-->

Iklan

gudnyus
2 September 2020, 10:44 WIB
Last Updated 2020-09-05T03:53:27Z
KaryaRagam

Gaharnya Hypercar Asal Asia, Ada 440 Berlian di Lampunya

Advertisement

Gudnyus.id - Siapa yang tidak mengetahui film aksi berjudul Fast & Furious? Film ini pasti menampilkan mobil-mobil cepat, mahal, dan unik di setiap serinya. Di salah satu seri Fast & Furious yaitu Furious 7 terdapat salah satu mobil yang menarik perhatian banyak penonton yaitu Lykan Hypersport.

Mobil ini diperlihatkan ketika adegan Dom dan Brian melompati beberapa gedung dengan menggunakan mobil tersebut setelah mencuri sebuah chip. Ternyata mobil tersebut merupakan hypercar yang berasal dari Asia bukan dari Eropa ataupun Amerika seperti hypercar lainnya.

Lykan Hypersport merupakan salah satu mobil termahal di dunia. Harganya mencapai 3,4 juta Dollar Amerika atau sekitar 50 miliar Rupiah. Mobil ini pun dibuat dengan edisi terbatas yang hanya tersedia 7 unit untuk seluruh dunia. Salah satunya dibeli oleh kepolisian Abu Dhabi pada 2015 lalu.

Hal yang membuat harga mobil ini begitu mahal salah satunya karena Lykan Hypersport adalah mobil pertama yang terdapat permata di lampu depannya. Lampu depannya berisi bilah LED titanium dengan 440 berlian. Pembeli juga bebas untuk memilih jenisnya seperti batu rubi, berlian, berlian kuning, ataupun safir untuk diintegrasikan ke dalam lampu depan mobil tersebut. Lykan juga menggunakan sistem tampilan holografik pada konsol tengah dengan fitur gerak interaktif, serta jahitan emas pada joknya.

Mesin yang digunakan pada Lykan Hypersport yaitu mesin flat-six twin-turbocharged dengan 3.746 cc yang dikembangkan oleh Ruf Automobile. Mesin tersebut terpasang di bagian tengah-belakang dan mempu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 780 hp pada 7.100 rpm dan torsi 960 N⋅m pada 4.000 rpm. Kecepatan maksimumnya mencapai 385 km/jam, sedangkan akselerasi 0-100 km/jam dicapai hanya dalam waktu 2,8 detik. Lykan Hypersport pertama kali diproduksi pada tahun 2013 oleh sebuah perusahaan otomotif bernama W Motors.

W Motors adalah sebuah perusahan otomotif yang didirikan oleh pria berkebangsaan Lebanon yaitu Ralph R. Debbas pada tahun 2012. Saat ini W Motors memiliki kantor pusat di Dubai, Uni Emirat Arab. W Motors menjadi perusahaan pertama asal timur tengah yang mengembangkan mobil sport mewah berperforma tinggi.

Selain mengembangkan mobilnya sendiri, W Motors juga mengembangkan kendaraan multiguna yang sepenuhnya bertenaga listrik untuk anak perusahaan ICONIQ Motors yaitu ICONIQ Seven yang berbasis di China. Saat ini W Motors memiliki 2 jenis produk untuk mobil sportnya yaitu Lykan Hypersport dan Fenyr Supersport.

Fenyr Supersport merupakan suksesor dari Lykan Hypersport yang mulai diproduksi pada tahun 2019 lalu. Fenyr memiliki harga yang lebih murah dari Lykan yaitu 1,4 juta Dollar Amerika atau sekitar 20 miliar Rupiah. Hal ini lantaran Fenyr memang diproduksi untuk masal berbeda dengan Lykan yang merupakan edisi terbatas. Fenyr dan Lykan menggunakan mesin yang sama namun Fenyr diklaim mampu berakselerasi 0,1 detik lebih cepat dari Lykan.

Hadirnya W Motors dengan produk mobil sportnya yaitu Lykan Hypersport dan Fenyr Supersport dapat menjadi sebuah ajang pembuktian, bahwa produk mobil sport asal Asia tidak kalah gahar dari mobil sport asal Eropa dan Amerika. Bahkan W Motors yang baru didirikan 8 tahun lalu mampu bersaing dengan perusahaan yang sudah didirikan lebih lama, seperti Bugatti, Lamborghini, McLaren, Ford, dan Chevrolet.

Penulis: Abdullah Affandi