gudnyus
1 Maret 2021, 16:08 WIB
Last Updated 2021-03-01T09:08:21Z
Kabar Baik

Ingin Seperti Bill Gates? Kuncinya Tumbuhkan Kesadaran Literasi Sejak Dini

Advertisement


Gudnyus.id - Menumbuhkan kesadaran membaca dapat dimulai dari lingkungan keluarga. Tokoh Literasi Nasional, Yusron Aminulloh mengajak orang tua untuk berperan aktif dalam menanamkan budaya literasi sejak dini kepada anak.

"Saya selalu mengajak semua masyarakat untuk memiliki kesadaran literasi, yaitu kesadaran membaca, menulis dan berkomunikasi," ujar dia, Senin (3/1).

Menurutnya, literasi bagi anak akan sangat berpengaruh signifikan dalam peningkatan taraf hidup karena adanya ilmu untuk dapat berdaya saing di masa depan.

"Tanpa pengembangan literasi melalui membaca, menulis dan berkomunikasi maka taraf hidup kita tidak akan meningkat," ungkapnya.

Penulis buku ini menuturkan ada banyak tokoh-tokoh dunia saat ini yang ternyata sejak kecil telah memiliki literasi yang tinggi sehingga memiliki impian yang besar, salah satunya Bill Gates.

Ia menceritakan sosok Bill Gates kecil ketika ditanya soal impian menjawab bahwa ia ingin melahirkan sebuah karya yang bisa dimiliki dan dinikmati di seluruh rumah yang ada di dunia. Dan akhirnya ketika dewasa ia mampu menciptakan microsoft yang digunakan di berbagai penjuru dunia.

"Ayo memulai dari rumah masing-asing, mengajak anak berdiskusi ilmiah dan mengajarkan anak berdebat dengan argumentasi yang baik," pungkas Yusron.