gudnyus
3 Maret 2021, 21:57 WIB
Last Updated 2021-03-04T16:06:36Z
Literasi

Kupas Tuntas! Pentingnya Mempelajari Internet Marketing Bagi Pebisnis

Advertisement


Gudnyus.id - Internet Marketing sangat diperlukan oleh pelaku bisnis. Menguasainya merupakan keharusan. Sebab, kemajuan usaha di era modern salah satunya dipengaruhi oleh strategi ini.

Faktanya, konsumen saat ini lebih cerdas. Sebelum membuat keputusan, konsumen akan mencari informasi terlebih dahulu di Internet. Baik itu melalui blog ataupun media sosial.

Perilaku seperti ini sebenarnya membuka peluang bagi pebisnis. Pebisnis bisa mengamankan kedatangan konsumen di website dengan menyajikan sejumlah informasi. Nantinya, konsumen diyakinkan untuk membeli produk.

Sederhananya, online marketing ditujukan untuk menjangkau target pasar. Membantu bisnis kebanjiran traffic yang berakhir pada penjualan.

Menyadari perannya sangat penting, pelaku bisnis seharusnya menerapkan dengan tepat. Jauh sebelum itu, kuasailah beberapa metode agar tidak keliru mengambil keputusan.

Apa Itu Internet Marketing?
Hampir setiap pelaku bisnis pernah mendengar istilah Internet Marketing. Lalu, apa sebenarnya istilah tersebut?

Istilah tersebut dipahami sebagai bagian dari strategi yang digunakan untuk memasarkan produk maupun layanan pada konsumen secara online. Jenis produk bisa apa saja. Tujuan utamanya ialah mendapatkan pembeli secepatnya.

Di lain sisi, istilah ini juga digambarkan sebagai proses untuk mempromosikan brand atau bisnis beserta produk atau layanannya melalui internet dengan tools untuk mengarahkan traffic, leads dan penjualan.

Brand diperkenalkan pada khalayak ramai. Tujuannya untuk membangun reputasi bisnis. Ketika reputasinya baik di mata pelanggan, maka menawarkan sesuatu pada pelanggan akan lebih mudah.

Mengenai cara kerja dari strategi ini, perilaku audiens di internet yang dicermati. Internet marketer akan memanfaatkannya. Yakni berupaya untuk menghubungkannya ke lokasi bisnis. Tentunya dengan beberapa metode yang dinilai mampu bekerja secara optimal.

Ketika calon konsumen telah terhubung dengan website bisnis, pekerjaan pebisnis akan semakin ringan. Sebab, pebisnis cukup meyakinkan konsumen dengan menampilkan produk, memberikan value dibandingkan pebisnis lainnya dan lain sebagainya.

Sebelum sampai ke tahap tersebut, pebisnis perlu mempertimbangkan dengan baik tentang jenis Internet Marketing. Pemilihannya harus tepat agar hasilnya maksimal. Di antara yang perlu dilihat adalah model bisnis, jenis produk, hingga target pasarnya.

Tanpa memperhitungkan hal tersebut, dikhawatirkan bahw

a metodenya tidak akan bekerja. Sebab, target pasar dari tiap bisnis itu berbeda sehingga menerapkan teknik yang sama hanya menghambat laju perkembangan usaha Anda.

Jadi, pahamilah targetnya dan tentukan metode yang benar-benar dapat menarik konsumen.


Kelebihan Menggunakan Strategi Online Marketing

 
Strategi dari pemasaran online ini merupakan bagian dari komunikasi untuk menjalin hubungan yang lebih akrab antara pebisnis dan pelanggan secara online. Tentu, strategi ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan metode konvensional. Setidaknya, kelebihan yang dimilikinya lebih besar.

Kelebihan utamanya berkaitan dengan biaya. Biaya jauh lebih murah. Tergantung pada strategi internet marketing yang dijalankan. Misalnya hanya dengan mengandalkan SEO untuk mendatangkan pembeli.

Syarat utamanya hanya memiliki sebuah website. Kemudian, memikirkan tentang bagaimana mengoptimalkan situs dengan berbagai kata kunci pilihan. Maka, bisnis Anda akan terlihat di Internet dengan tingkat kredibilitas lebih tinggi.

Sesekali, Anda juga perlu mengeluarkan biaya dengan menggunakan layanan promosi berbayar. Fungsinya untuk mengenalkan bisnis secara cepat pada masyarakat. Sebab, dikenalnya bisnis memungkinkan usaha lebih cepat berkembang.

Kelebihan lainnya, pemasaran ini berlangsung tanpa terbatasi oleh waktu. Selama toko online masih bisa di akses, pemasaran terus bekerja. Begitu pula, jika Anda terus mengupayakan untuk promosi secara berbayar.

