gudnyus
31 Agustus 2020, 19:02 WIB
Last Updated 2020-08-31T12:02:45Z
Kabar Baik

Membanggakan, Polibatam Raih Predikat Kampus Terbaik Ke-3 Arubalympic 2020

Advertisement

Gudnyus.id - Sebuah prestasi membanggakan kembali diraih Politeknik Negeri Batam dalam Arubalympic 2020. Arubalympic adalah sebuah inisiatif kolektif yang diprakarsai oleh Aruba, Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer, dan Ekoji Academy sebagai bagian dari program link-and-match antara perguruan tinggi dan dunia industri berbasis e-learning dan e-competition.

Aruba (a Hewlett-Packard Enterprise Company) bekerjasama dengan Aptikom dan Ekoji Academy memberikan beasiswa kepada 500 kampus informatika se-Indonesia untuk mengikuti pelatihan berbasis e-learning dengan tema bahasan “The Intelligence Campus Network 4.0”.

Beasiswa diberikan kepada satu kelompok delegasi per kampus yang terdiri dari enam orang, masing-masing adalah dua orang dosen dan empat orang mahasiswa. Pelatihan dikemas dalam bentuk sesi pembelajaran secara virtual (asynchronous e-learning) yang diselenggarakan selama sembilan hari berturut-turut.

Pada akhir setiap sesi harian, peserta akan diminta untuk mengikuti Kuis Online untuk memastikan penguasaan partisipan akan topik bahasan. Jika berhasil lulus, peserta didik akan memperoleh Certificate of Completion yang dikeluarkan secara kolektif oleh Aruba, Aptikom, dan Ekoji Academy.

Kecepatan dan ketepatan partisipan dalam menyelesaikan Kuis Online dimaksud akan dilombakan secara khusus yakni 50 peserta dengan nilai tertinggi akan mendapatkan Certificate of Appreciation dengan kategori Golden (10 orang), Sliver (15 orang), dan Bronze (25 orang).

Polibatam melalui Jurusan Teknik Informatika turut berpartisipasi pada kegiatan ini dengan menugaskan dua orang dosen teknik informatika yaitu Dodi Prima Resda, dan Ahmad Hamim Thohari serta empat orang mahasiswa dari Jurusan Teknik Informatika yaitu Silvi Salputri, Putri Viradima, Muhammad Faishal Nur Setiawan dan Kevin Timoteus Sirait.

Setelah mengikuti pelatihan harian dan menyelesaikan soal secara online dari tanggal 5 hingga 14 Agustus 2020, tim Polibatam mengumpulkan 11 Medali yang terdiri atas 7 Medali emas, 3 medali perak dan 1 medali perunggu. Pencapaian ini sekaligus mengantarkan Provinsi Kepulauan Riau di posisi terbaik ke 5 dalam ajang Arubalympics dengan total 16 medali.