-->

Iklan

gudnyus
13 September 2020, 13:06 WIB
Last Updated 2020-09-13T11:26:12Z
Ragam

Syarat Membangun Start Up Agar Sukses Menjadi Unicorn

Advertisement

Gudnyus.id - Seberapa sering Anda mengakses sebuah aplikasi e-commerce dari gadget? Jika Anda termasuk orang yang memiliki mobilitas tinggi, aplikasi- aplikasi e-commerce pasti sangat menolong. Seperti halnya berbagai startup lain, pada dasarnya sebuah e-commerce hadir atas “desakan” kebutuhan penggunanya. Faktanya, banyak e-commerce yang terus mengalami perkembangan.

Nah, setidaknya ada 5 syarat startup yang harus dipenuhi. Syarat-syarat ini berperan penting mendorong suksesnya bisnis berbasis teknologi digital ini. Berikut ulasannya:

1. Ada Kebutuhan Pasar
Untuk membangun startup seharusnya didasari oleh kebutuhan pasar. Dengan kata lain, kehadiran startup menjadi solusi bagi banyak masalah yang kerap dialami masyarakat masa kini.

Contoh startup yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya di beberapa kota besar di Indonesia, adalah Gojek. Berangkat dari keprihatinan akan minimnya sarana transportasi yang bisa membelah kemacetan Jakarta, Nadiem Makarim dan Michael Angelo Moran menciptakan layanan yang sangat aplikatif.

Tak mengherankan, Gojek kini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat perkotaan. Kesuksesan ini pun dinikmati oleh startup lainnya yang bergerak di jasa yang sama, yaitu Uber dan Grab.

2. Memanfaatkan Teknologi Digital
Startup pada dasarnya berbasis teknologi digital. Oleh karena itu, syarat startup adalah mudah diakses, baik melalui perangkat mobile maupun dekstop. Jika Anda ingin membangun sebuah startup, Anda harus mampu meraih hati para netizen sehingga mereka berlomba- lomba menggunakannya.

Namun, tidak semua startup mudah diakses. Ini bisa disebabkan oleh tampilan maupun sistemnya yang belum sempurna. Hal ini bisa diatasi dengan perbaikan yang dilakukan terus-menerus.

3. Ada Visi yang Ingin Dicapai

Sejatinya, sebuah bisnis dibangun untuk meraup keuntungan. Namun, motivasi ini sangat dangkal dan kadang-kadang tidak cukup kuat untuk membuat bisnis tetap bertahan. Apalagi jika iklim tidak mendukung sehingga yang ada bisnis pun jatuh bangun.

Sesungguhnya, visi yang jelaslah yang membuat sebuah bisnis tetap bertahan meskipun mengalami banyak tantangan. Misalnya, visi untuk mencerdaskan masyarakat dibidang finansial.

Nah, apa visi yang ingin Anda capai? Sejauh mana Anda ingin memberi dampak positif kepada masyarakat melalui startup tersebut?

4. Memiliki Tim yang Ahli dan Solid
Sebagai bisnis rintisan, startup memulai langkahnya dengan jumlah karyawan yang terbilang lebih sedikit dibandingkan perusahaan besar. Oleh karena itu, memiliki anggota tim yang memiliki keahlian khusus serta pengalaman yang cukup adalah syarat startup lainnya. Efisiensi dalam pengeluaran bisnis, termasuk dalam mempekerjakan karyawan, biasanya menjadi patokan.

Selain keahlian, solidaritas pun menjadi nilai khusus yang perlu dimiliki oleh pekerja di bidang startup. Bagaimana pun, bisnis ini perlu dibangun dari dasar dan hal itu membutuhkan usaha dari semua pihak, bukan hanya dari pendiri saja.

5. Siap Menghadapi Risiko
Ada risiko yang cukup besar yang mengintip Anda ketika membangun bisnis startup. Hal ini disebabkan oleh tak terduganya penerimaan masyarakat terhadap bisnis ini. Sebagian bisa bertahan, sebagian lagi tak banyak dilirik. Tentu saja, hal ini sangat sulit diprediksi. Sebagai pebisnis startup, Anda harus berani menghadapi risiko- risiko tersebut.

Maraknya bisnis startup dengan berbagai pilihan sekarang ini tak jarang menarik perhatian seseorang untuk memiliki bisnis serupa. Membangun bisnis jenis ini pun sama seperti membangun usaha lain pada umumnya, bedanya startup ini menggunakan teknologi sebagai basisnya.

Seperti yang telah dijelaskan di atas mengenai syarat membangun startup, Anda harus cermat dalam memilih jenis usaha yang akan dijalankan, pemahaman akan strategi juga menjadi salah satu modalnya. Namun, sebuah bisnis apapun tidak akan berjalan jika tidak ada modal usaha.

Jangan patah semangat. Ada banyak cara untuk mendapatkan modal. Tony Gaskin mengatakan, “If you don’t build your dreams, someone will hire you to help build theirs.”Artinya, jika Anda tidak membangun mimpimu, seseorang akan mempekerjakanmu untuk membantu membangun mimpi mereka.