sponsor

sponsor
gudnyus
7 Desember 2020, 14:48 WIB
Last Updated 2020-12-07T07:48:01Z
Insight

Tips Lengkap Cara Mengecilkan Perut Buncit Dalam Waktu Singkat

Advertisement


Gudnyus.id
- Perut buncit merupakan mimpi buruk baik perempuan maupun laki-laki. Selain membuat kita kurang percaya diri, timbunan lemak ini dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit serius. Seperti penyumbatan arteri hingga penyakit jantung.

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, kurang istirahat, dan jarang olahraga dapat memicu penimbunan lemak di sekitar area perut.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara menghilangkan lemak di perut dengan cepat dan alami tanpa harus menggunakan obat diet, serta pastinya tanpe efek samping.

Menurut salah satu pakar gizi di Indonesia ukuran lingkar pinggang atau perut yang masuk dalam kategori buncit adalah 90 centimeter (cm) untuk laki-laki dan 80 cm untuk perempuan. Toppers, jika kamu punya masalah perut buncit berikut solusinya:

1. Kurangi Asupan Kalori
Sebuah penelitian menunjukan orang yang mengonsumsi kalori lebih sedikit dapat memperlambat proses metabolisme tubuh dalam jangka waktu panjang. Dengan hanya konsumsi 500-1.000 kalori per hari bisa menurunkan berat badan sekitar 0,5-1 kilogram (kg) per minggu.

2. Perbanyak Serat
Serat tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan. Serat larut dapat menyerap air dalam jumlah besar, memperlambat penyerapan kalori dan lemak.

Sebuah studi menunjukkan konsumsi 10 gram asupan serat larut dapat mengurangi penambahan lemak hingga 3,7% setiap tahunya.

Beberapa jenis makanan yang menjadi sumber serat larut antara lain gandum, alpukat, biji rami, blackberry, kacang polong, dan kubis.

3. Konsumsi Probiotik

Tahukah kamu, selain karena makanan obesitas juga dapat disebabkan oleh bakteri. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih pada ususnya terdapat sejumlah bakteri yang meningkatkan proses penyerapan lemak tubuh.

Oleh sebab itu, mengonsumsi minuman probiotik dapat menghambat dan membunuh bakteri tersebut. Sehingga mengurangi risiko penambahan berat badan.

Beberapa jenis probiotik yang terbukti efektif mengurangi lemak perut seperti Lactobacillus fermentum, amylovorus, gasseri, yogurt, kefir, kimchi, tempe, dan acar.

4. Latihan Kardio
Serangkaian latihan kardio seperti jogging, lompat tali, zumba atau aerobik terbukti efektif mengurangi lemak di perut. Selain itu, latihan ini dapat memperkuat otot bagian tengah tubuh serta mengecilkan lingkar pinggang.

Para ahli merekomendasikan untuk rutin melakukan latihan karidio dengan intensitas sedang hingga tinggi selama 20 sampai 40 menit per hari.

5. Perbanyak Asupan Protein
Jika kamu ingin mengurangi lemak perut maka kurangi asupan kalori dan perbanyak protein. Protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi nafsu makan, sehingga mencegah penumpukan lemak terutama pada bagian perut.

Beberapa makanan tinggi protein yang bagus dikonsumsi saat diet seperti telur rebus, ikan tuna, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, tahu, tempe, hingga edamame.

Kamu juga bisa mengonsumsi minuman protein shake untuk menambah asupan protein harian dan membentuk massa otot.

6. Rutin Berjalan Kaki 30 Menit Setiap Hari
Tidak ada cara paling efektif untuk mengurangi lemak perut selain melakukan olahraga dan diet sehat. Jika kamu tidak sempat melakukan latihan kardio 20-40 menit per hari, jalan kaki bisa menjadi alternatifnya.

Menurut pakar kesehatan, dengan berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari atau 7.500 langkah dapat mengurangi lemak dan membuat pinggang terlihat lebih ramping.

7. Saat Berolahraga Hindari Posisi Duduk
Cara menghilangkan lemak perut selanjutnya kamu bisa mencoba melakukan latihan sambil berdiri. Berdiri membuat otot lebih aktif sekitar 7-25% dibandingkan latihan pada posisi duduk.

