gudnyus
14 April 2021, 10:00 WIB
Last Updated 2021-04-15T05:29:31Z
Ragam

Cara Menulis Copy Marketing yang Menarik Pelanggan

Advertisement


Gudnyus.id - Copy marketing merupakan bagian dari strategi dalam bisnis. Pebisnis memerlukannya untuk menarik pelanggan. Terutama membujuknya agar mau mengambil tindakan sebagaimana yang diharapkan oleh pebisnis.

Pemasaran ini biasanya dikerjakan oleh profesional. Memiliki kemampuan dalam mempengaruhi orang melalui sebuah kata atau kalimat. Seseorang yang melakukannya disebut dengan copywriter.

Untuk menjadi copywriter yang Handal, seseorang harus mengasah kemampuan dalam menyajikan tulisan. Penyajiannya tidak bertele-tele. Tetapi, isinya mampu mengajak konsumen untuk mengambil sebuah keputusan.

Apa Itu Copywriting?
Copy Marketing itu berbeda dengan content marketing. Meskipun memiliki kesamaan dalam penggunaan tulisan, tetapi punya perbedaan dalam tujuan.

Copywriting sendiri merupakan ajakan/perintah langsung pada pembaca untuk mengambil sebuah tindakan. Tindakan yang dimaksud meliputi pembelian, langganan email, menghubungi pebisnis dan lain sebagainya.
Sederhananya, teknik ini mengedepankan pada perintah langsung untuk melakukan sebuah aksi. Jadinya, kalimat yang digunakan biasanya lebih singkat dan jelas.

Sementara content marketing merupakan bagian dari strategi untuk menciptakan konten yang bernilai di mata konsumen. Konten ini dibagikan agar mendapatkan perhatian dari konsumen. Terkadang dibuat untuk kebutuhan konversi menjadi pembeli, hingga meyakinkan pelanggan untuk melakukan pembelian kembali.

Contoh dari content marketing ini adalah blog dan podcast. Sedangkan copy writing ini berupa halaman penjualan, pesan langsung hingga iklan.

Tips Menulis Copywriting yang Bagus
Keberhasilan dari copy pemasaran ditentukan oleh penulisannya. Anda seharusnya mampu menarik konsumen dengan tulisan yang dibuat. Untuk melakukannya, Anda bisa menerapkan tips berikut ini.

1. Kenali Target Pemasaran
Keberhasilan bisnis ditentukan ketika Anda mampu menawarkan produk/layanan pada orang yang tepat. Sebaliknya jika tidak tepat sasaran, penawaran sebaik apa pun tidak akan memperoleh hasil.
Orang hanya lalu lalang melihatnya. Sebab, seseorang tidak membutuhkannya. Maka dari itu, pastikan bahwa Anda sudah menentukan siapa targetnya.

Tujuan dari pengenalan konsumen tidak lain untuk memudahkan pembuatan tulisan. Selain itu, pebisnis bisa memahami tentang apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen.

Kendalanya bisa diteliti. Kemudian, pebisnis bisa menawarkan solusi. Solusi ini dijelaskan dalam tulisan yang nantinya mengarah pada tujuan semisal langganan email.

2. Tentukan Tujuan
Apa tujuan Anda membuat copywriting ini? Anda harus memastikannya sejak awal. Sebab, ini akan berpengaruh pada gaya penulisannya.
Tujuannya bisa apa saja. Di antaranya adalah mengajak pengguna untuk membeli produk, menghubungi Anda layaknya konsultasi, hingga langganan email dan lain sebagainya.

3. Kriteria Penulisan Copywriting
Ada beberapa kriteria penulisan dari copy writing yang bagus. Penuhi agar hasilnya lebih optimal.

Kriteria yang pertama ialah kesederhanaan. Tulisan sebaiknya singkat dan mudah dipahami maksudnya. Setidaknya, pembaca tidak perlu menghabiskan waktu untuk menemukan inti dari tulisan tersebut.
Kedua, buat penulisan yang berisi solusi. Di sini, Anda perlu melakukan pencarian data terkait masalah yang sering dihadapi oleh pelanggan.

Caranya dengan mencarinya di berbagai forum yang mengulas tentang produk. Setelah itu, buat tulisan yang mengarahkan seseorang agar mendapatkan solusinya.

Ketiga, ciptakan tulisan yang urgent. Kalimat seperti jangan sampai ketinggalan dan lain sebagainya dapat mempengaruhi penilaian seseorang. Pelanggan biasanya akan menilai bahwa itu dibuat secara khusus sehingga sayang untuk dilewatkan.

4. Pilih CTA
Langkah terakhirnya adalah menentukan CTA. Jika Anda sudah menulisnya, arahkan ke mana pelanggan akan dibawa. Jika diarahkan pada penjualan, berikan akses masuk ke halaman berisi produk atau langsung menghubungi Anda melalui WhatsApp atau Messanger.

Itulah bagaimana cara Anda membuat copy marketing yang baik. Mulai dari menentukan target, menentukan tujuannya, menulisnya sesuai target hingga menyisipkan CTA untuk hasil akhirnya.