-->

Iklan

gudnyus
27 Juni 2020, 17:36 WIB
Last Updated 2020-06-27T10:36:47Z
Kabar Baik

Atasi Kesulitan Membuat Laporan Keuangan, Program Studi Akuntansi Polibatam Gelar Pelatihan Online Untuk Koperasi dan UMKM

Advertisement


Gudnyus.id - Jurusan Manajemen Bisnis Politeknik Negeri Batam (Polibatam) melalui Program Studi Akuntansi mengadakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan sesuai Standar pada Rabu, (24/6). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan secara online, dikarenakan kondisi pandemi saat ini. Tujuan diadakannya kegiatan ini ialah untuk membantu Koperasi dan UMKM dalam menyusun laporan keuangan.

"Kegiatan ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan koperasi dan UMKM dalam menyusun laporan keuangan," ungkap Dedi Kurniawan, S.Tr.Akun., M.Acc., selaku Dosen Akuntansi Polibatam dan Ketua Pelaksana kegiatan ini.

Kegiatan ini diisi oleh praktisi dan akademisi. Mewakili praktisi yakni Zulfahmi, S.E., M.M., Ak., CA., CPA. selaku ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Kepulauan Riau dan  pemateri pertama yang membahas standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah (SAK EMKM).

Dari akademisi diwakilan oleh dua orang Dosen Akuntansi Polibatam yaitu Arif Darmawan, S.E., M.Sc. selaku pemateri kedua yang menjelaskan teknis penyusunan laporan keuangan dan Wika Arsanti Putri, S.S.T., M.A. selaku moderator yang memandu jalannya acara.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Manajemen Bisnis Polibatam yakni Dwi Kartikasari, S.T., M.B.A. Dalam sambutannya Dwi mengharapkan masukan dan harapan dari Koperasi dan UMKM dengan dilaksanakannya kegiatan ini.

"Laporan keuangan keuangan sangat penting bagi Koperasi dan UMKM ketika hendak mengajukan tambahan modal ke Bank atau Investor," ungkap Zulfahmi saat menyampaikan materi.

Arif Darmawan juga menambahkan bahwa Laporan Keuangan tidak hanya dapat digunakan untuk mengajukan penambahan modal namun juga dapat digunakan untuk melihat sehat atau tidaknya usaha yang dijalankan.

Peserta sangat antusias mengikuti acara pelatihan ini. Terlihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk ke panitia. Peserta juga dapat bertanya secara langsung (live) kepada pemateri. Salah satu peserta yang berkempatan bertanya langsung yakni Agus Ferdyan selaku owner dari Batagor Siomay Bang Pe'i.

"Saya merasa senang memandu acara ini karena antusias peserta yang luar biasa," ungkap Wika selaku moderator. 

Peserta juga merasa senang dan terbantu dengan adanya kegiatan ini. "Saya bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini, sangat bermanfaat untuk usaha saya," ungkap salah seorang peserta.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 Koperasi dan UMKM. Setelah kegiatan pelatihan ini, Program Studi Akuntansi Polibatam juga akan memberikan pendampingan penyusunan laporan keuangan kepada Koperasi dan UMKM.

"Kegiatan ini tidak berhenti sampai pelatihan ini saja, namun akan berlanjut ke pendampingan bagi Koperasi dan UMKM yang ingin didampingi, saat ini sudah ada beberapa UMKM yang mendaftar untuk pendampingan," ungkap Dedi.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Program Studi Akuntansi Polibatam, Himpunan Mahasiswa Manajemen Bisnis Politeknik Negeri Batam, dan IAI Wilayah Kepulauan Riau.