gudnyus
7 Maret 2021, 22:39 WIB
Last Updated 2021-03-07T15:39:40Z
Ragam

Tools Gratis Bagi Pebisnis Online Untuk Melacak ROI Internet

Advertisement

 
Gudnyus.id
- Mengukur Return On Investment (ROI) Internet ini sangat penting bagi pebisnis. Pengukurannya dapat menunjang keberhasilan dalam berbisnis di Internet. Sebab, hasilnya bisa dijadikan bahan pengambilan keputusan sehingga tidak salah langkah.

ROI sendiri dipahami sebagai hasil dari investasi atau laba. Pebisnis mendapatkan keuntungan dari metode internet marketing yang dijalankan.

Sayangnya, tidak semua pelaku bisnis menghitungnya. Khususnya pelaku bisnis yang baru terjun di dunia usaha. Alhasil, pelakunya kebingungan untuk menentukan strategi mana yang sesuai untuk memajukan usahanya dengan cepat.

Mengapa Seharusnya Mengukur ROI Internet?
Tidak dipungkiri lagi jika tujuan berbisnis ialah mendapatkan laba. Setiap pebisnis akan menempuh berbagai cara supaya penjualan dapat terlaksana. Setidaknya, penjualan inilah yang akan mencerminkan pada kemajuan usahanya.

Berjualan di internet dipilih lantaran pangsa pasarnya lebih luas. Tetapi, bukan berarti tujuan untuk menjual akan lebih mudah. Sebab, tingkat persaingannya sangatlah ketat lantaran banyak sekali pebisnis yang memanfaatkan media ini.

Pebisnis butuh strategi yang tepat. Untuk menentukan strategi mana yang pas, dibutuhkan penilaian terhadap ROI Internet.

Penilaian ini termasuk sangat krusial. Fungsinya untuk menilai strategi mana yang bekerja di lini bisnis. Begitu pula memahami strategi yang kurang efektif sehingga Anda bisa mengubahnya.

Contohnya bila Anda menggunakan Paid Traffic dan email marketing. Setelah dilihat paid traffic tampil lebih baik dalam menjaring konsumen, maka Anda seharusnya fokus untuk menjalankan metode tersebut.

Sebaliknya, biarkan email marketing lantaran kurang potensial. Tetapi, bukan berarti bahwa Anda membuangnya. Sebab, masih ada kemungkinan bahwa konsumen akan masuk melalui saluran tersebut.

Sederhananya, pengukuran ROI dari Internet Marketing tidak lain untuk memahami keberhasilan dari metode. Setidaknya, Anda bisa meminimalkan pekerjaan yang sia-sia. Bahkan, bisa menghindari dari menyia-nyiakan biaya setiap waktu.

Tools Untuk Mengukur ROI di Internet
Memahami kinerja metode pemasaran online sebenarnya tidak sulit. Anda bisa menggunakan tools gratis yang telah terhubung dengan website atau toko online Anda. Salah satu tools berguna yang sering digunakan oleh pebisnis adalah Google Analytics.

Tools ini dapat melacak dan menilai seperti apa kampanye marketing Anda. Ini bisa dilihat dari data yang tersaji. Mulai dari traffic, jumlah konversi, hingga penghasilan yang didapatkan dari traffic tersebut.

Anda juga memahami tentang halaman yang menjadi pintu masuk. Misalnya halaman landasan yang berisi tentang produk atau pun halaman lainnya.

Pahami juga sumber trafficnya. Misalnya apakah itu traffic organic atau berbayar. Atau, menggunakan media lain seperti media sosial untuk mengarahkan konsumen.

Dari informasi ini, Anda bisa mengambil sebuah keputusan. Khususnya untuk meningkatkan kemajuan bisnis. Yakni dengan menambah strateginya agar hasilnya lebih baik.

Contohnya jika hasilnya berasal dari metode SEO. Anda tentu bisa menambah metodenya dengan Paid Traffic. Terlebih memfokuskan pada halaman yang mendapatkan traffic lebih besar dengan konversi lebih baik.

Elemen yang Dilacak untuk Mengetahui ROI
Ada beberapa elemen yang perlu dipahami saat melacak ROI. Ini berguna untuk menjelaskan kerberhasilan sekaligus meminimalkan penggunaan biaya yang tidak tepat.

Salah satu metrik yang perlu dilihat ialah biaya per leads. Perhatikan berapa leads yang didapatkan setelah mengeluarkan biaya. Jika jumlah leadnya lebih banyak, tentunya Anda sukses menjalankannya.

Begitu pula, lihat berapa banyak konversi yang didapatkan. Dan, lihat berapa banyak terjadi penjualan dari biaya yang dikeluarkan. Dengan begitu, Anda bisa menentukan apakah hasilnya memang bagus atau tidak.

Kesimpulannya, perhitungan dari ROI Internet ini ditujukan untuk pengambilan keputusan yang tepat terkait metode pemasaran. Jika Anda memahami dan mengambil kebijakan secara tepat, Anda bisa menjual produk/layanan dengan laba tinggi.