-->

sponsor

sponsor
gudnyus
19 September 2020, 11:30 WIB
Last Updated 2020-09-25T09:59:33Z
Literasi

Menggali Ide Bisnis dan Prinsip Dasar Bisnis

Advertisement



Gudnyus.id - Ada banyak realitas di sekitar kita. Tantangan awal dalam melangkah menjadi wirausaha digital adalah mengidentifikasi peluang ataupun ide bisnis dari banyaknya realitas yang ada tersebut. Peluang dapat muncul dari hobi yang dimiliki seseorang. Ia juga dapat muncul dari hasil pengamatan terhadap tren yang berlangsung di masyarakat atau dapat pula hasil kejelian dalam menangkap permasalahan yang ada dan mampu menemukan solusinya.

Contohnya Tirta Mandira Hudhi, Founder Shoes and Care, membangun sebuah bisnis cuci sepatu yang berawal dari hobi membersihkan sepatu miliknya sendiri. Memulai bisnisnya di tahun 2013, hingga saat ini Shoes and Care telah memiliki 30 gerai yang tersebar di seluruh indonesia.

begitu pula mantan CEO PT. Gojek Indonesia, Nadiem Makarim yang menginisiasi penyedia jasa transportasi ojek daring yang memulai ide bisnisnya setelah melihat permasalahan utama pengendara ojek yang menghabiskan banyak waktunya untuk menunggu pelanggan, sedangkan pelanggan sendiri malas untuk berjalan mencari pangkalan ojek. Solusi yang ditawarkannya dengan menghubungkan pengendara ojek dan pelanggannya melalui ponsel. Usaha ini telah dijalankan sejak tahun 2015 dan sukses membawa PT. Gojek Indonesia sebagai salah satu perusahaan pengubah dunia versi majalah Fortune di tahun 2017.

Tirta Mandira Hudhi dan Nadiem Makarim hanya lah dua dari sekian banyak wirausaha digital yang berhasil merealisasikan ide bisnis yang mereka temukan dari hobi ataupun kejelian dalam melihat potensi suatu usaha. Barringer dan Ireland menjelaskan bahwa bisnis bermula dari suatu ide yang dapat dijalankan.

Ide itu dapat menjadi sebuah bisnis yang potensial ketika ia mampu memenuhi kebutuhan pelanggannya sekaligus memenuhi tujuan dan harapan pencetusnya. Jadi, jangan pernah takut untuk terus menggali ide-ide ataupun peluang bisnis yang mungkin Anda pikirkan saat ini.

 

Prinsip Dasar Berbisnis
Banyak yang beranggapan bahwa menjadi wirausaha digital haruslah mereka yang memiliki ketertarikan (passion) terhadap bisnis dengan mengambil sekolah ataupun jurusan yang berhubungan dengan bisnis, ekonomi, ataupun manajemen.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa passion hanyalah salah satu dari banyak prinsip yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha digital? Berikut ini adalah prinsip-prinsip dasar yang harus Anda miliki saat ingin memulai karier sebagai seorang wirausaha digital:

a. Minat
Minat ataupun ketertarikan yang besar dalam menjalankan sebuah bisnis adalah prinsip pertama yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha digital. Kecintaan Anda terhadap sesuatu yang Anda jalani akan memotivasi untuk terus maju dalam mencapai tujuan yang ingin Anda capai, memacu untuk melakukan yang terbaik dalam setiap usaha. Dalam mendirikan ataupun menjalankan suatu bisnis, tentunya Anda akan menghadapi banyak kendala. Tanpa minat yang cukup kuat, upaya Anda bisa saja berhenti di tengah jalan.

b. Visi dan Misi Jangka Panjang
Pentingnya memiliki visi jangka panjang dalam berbisnis akan membantu Anda dalam menentukan langkah-langkah apa saja yang harus Anda ambil dalam menjalankan suatu bisnis. Termasuk menentukan strategi perusahaan.

c. Kepemimpinan
Dalam menjalankan suatu bisnis, seorang wirausaha digital haruslah memiliki kemampuan kepemimpinan, minimal memimpin diri sendiri. Kemampuan kepimpinan ini akan semakin diperlukan ketika Anda tidak lagi bekerja sendiri, tetapi dengan orang lain. Jiwa kepemimpinan itu akan membantu Anda dalam menjaga semangat, kepercayaan, serta kerja sama tim dalam mencapai apa yang menjadi tujuan bersama.
 
d. Jaringan/ Relasi
Chairul Tanjung, seorang pengusaha sukses Indonesia, mengatakan bahwa dalam membangun usaha, membangun jaringan adalah prinsip yang sangat penting. Membangun relasi harus dimulai dari awal Anda merintis suatu usaha. Bisa membangun dan mendapatkan mitra kerja yang andal akan membantu kita dalam mengembangkan bisnis, terlebih lagi jika bisnis Anda mengalami kendala. Pada saat itulah, jejaring yang Anda miliki dapat dimanfaatkan.

Jadi, segera gali dan temukan ide bisnismu!