Di sini, Anda bisa mengendalikan dari rumah. Melihat bagaimana strategi ini bekerja. Bahkan, bisa menganalisis sekaligus membuat perubahan yang ditujukan untuk kepentingan bisnis.

Yang tak kalah penting, Anda bisa menjangkau target yang lebih luas. Anda tidak hanya menguasai target lokal saja, tetapi memiliki potensi untuk mendapatkan pelanggan dari luar kota dan negeri. Oleh karenanya, tidak salah bila Anda perlu menguasai marketing online.

Beberapa Metode Internet Marketing Paling Efektif
Untuk memasarkan produk melalui internet, banyak sekali metode yang bisa digunakan. Di antara yang sering memberikan hasil adalah sebagai berikut.

1. SEO

 
SEO merupakan bagian terpenting dalam menunjang kebutuhan promosi di Internet melalui website. Tujuan utamanya ialah mendukung keterlihatan halaman maupun situs itu sendiri. Lebih-lebih, situs dapat tampil di urutan teratas dari halaman pencarian.

Pada praktiknya, SEO ini butuh pengerjaan secara berkelanjutan. Tetapi, pebisnis perlu memulainya sejak pertama kali membangun website.

Pemilihan nama domain, penentuan kata kunci hingga penerbitan konten harus dipikirkan secara matang. Semuanya tidak bisa dilepaskan begitu saja. Bahkan, pemiliknya perlu menjaganya setiap saat supaya mampu bertahan lama di posisi teratas.

Strategi dari Internet Marketing ini memang tidak bisa didapatkan secara instan. Website baru harus memulai dari nol. Setelah itu, pemiliknya perlu melakukan optimasi sebaik mungkin agar kata kunci yang ditargetkan bisa merangkak naik.

Cepat tidaknya situs naik bergantung pada persaingan kata kuncinya. Ketika tingkat persaingannya ringan, website akan muncul di SERP lebih cepat.

Berbeda jika persaingannya ketat. Anda harus memikirkan tentang dukungan Off Page. Prosesnya juga memakan waktu. Hingga akhirnya, situs dapat bergerak naik dan otoritas situs meningkat.

Semakin meningkatnya otoritas website, memenangkan persaingan akan lebih mudah. Hanya saja, Anda masih harus bekerja agar tidak ditekan oleh pesaing lain yang turut memperbaiki kualitas situsnya di tiap waktu.

2. Email Marketing

 
Metode selanjutnya yang paling sering digunakan oleh pebisnis ialah email marketing. Pemanfaatannya sangat membantu dalam menjaga loyalitas pelanggan. Bahkan, ini bisa menambah jumlah konsumen sehingga bisnis bisa semakin berkembang.

Cara kerjanya juga sangat mudah. Pebisnis hanya perlu mengirimkan pesan ke email konsumen. Pesan ini bisa berupa penawaran terkait produk baru. Bisa juga pemberitahuan mengenai konten informasi yang terbaru.

Metode ini nyatanya memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. Sebab, jalinan komunikasi dilakukan secara individu dan lebih akrab.

Biasanya, strategi ini dilekatkan dalam website utamanya. Dengan meletakkan kalimat yang menarik, konsumen yang tertarik akan mendaftarkan emailnya di layanan yang Anda sediakan.

Semakin banyak daftar email yang pebisnis kumpulkan, maka semakin tinggi pula kekuatan untuk menjual. Sebab, pemilik email ini kebanyakan orang yang benar-benar tertarik dengan layanan atau produk yang Anda tawarkan.

Ketika Anda memberikan penawaran yang dinilai menguntungkan, konsumen biasanya memutuskan untuk segera mengambil tawaran tersebut. Hasilnya, Anda bisa menjual produk pada saat itu juga.

3. Paid Traffic
 

Metode lain yang sama kuatnya untuk mendukung jualan online adalah paid traffic. Strategi ini bekerja dengan mendatangkan traffic ke toko online Anda. Nantinya, traffic ini dikonversi sesuai keinginan seperti mengonversinya menjadi pembeli.

Pemanfaatannya menggunakan sarana iklan berbayar. Anda bisa menggunakan layanan dari pihak ketiga atau pun Google.

Jika Anda menggunakan Google, Anda perlu mendaftar ke layanan utamanya. Kemudian, buat iklan dengan menentukan kata kunci yang tepat. Begitu pula, atur keuangan agar tidak menimbulkan boros biaya. Maka, website Anda akan tampak terlihat di halaman utama Google tanpa perlu bekerja lebih keras.

