-->

Iklan

gudnyus
12 Agustus 2020, 20:09 WIB
Last Updated 2020-08-13T13:18:35Z
KaryaRagam

Kesuksesan Instan ala Paris Saint-Germain FC

Advertisement


Gudnyus.id - Paris Saint-Germain FC atau biasa lebih dikenal dengan sebutan PSG merupakan klub sepakbola asal Prancis yang bermarkas di Paris. PSG terbentuk pada tahun 1970 sebagai hasil penggabungan dari Paris FC dan Stade Saint-Germain.

PSG memulai kompetisi pada kasta kedua liga Prancis yaitu Ligue 2 dan berhasil menjadi juara pada musim pertamanya sehingga berhak promosi ke kasta tertinggi yaitu Ligue 1. Sampai saat ini PSG tidak pernah lagi terdegredasi dari kasta tertinggi sepakbola Prancis itu.

Sekarang Paris Saint-Germain diakui sebagai klub sepakbola tersukses di Prancis. Namun kesuksesan PSG ternyata baru dimulai ketika tahun 2010an. PSG mampu mendominasi Prancis hanya dalam waktu singkat, apa yang menjadi rahasia dari PSG?.

Pada tahun 2011, saham Paris Saint-Germain dibeli oleh organisasi pemegang saham milik negara yaitu Qatar Sports Investments (QSI) sebesar 70%. Secara otomatis yaitu Emir (kepala negara) dari Qatar, Tamim bin Hamad Al Thani, menjadi pemilik dari Paris Saint-Germain FC.

Pada tahun 2012, Qatar Sports Investment membeli sisa saham PSG sebesar 30% dan menjadi pemilik tunggal dari Paris Saint-Germain FC. Setelah pembelian tersebut, ketua dari QSI yaitu Nasser Al-Khelaifi diangkat menjadi presiden Paris Saint-Germain yang baru.

Paris Saint-Germain FC kemudian bertransformasi menjadi klub sepakbola kaya yang baru karena pemilik PSG adalah penguasa Qatar dan Qatar merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Dengan uang kesuksesan pun dapat diraih dengan mudah.

Setelah itu PSG langsung membeli pemain-pemain bintang dari seluruh dunia untuk menciptakan tim dengan kemampuan terbaik. Dari tahun 2011 PSG sudah menghabiskan lebih dari 1 milliar euro untuk mendatangkan para pemain bintang, diantaranya yaitu Thiago Silva, Zlatan Ibrahimovic, David Beckham, Edinson Cavani, David Luiz, Angel Di Maria, Dani Alves, Mauro Icardi, Kylian Mbappe, dan Neymar Junior.

Dua nama terakhir yaitu Mbappe dan Neymar merupakan pemain dengan nilai transfer termahal di dunia. PSG membeli Mbappe dari AS Monaco senilai 135 juta euro dan Neymar dari Barcelona senilai 222 juta euro.

Besarnya uang yang dikeluarkan PSG tentu tidak sia-sia, hal ini terbukti dari tahun 2011-2020 PSG mampu menjuarai liga Prancis sebanyak 7 kali yaitu musim 2012/13, 2013/14, 2014/15, 2015/16, 2017/18, 2018/19, dan 2019/20.

PSG mampu meraih 7 juara selama 9 tahun dan hanya gagal pada musim 2011/12 dan 2016/17. Saat ini PSG telah mengoleksi 43 trofi domestik maupun international dimana 25 trofi didapatkan hanya dalam waktu satu dekade setelah diakuisisi oleh Qatar Sports Investments.

Meskipun Paris Saint-Germain mampu mendominasi Prancis namun mereka belum mencatatkan kesuksesan di level Eropa maupun level Internasional. Saat ini PSG sangat berfokus untuk memenangkan trofi Liga Champions Eropa pertama mereka dan akan menggunakan berbagai cara untuk mendapatkannya termasuk mendatangkan lebih banyak pemain bintang.

PSG seolah memperlihatkan kita dengan jelas bahwa “dengan uang kita bisa melakukan segalanya”.

Penulis: Abdullah Affandi