-->

sponsor

sponsor
gudnyus
31 Juli 2020, 22:48 WIB
Last Updated 2020-07-31T15:48:46Z
Ragam

Fakta Menarik Qatar Sang Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Advertisement


Gudnyus.id - Piala Dunia 2022 akan dilaksanakan di negara Qatar. “Negeri Mutiara” ini menjadi negara kedua di benua Asia yang menjadi tuan rumah setelah Jepang dan Korea Selatan, yang saat itu menjadi tuan rumah bersama pada Piala Dunia 2002.

Untuk pertama kalinya piala dunia akan dilaksanakan pada musim dingin yaitu bulan November hingga Desember. Awalnya muncul perdebatan kenapa Qatar terpilih menjadi tuan rumah, hal ini lantaran suhu di Qatar yang mencapai lebih dari 40°C ketika musim panas.

Demi menyesuaikan dengan negara-negara lain yang tidak terbiasa bermain dengan kondisi suhu seperti itu maka jadwal pun di ubah ke musim dingin yang diperkirakan suhunya 25°C.

Qatar menggunakan 8 stadion di 5 kota dalam menyelenggarakan piala dunia. Kota-kota yang menjadi penyelenggara piala dunia 2022 yaitu Doha, Al Rayyan, Al wakrah, Al Khor, dan Lusail. 2 Stadion akan direnovasi untuk meningkatkan kapasitas penontonnya dan 6 Stadion baru akan dibangun.

Setiap stadion akan dipasangi sebuah pendingin yg bisa membuat suhu seisi stadion menjadi 20°C, karena meskipun dilaksanakan di musim dingin dengan suhu 25°C bagi negara-negara eropa itu adalah suhu ketika musim panas.

Qatar menjadi negara terkecil yang menjadi tuan rumah piala dunia. Qatar hanya memiliki luas wilayah sekitar 11.500 km2. Hal ini juga memiliki dampak positif yaitu para tim tidak perlu melakukan perjalanan yang panjang karena jarak antar stadion yang tidak terlalu jauh.

Negara kecil lainnya yang pernah menjadi tuan rumah piala dunia yaitu Swiss pada tahun 1954. Sebagai perbandingan luas wilayah Swiss tiga kali lebih luas dari Qatar dan saat itu tim yang mengikuti piala dunia hanya 16 negara sedangkan sekarang 32 negara. Fakta lainnya yaitu di piala dunia 2022 nanti akan menjadi pertama kalinya bagi Qatar untuk tampil di piala dunia.