Sementara jika Anda ingin memanfaatkan pihak lain seperti pemilik website dengan traffic tinggi, Anda cukup menghubunginya. Anda juga perlu mempersiapkan iklan yang mana ditampilkan dalam situs pihak ketiga.

Traffic yang didapatkan oleh pihak ketiga nantinya bisa diarahkan langsung ke website Anda. Biasanya, biaya yang ditetapkan bergantung pada besar kecilnya traffic yang dimiliki oleh website.

Ketika websitenya memiliki kunjungan hingga ratusan ribu per hari, tentu biayanya akan lebih mahal. Berlaku untuk kebalikannya.

Yang perlu Anda cermati, perkirakan tentang biaya yang ingin diinvestasikan. Usahakan agar biaya tersebut lebih kecil dari pendapatan yang Anda hasilkan. Dengan begitu, Anda sukses dalam menjalankan strategi Internet Marketing dengan model tersebut.

4. Bekerjasama dengan Influencer

Tidak dipungkiri lagi jika keberadaan influencer sangat membantu. Sebagian besar pelaku bisnis memanfaatkan kemampuannya untuk meningkatkan penjualan online. Sebab, influencer dapat melakukannya dengan baik.

Influencer sendiri merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain. Kemampuan ini didapatkan dari bekal pengetahuannya yang luas, punya kedekatan emosi dengan audiens lebih baik dan lain sebagainya.

Seorang influencer bisa mengubah cara berpikir pengikutnya. Misalnya dengan mengambil tindakan untuk membeli produk atau menggunakan layanan.

Meskipun begitu, Anda harus menyeleksi siapa yang bisa diajak kerja sama. Sebab, sebagian influencer biasanya fokus pada satu kategori. Artinya, influencer memiliki spesialisasi sendiri sehingga Anda perlu menemukannya secara tepat.

SEO VS Paid Traffic: Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing

SEO maupun Paid Traffic hanyalah sebuah metode. Fungsinya untuk mendatangkan traffic ke dalam website. Keduanya dinilai memiliki keefektifan dalam mendukung tujuan tersebut. Tetapi, tetap saja ada kekurangannya.

Jika dilihat dari biaya, tentu SEO memang bisa diandalkan. Metode ini bisa dikerjakan tanpa perlu mengeluarkan biaya. Karena, pemiliknya hanya perlu mengoptimalkan beberapa elemen dalam situs supaya mesin pencari dapat memprioritaskannya.

Situs yang naik dengan optimasi SEO biasanya memiliki reputasi baik di mata konsumen. Konsumen memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi. Oleh karenanya, banyak sekali konsumen yang lebih tertarik untuk membeli produk/layanan dari metode ini.

Menariknya lagi, website dapat bertahan lebih lama di halaman pertama. Dengan catatan, optimasi terus dijaga dan dipelihara setiap waktu. Tujuannya untuk mengungguli optimasi dari pesaing.

Untuk kelemahannya, SEO membutuhkan waktu lebih lama. Terkadang, praktisi butuh berbulan-bulan untuk menaikkan satu kata kunci saja. Begitu pula, pemilik wajib memperhatikan kebijakan Google supaya tidak menyalahi aturan yang berujung pada tenggelamnya situs.

Lalu, bagaimana dengan Paid Traffic? Strategi Internet Marketing ini menjadi solusi tercepat untuk mendatangkan traffic. Anda tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mencapai posisi teratas.

Anda hanya perlu mendaftar pada layanan Google atau semacamnya. Kemudian, buat iklan dan situs Anda akan berada di posisi teratas di halaman pencarian hanya dalam hitungan jam.

Tidak hanya itu saja, Anda memiliki kesempatan untuk scale up bisnis. Target pemasaran diperluas. Membuat Anda berkesempatan untuk meningkatkan penjualan produk.

Meskipun demikian, metode ini harusnya direncanakan secara matang. Sebab, Anda harus mengeluarkan biaya setiap waktu. Dan ini menjadi salah satu kelemahannya.

Keberadaan situs di halaman pencarian juga tidak bisa bertahan lama. Misalnya bila Anda tidak lagi beriklan, otomatis situs tidak akan muncul lagi di halaman terdepan.

Menyadari hal ini, kebanyakan pemilik situs bisnis biasanya mengambil pendekatan yang dinilai efektif. Yakni menggabungkan kedua cara tersebut.

Tips Bekerjasama dengan Influencer

 
Influencer telah menjadi salah satu hobi yang digeluti oleh masyarakat. Memiliki kemampuan dalam berinteraksi, menyampaikan persepsi yang mudah diterima orang dengan cara yang menarik.

