gudnyus
16 Oktober 2020, 10:22 WIB
Last Updated 2020-10-21T03:24:21Z
BP Batam

Webinar Bakohumas: BP Batam Menuju Tahun Emas

Advertisement


Gudnyus.id - Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Forum Tematik Badan Koordinasi Humas (Bakohumas), Kamis (15/10/2020) pagi, bertempat di Kantor Perwakilan BP Batam Jakarta.


Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan perkembangan pengelolaan dan rencana pembangunan Batam sebagai tujuan investasi, meningkatkan pemahaman tentang peran dan fungsi BP Batam, serta bertukar informasi dan masukan untuk perbaikan yang dapat mendukung pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas Batam.


Dalam webinar yang mengusung tema “BP Batam Menuju Tahun Emas” ini, menghadirkan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Widodo Muktiyo, Anggota Bidang Kebijakan Strategis BP Batam, Enoh Suharto Pranoto, dan Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi BP Batam, Sudirman Saad, sebagai narasumber, Kepala Kantor Perwakilan BP Batam Di Jakarta Purnomo Andiantono, dan dihadiri para praktisi kehumasan Kementerian dan Lembaga secara daring.


Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Widodo Muktiyo, yang juga Ketua Umum Bakohumas, dalam sambutannya mengatakan, humas merupakan “jantung” yang memompa informasi yang faktual dan informatif kepada para pemangku kepentingan dalam kegiatan organisasi pada Lembaga Pemerintah maupun Kementerian.


Selain itu, ia juga mengingatkan kembali mengenai 5 langkah percepatan transformasi digital yang telah ditetapkan oleh Presiden RI, Joko Widodo. Menurutnya, pandemi Covid-19 adalah momen yang tepat untuk meningkatkan akselerasi transformasi digital di Indonesia.


Kelima langkah tersebut antara lain, menggesa percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital, menyiapkan peta jalan transformasi digital di sektor-sektor strategis, mempercepat integrasi pusat data nasional, menyiapkan kebutuhan sumber daya manusia berkemampuan digital yang baik, serta menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan regulasi transformasi digital.


“Kominfo RI menargetkan, pada tahun 2022, semua desa dan kelurahan di Indonesia sudah terkoneksi dengan teknologi 4G. Karena kita didorong untuk bisa menjalankan fungsi-fungsi komunikasi, baik dari sisi infrastruktur yang memadai dan konten berupa pesan, maupun informasi bagi pengguna,” kata Widodo.


Menanggapi hal tersebut, Plh. Kepala BP Batam, Purwiyanto menyatakan kesiapan BP Batam untuk menjawab transformasi digital guna meningkatkan sektor pelayanan. 


“BP Batam memiliki BP Batam Teknologi Informasi (BIT) atau Pusat Data dan Sistem Informasi, yang saat ini sudah kami bentuk sebagai Unit Bisnis Strategis BP Batam. Sehingga ke depannya, kami berharap PDSI BP Batam mampu menjadi unit yang mendukung percepatan pelaksanaan transformasi digital di Batam, di samping melaksanakan pelayanan yang prima bagi para pemangku kepentingan” ujar Purwiyanto.


Ia juga berharap, melalui Bakohumas ini, BP Batam dapat berkontribusi lebih dalam kegiatan kehumasan dan dapat menjalin hubungan baik dengan para pejabat humas dari kementerian dan lembaga lain.


Dalam kegiatan tersebut, BP Batam menyampaikan beberapa pemaparan, di antaranya disampaikan oleh Anggota Bidang Kebijakan Strategis BP Batam, Enoh Suharto Pranoto, mengenai Gambaran Umum Batam, Master Plan Kawasan Batam, Bintan Karimun dan Tanjung Pinang (BBKT), Rencana Strategis Pengembangan Batam 5 Tahun (2020-2024), dan Rencana Pengembangan Aerocity Kawasan Bandara Hang Nadim Batam.


Selanjutnya, Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi BP Batam, Sudirman Saad, menyampaikan dukungan infrasruktur di Batam, seperti, listrik dan jalan, air bersih, pelabuhan, bandar udara, jembatan barelang, serta fasilitas umum dan sosial