-->

sponsor

sponsor
gudnyus
23 September 2020, 19:30 WIB
Last Updated 2020-09-26T19:16:51Z
Literasi

Mengenal Strategi STP dan 4P Sebelum Memasarkan Produk

Advertisement

Gudnyus.id - Konsumen pada umumnya berbeda antara satu dengan lainnya, baik dalam motif dan perilaku maupun dalam kebiasaan pembelian yang semuanya menunjukkan ciri atau sifat konsumen tersebut.

Perbedaan ini menunjukkan bahwa pasar suatu produk tidak homogeny, tetapi heterogen dengan jumlah konsumen yang sangat banyak, tersebar secara geografis, dan mempunyai aneka ragam kebutuhan, keinginan, kemampuan membeli, dan perilaku serta tuntutan pembelian.

Dengan dasar ini sangatlah sulit bagi suatu perusahaan untuk melayani seluruh pasar yang ada sehingga dapat memberikan kepuasan konsumen yang berbeda-beda ciri atau sifatnya.

Dalam upaya memberikan kepuasan konsumen sesuai dengan apa yang terdapat dalam konsep pemasaran, perusahaan perlu melakukan, usaha pembinaan pelanggan melalui pengarahan tindakan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan ciri atau sifat para pelanggan tersebut.

Dalam hal ini, perusahaan harus mengelompokkan konsumen atau pembeli kedalam kelompok dengan ciri-ciri atau sifat yang sama. Oleh karena itu, sebelum melakukan pemasaran, Anda harus mengidentifikasi konsumen yang akan Anda targetkan dengan menggunakan teknik analisis strategi pemasaran, STP (Segmentation, Targeting, Positioning).

Strategi Pemasaran


Segmentasi pasar merupakan upaya memetakan siapa saja yang berpotensi menjadi konsumen dari produk, kondisi wilayah apa yang mendukung penjualan, termasuk seberapa besar kebutuhan masyarakat akan produk. Targeting adalah aktivitas lanjutan setelah Anda berhasil melakukan segmentasi pasar dengan memilih satu atau dua segmentasi pasar yang paling mungkin disasar. Dapat mendetail kepada wilayah pemasaran hingga waktu yang tepat untuk pemasaran.

Selanjutnya adalah tahap positioning, di mana Anda mulai melakukan identifikasi diferensiasi produk yang mungkin ditawarkan dan belum ditawarkan oleh pesaing. Termasuk menganalisis kemungkinan produk lain yang dapat menjadi substitusi produk usahamu.
 

Taktik Pemasaran

 

Setelah mengidentifikasi strategi pemasaran, selanjutnya adalah memikirkan taktik pemasaran. Konsep yang paling sering digunakan adalah 4Ps (Product, Price, Promotion, dan Place). Suatu produk (product) bisa laku di pasaran ketika ia mampu memberikan keunggulan yang dicari oleh konsumennya, dengan desain, kemasan, ataupun penawaran diferensiasi yang unik serta bervariatif. 

 

Penentuan harga (price) adalah salah satu taktik yang dapat dilakukan dalam proses pemasaran. Anda dapat memberlakukan diskon ataupun kemudahan pembayaran secara kredit untuk menarik perhatian pelanggan.

Promosi produk dapat memanfaatkan berbagai macam platform, khususnya media daring, seperti: Instagram, Facebook ataupun situs web. Yang terakhir adalah place. Untuk Anda yang tidak memiliki kantor penjualan fisik dan hanya mengandalkan pemesanan daring, yang harus Anda pikirkan adalah keterjangkauan barang/ jasa dengan para konsumen dan mekanisme pendistribusian produk.