-->

Iklan

8 Maret 2020, 22:30 WIB
Last Updated 2020-03-08T15:30:08Z
Insightsehat

Pentingnya Minum Air Putih 8 Gelas Sehari

Advertisement

Gudnyus.id - Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%.

Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. 

Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal. Air merupakan komponen utama dari tubuh manusia. Kadar air tubuh berbeda-beda menurut usia. Janin dalam rahim ibu terdiri dari 100% air, sedangkan bayi yang baru lahir terdiri dari 75% air. Sementara orang dewasa terdiri dari 60% air dan kaum lansia terdiri dari 50% air.

Sebegitu pentingnya air dalam tubuh sehingga sedikit saja kekurangan kadarnya, tubuh bisa mengalami berbagai persoalan kesehatan seperti Dehidrasi. Bukan cuma soal kadarnya, keberadaannya boleh dibilang maha penting pada proses aktivitas tubuh. 

Dengan meminum air putih sebanyak delapan gelas per-hari, tubuh akan mendapatkan banyak keuntungan. Tapi ingat, minumlah air mineral atau air yang sudah matang untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. 

Air yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah cukup, akan membantu menghilangkan sodium yang tak dibutuhkan dan mencegah infeksi urin atau Urinary Tract Infections (UTIs). Infeksi ini dapat menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Sehingga meminum air yang cukup akan sangat membantu

Jika kita mengkonsumsi kurang dari 8 gelas air putih per hari, efeknya secara keseluruhan memang tidak terasa. Tapi sebagai konsekuensi, tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri. Di antaranya dari darah. Kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu. 

"Minum air yang cukup dan tidak berlebihan dan aman akan mengoptimalkan kesehatan berbagai organ tubuh sehingga dapat menghasilkan urine sebanyak 2 liter sehari yang terbukti mencegah batu ginjal,” ungkap ketua umum Pergizi Pangan Indonesia. 

Berdasarkan kajian epidemiologi menunjukkan bahwa tubuh membuang air paling tidak 2 liter. Untuk itu setiap orang dewasa harus mengonsumsi air minum 2-3 liter sehari tergantung suhu dan aktivitas fisik.  Apabila kekurangan air yang akan terjadi adalah tubuh akan menyeimbangkan sendiri “menyedot” air dari komponen tubuh sendiri.

Dimulai dari komponen yang paling dekat, darah. Karena kandungan air dalam darah disedot untuk keperluan tubuh, maka darah akan menjadi kental sehingga perjalanannya ke seluruh tubuh menjadi kurang lancar. Pada proses ini, ginjal akan sangat menderita. 

Dalam menjalankan tugasnya menyaring racun dari darah, ia akan mengalami kesulitan saat harus menyaring darah yang kental. Tak jarang darah ini akan menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal. Hal ini ditandai dengan air seni yang berwarna kemerahan.

Apabila anda tetap tidak peduli akan hal ini siapkan diri dan uang anda untuk cuci darah setiap minngu. Saat darah ini mengalir lewat otak, perjalanannya pun juga tak lancar sama halnya saat ia melewati ginjal. Akibatnya otak tidak lagi “encer”. 

Sumber:
PERAN PENTING AIR BAGI TUBUH MANUSIA 
Helsy Mentari 
Foto : pexels.com