sponsor

sponsor
gudnyus
7 Desember 2020, 08:50 WIB
Last Updated 2020-12-07T01:50:29Z
Ragam

Cintaku Tanah Airku

Advertisement


Gudnyus.id - Apa yang dimaksud dangan Cintaku Tanah Airku? Cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut.

Tanah air adalah istilah yang digunakan bangsa Indonesia untuk menyebut seluruh bumi Indonesia yang terdiri dari darat dan lautan. Istilah ini didasarkan pada konsep wawasan nusantara yang terbentuk dari kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Istilah ini membedakan Indonesia dari bangsa lain yang sering memanggil wilayahnya dengan sebutan motherland atau fatherland.

Cinta tanah air merupakan rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas yang tinggi yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat ia tinggal yang dapat tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan nagara.

Cara Mewujudkan Cinta Tanah Air
1. Mengamalkan pancasila
2. Melaksanakan kegiatan sosial yang bersifat positif
3. Berpartisipasi dalam kegiatan kedunian
4. Tidak mudah terpapar berita hoax (sumber informasi yang tidak jelas)

Contoh Sikap cinta tanah air
1. Bangga sebagai bangsa Indonesia
2. Menjaga nama baik tanah air Indonesia
3. Menggunakan hak pilih dalam pemilu
4. Menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan
5. Menuntut ilmu dengan sungguh – sungguh
6. Mengenalkan budaya indonesia ke luar negeri
7. Bangga berbahasa Indonesia dalam keseharian
8. Khidmat mengikuti upacara bendera sebagai salah satu cara menghormati jasa pahlawan yang membuat bendera merah putih dapat berkibar hingga saat ini demi kejayaan tanah air

Mungkin ada di antara  kita yang berfikir tentang para pekerja yang bekerja di luar Indonesia dan para mahasiswa melanjudkan studinya di luar Indonesia, apakah ia masih dikatakan sebagai warga Indonesia yang memiliki rasa dan sikap cintah terhadap tanah air?

Nah jawaban nya tentu saja “Masih”. Karena, bukan berarti jika seseorang yang bekerja dan melanjutkan studinya diluar Indonesia sudah tidak  lagi memiliki rasa cinta terhadap tanah air. Karena tujuan mereka bekerja dan melanjudkan studi  di luar Indonesia itu untuk menimba ilmu dan pengalaman yang lebih luas lagi tanpa menghilangkan sasa cintanya terhadap tanah air.

Dan sebaliknya kita juga melihat orang asing yang bekerja dan melanjudkan studinya di Indonesia. Tujuan lain dari kegiatan tersebut yaitu, sebagai penjalin hubungan kita antar negara dan pemersatu bangsa.

Penulis :
Ilma Sari. Mahasiswi Prodi Teknik Elektronika Polibatam