TCP/IP, yakni SMTP (port 25), POP3 (port 110), dan IMAP (Internet Message Access ProtocolI) port 143.  Mail Server memiliki tiga komponen utama yang menyusunnya, yakni Mail Transfer Agent (MTA), Mail Delivery Agent (MDA), dan Mail User Agent (MUA).  

4. DNS Server Setiap kali anda meggunakan internet dalam kegiatan anda sehari-hari, maka setiap kali itu pula secara tidak langsung anda menggunakan DNS (Domain Name System). Penggunaan DNS meliputi aplikasi email, browsing, ssh /telnet, ftp, maupun aplikasi yang lain yang ada kaitannya dengan internet.  

5. FTP Server FTP (File Transfer Protocol) digunakan untuk melakukan transfer data dari satu komputer ke komputer lainnya dalam satu jaringan komputer atau internet. FTP merupakan protokol untuk melakukan pertukaran file pada semua jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP.  

6. File Manager File manager adalah komponen penting dalam virtual hosting. 

Sumber:
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI VIRTUAL HOSTING MENGGUNAKAN LINUX 
Dahlan Abdullah, Universitas Malikussaleh  
Foto: freepik.com