Selain itu, posisi berdiri juga membakar lebih banyak kalori, meningkatkan oksigenasi, dan kemampuan bernapas.

8. Perbanyak Makanan Kaya Asam Lemak Tak Jenuh

Asam lemak tak jenuh termasuk kedalam makanan sehat karena hanya mengandung lemak baik. Lemak baik ini berfungsi menghasilkan kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kinerja vitamin, melindungi saraf, dan mencegah obesitas.

Beberapa makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh tinggi di antaranya buah alpukat, minyak zaitun, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

9. Tidur yang Cukup
Kebiasan begadang pada malam hari ternyata selain mengurangi fokus juga menjadi penyebab utama perut buncit. Beberapa penilitan menunjukan orang dewasa yang tidur kurang dari lima jam sehari berpotensi mengalami peningkatan berat badan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mendapat waktu istirahat yang cukup setiap harinya.

10. Berpuasa

Puasa intermiten merupakan metode diet yang sering dilakukan dengan cara mengatur makan atau tidak makan selama 24 jam sebanyak dua hingga empat kali seminggu.

Atau membatasi waktu makan menjadi delapan jam setiap hari dapat menjadi cara menghilangkan lemak perut dan berat badan yang efektif.

Kebiasaan ini dapat menjadi gaya hidup sehat dengan catatan kamu tetap memenuhi asupan nutrisi tubuh sesuai dengan yang dianjurkan para ahli kesehatan.
jual peralatan olahraga

11. Kurangi Asupan Gula
Gula seringkali dianggap sebagai penyebab utama penyakit serius seperti diabetes, penyakit jantung, dan penyakit lemak hati. Peneliti juga membuktikan asupan gula yang berlebihan berkaitan langsung dengan kenaikan berat badan.

Beberapa makanan dan minuman yang harus kamu dihindari karena tinggi akan kandungan gula. Seperti soda, makanan olahan, minuman manis seperti bubble tea, Thai tea, kopi instan, dan masih banyak lainnya.

12. Ganti Makanan Berlemak dengan Minyak Kelapa
Jika kamu mencari cara mengecilkan perut secara alami tanpa obat-obatan cobalah minyak kelapa. Minyak kelapa murni kaya akan kandungan lemak baik dan sumber vitamin E.

Selain bermanfaat mengurangi lemak, minyak kelapa juga bisa meningkatkan kesehatan kulit, mencegah penyakit jantung, menyehatkan rambut, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

13. Hindari Stres
Toppers, apakah saat stress kamu merasa ingin makan terus? Ternyata hal ini disebabkan karena stress memicu tubuh memproduksi hormon kortisol.

Hormon ini diketahui dapat meningkatkan nafsu makan seseorang terutama pada perempuan. Untuk itu cobalah menambahkan aktivitas seperti meditasi atau yoga untuk mengurangi stres.

14. Latihan Intensitas Tinggi
Cara mengecilkan perut buncit dengan cepat salah satunya dengan melakukan latihan intensitas tinggi. Kegiatan ini terbukti membakar lemak dan melangsingkan lingkar pinggang lebih cepat dibandingkan jenis olahraga lainnya.

Jika kamu dikejar waktu untuk menurunkan berat badan coba lakukan latihan intensitas tinggi ini dengan arahan pelatih profesional.

15. Minum Air dalam Jumlah Cukup Setiap Hari
Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satu cara yang paling mudah adalah mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya.

Faktanya air putih dapat meningkatkan pembakaran energi hingga 100 kalori per hari. Minum air mineral juga dapat meredakan sembelit dan membuat kamu merasa lebih kenyang sehingga mencegah makan berlebihan.

Menjaga pola makan dan berolahraga setiap hari memang sangat penting, akan tetapi diet ketat yang tidak diimbangi dengan makanan pengganti sehat ditambah olahraga berat sangat berbahaya dan tidak baik dilakukan.

Hal ini bisa membuat kamu pingsan hingga masuk rumah sakit, lho. Oleh sebab itu sebelum melakukan program diet sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.