-->

Iklan

gudnyus
11 Agustus 2020, 18:26 WIB
Last Updated 2020-08-11T11:27:49Z
Kabar Baik

Ekspedisi Pulau Pemping, Program Pengabdian IPMKOB-Pekanbaru Lestarikan Lingkungan

Advertisement
 
Gudnyus.id - Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kota Batam (IPMKOB) - Pekanbaru melakukan kegiatan ekspedisi perdana yang mengusung tema "Melalui Pengabdian Masyarakat Kita Tingkatkan Produktifitas Diri dan Pelestarian Lingkungan Hidup di Masa Pandemi" bertempat di Pulau Pemping dan Pulau Labun Kecil, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, (09/08/2020).

Kegiatan ini melibatkan 24 orang relawan mahasiswa asal Kota Batam yang menempuh pendidikan di Kota Pekanbaru dan tergabung menjadi satu tim kerelawanan Ekspedisi IPMKOB 2020.

Dalama kegiatan selama tiga hari dua malam yang dimulai pada hari Jumat tanggal 7 sampai dengan Minggu tanggal 9 Agustus 2020 ini seluruh delegasi berangkat dari Pelabuhan Sekupang pada hari Jumat menuju Pulau Pemping yaitu pada pukul 15.00 WIB dan sampai di Pulau Pemping pada Pukul 16.00 WIB.

Serangkaian agenda yang dilakukan yaitu dalam bentuk sosialisasi, edukasi, pemberdayaan lingkungan yang diantaranya melakukan penananam bibit pohon berjumlah kurang lebih 100 bibit, pemberdayaan wisata, berbagai jenis seminar termasuk seminar sadar wisata oleh Analisis Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, maupun kegiatan selingan lainnya.

"Kegiatan ini berlangsung untuk 3 hari 2 malam kedepan, kami tentunya sangat mengharapkan bantuan dari seluruh perangkat desa, baik dari pihak Kelurahan, Ketua RT, Ketua RW, Karang Taruna, Tokoh Agama, LPM, dan juga seluruh elemen masyarakat Pulau Pemping ini untuk sekiranya mengikuti serangkaian kegiatan yang kami lakukan nantinya," ujar Alfian Rizqy selaku Ketua Pelaksana Ekspedisi IPMKOB 2020 pada Pembukaan Kegiatan di Halaman Kantor Lurah Pemping.

Kegiatan melibatkan berbagai elemen baik itu dari kalangan pelajar, Ibu PKK, pemuda, orang tua, dan seluruh masyarakat Pulau Pemping yang tentunya melalui koordinasi dengan Tokoh Masyarakat setempat dan juga tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Sebelumnya, terimakasih saya ucapkan kepada adik-adik mahasiswa dari IPMKOB-Pekanbaru yang telah memilih dan menjadikan Pulau Pemping ini sebagai lokasi kegiatan, padahal saya tau persis bahwa pulau-pulau yang indah di Kota Batam ini masih banyak lagi. Maka dari itu saya apresiasi niat baik adik-adik mahasiswa semuanya," ujar Izat selaku Lurah Pemping.

"Satu pesan saya, kita tau dengan kondisi sekarang ini terkait adanya penyebaran wabah Covid-19 apalagi penambahan di Provinsi Kepri ini khususnya, masih terus berlanjut. Maka dari itu, saat melakukan kegiatan harus tetap menerapkan protokol kesehatan, pakai masker, disediakan handsanitizer disetiap kegiatan, jaga jarak, dan jika menggunakan ruangan tertutup, jumlahnya tak lebih dari 20 orang," tambahnya.


Puncak kegiatan sekaligus penutupan kegiatan Ekspedisi IPMKOB 2020 bertempat di Pulau Labun Kecil yang berjarak tak jauh dari dermaga Pulau Pemping.

Pada acara penutupan ini turut menghadirkan perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam yaitu Muhammad Irzal selaku Analisis Pariwisata, Camat Belakang Padang yaitu Yudi Admajianto, beberapa perwakilan dari Manggala Wanabakti, Izat selaku Lurah Pemping, beberapa tokoh masyarakat Kelurahan Pemping, Senior dan Alumni IPMKOB-Pekanbaru, serta seluruh delegasi Ekspedisi IPMKOB 2020.

"Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh IPMKOB-Pekanbaru selama 16 tahun belakangan berdirinya IPMKOB. Maka dari itu, ini sekaligus menjadi ajang pembelajaran bagi kami kedepannya agar tetap dapat meneruskan keberlangsungsungan kegiatan ini dengan lebih baik lagi. Tentunya, ini bukan hanya tentang bagaimana seluruh kegiatan yang dilakukan selama 3 hari 2 malam kemarin, melainkan tentang bagaimana keberlanjutan dari yang telah kita lakukan ini untuk seterusnya. Saya sangat berterimakasih kepada seluruh elemen yang menjadi kontributor kegiatan ini, dan juga meminta maaf jika masih banyak kekurangan," ucap Reza Saputra selaku Ketua Umum IPMKOB-Pekanbaru pada sambutan diagenda penutupan.

Camat Belakang Padang berpesan bahwa pemudalah yang akan meneruskan estafet kepempimpinan mereka nantinya, maka dari itu Yudi berharap kegiatan yang menyebarkan virus positif ini terus berlanjut dan tidak selesai hanya sampai disitu saja.

Kegiatan di Pulau Labun Kecil ditutup secara resmi dan ditandai dengan prosesi pemotongan pita pada ikon di pesisir pantai yang sebelumnya telah dibuat oleh para delegasi. Pada prosesi ini turut melibatkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Camat Belakang Padang, Manggala Wanabakti, Lurah Pemping, Ketua Umum IPMKOB-Pekanbaru, dan Ketua Pelaksana Ekspedisi IPMKOB 2020 serta dilanjutkan penyerahan kenang-kenangan dan dilakukan sesi foto bersama.

Penulis: RS