Kapasitasnya dalam mengubah cara pikir masyarakat menjadikannya begitu dicari. Terlebih bagi para pebisnis yang sedang membangun bisnisnya. Yakni dengan memanfaatkan kemampuan influencer dalam mengenalkan, menyadarkan pentingnya produk, bahkan mengajak masyarakat untuk menggunakan/membeli.

Walaupun begitu, bukan berarti jika Anda bisa memanfaatkan setiap pelakunya. Anda seharusnya memilih secara tepat. Sebab, tidak semua influencer nyatanya dapat mengajak pengikutnya untuk membeli. Penyebabnya ialah followernya tidak sesuai dengan target pasar dari bisnis Anda.

Menyadari akan hal ini, ada baiknya Anda lebih teliti dalam memutuskan untuk Kerjasama. Salah satu hal yang perlu dicermati adalah reputasi atau spesialisasinya.

Lihat seperti apa konten yang sering dipromosikan atau sering diulas. Jika ini memiliki kemiripan dengan produk Anda, maka tidak salah jika influencer ini dipilih. Sebab, follower utamanya merupakan target pasar yang tepat.

Setelah itu, lihat juga bagaimana influencer menjalin komunikasi dengan pengikutnya. Setidaknya, ada keterikatan yang kuat. Dengan begitu, apa yang disampaikan oleh influencer lebih mengena sehingga pengikutnya tertarik untuk melakukannya.

Biasanya, keterikatan ini selalu dijaga. Influencer terus melakukan update konten sesuai jadwal. Di sini, Anda juga perlu mempertimbangkannya.

Pertimbangannya didasarkan pada seberapa sering influencer mengunggah konten. Ketika terlalu sering, dikhawatirkan konten promosi yang mengarah ke situs Anda akan cepat tenggelam.

Ada kalanya jika Anda menyaring influencer yang hanya menerbitkan konten beberapa kali. Kemudian, pastikan bahwa setiap unggahan ini mendapatkan tanggapan dari followernya. Dengan begitu, promosi yang dilakukan akan lebih efektif.

Setelah itu, baru Anda mempertimbangkan tentang biayanya. Usahakan agar biaya yang dikeluarkan berbanding lurus dengan pendapatan. Setidaknya, Anda tetap memiliki keuntungan dari bekerja sama dengan influencer.

Tips Mulai Belajar Internet Marketing
 

Ketika Anda terjun di dunia bisnis online, Internet Marketing sudah menjadi kebutuhan. Menguasai strategi ini dapat membantu Anda dalam menguatkan bisnis. Bahkan, bisa membuat Anda berkualifikasi untuk memenangkan persaingan.

Meskipun itu tidak bisa dicapai dalam waktu yang singkat, Anda perlu mengupayakannya. Sebab, inilah jalan yang harus ditempuh untuk mendapatkan keberhasilan.

Lalu, dari mana Anda perlu mengawalinya? Pertama kalinya, pelajarilah tentang beberapa cara menemukan target pasar.

Metodenya cukup banyak. Anda bisa mempelajari satu persatu metodenya. Melihat strategi mana yang dinilai sesuai dengan bisnis. Tepatnya, memiliki tingkat keefektifan dalam mendukung terjadinya penjualan.

Langkah keduanya dengan menguasai bagaimana caranya mendominasi media sosial. Sederhananya, Anda membutuhkan salah satu media sosial yang mana bisa digunakan untuk menyampaikan informasi.

Setelah memilihnya, pelajari tentang caranya menciptakan konten yang bernilai. Aplikasikan secara rutin untuk mendapatkan pengunjung. Secara perlahan, pengunjung akan datang serta menjadi salah satu target pasar yang potensial ke depannya.

Langkah ketiganya ialah memahami caranya untuk menarik perhatian konsumen. Begitu pula, pahami trik untuk mengonversi kunjungan. Tepatnya, pengunjung mau melakukan tindakan sebagaimana yang diharapkan.

Sementara langkah keempatnya, kuasai strategi untuk kampanye pemasaran secara online. Langkah inilah yang akan menentukan. Nantinya, strategi pemasaran di internet ini bisa berjalan dengan baik. Hasilnya, website akan kebanjiran traffic dan siap menangani pesanan dari konsumen.

Setelah menguasainya, terapkan dengan tepat. Lihat keefektifan dari strategi. Jika menemui jalan buntu, Anda bisa memperbaiki atau menggunakan metode lain. 

Dengan begitu, Anda tidak terpaku dengan strategi Internet Marketing yang sama sehingga ada opsi lain yang bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan pembeli secara terus menerus.


Sumber foto: Freepik.com