gudnyus
2 Mei 2021, 16:21 WIB
Last Updated 2021-05-02T09:21:39Z
Ragam

Jenis Media Promosi Untuk Pemasaran Online Yang Gratis

Advertisement


Gudnyus.id - Promosi usaha harus dilakukan untuk menjangkau konsumen dan mendukung kemajuannya. Medianya sangat beragam. Anda bisa menentukan salah satu dari media promosi untuk pemasaran online.

Media yang hadir ini bisa digunakan tanpa harus keluar biaya. Dengan catatan, Anda melakukannya sendiri. Sebaliknya jika memanfaatkan jasa orang lain, otomatis Anda perlu membayarnya. Biayanya disesuaikan dengan kesepakatan.

Kami asumsikan bahwa Anda memang ingin melakukannya secara mandiri. Berikut ini media promosi di internet yang bisa Anda maksimalkan.

Youtube
Youtube merupakan platform yang berisi tentang video. Platform ini telah mengantongi jutaan pengguna. Bahkan mengalami peningkatan setiap waktunya.

Konten video di dalamnya seringkali di akses oleh pengguna. Tentunya, kebutuhan pengguna itu bervariasi. Misalnya untuk hiburan atau mencari informasi.

Kategori video yang diunggah juga beragam. Secara tidak langsung, ini membuka kesempatan bagi Anda untuk menyisipkan konten promosi di dalamnya.

Hampir sebagian besar pebisnis telah memaksimalkan Youtube. Alasannya, kebanyakan target pasar suka dengan konten promosi lewat video. Sebab, penjelasannya lebih detail dan mudah dipahami.

Jika Anda melakukannya, Anda harusnya bekerja lebih keras. Usahakan untuk membuat video yang menarik perhatian. Selain itu, fokuskan pada kata kunci agar konten ini dapat naik ke posisi teratas.

Facebook
Media promosi untuk pemasaran online yang tak kalah populer adalah Facebook. Media sosial ini nyatanya mampu menjaring konsumen secara tertarget. Bahkan, bisa dimaksimalkan untuk mengetahui siapa saja yang tertarik dengan fitur statistiknya.

Dalam penerapannya, Anda perlu membuat sebuah Fanspage. FP ini dibuat dengan nama brand. Dilengkapi dengan profil hingga deskripsi dari brand atau nama usaha.
Untuk kontennya sendiri, pebisnis bisa menerbitkan berbagai cara. Mulai dari konten bergambar, tulisan, hingga video berdurasi pendek.

Pekerjaan rumah paling menantang tentunya membangun FP tersebut. Pebisnis perlu menerapkan strategi yang baik agar FP ramai dengan kunjungan.

Menyediakan konten secara rutin saja belum cukup. Pebisnis memerlukan tambahan cara agar hasilnya lebih optimal.

Salah satunya ialah bergabung dalam komunitas di grup. Selama berada di grup, usahakan untuk selalu aktif. Tetapi, tidak disarankan untuk menyisipkan link yang mengarahkan ke FP secara membabi buta.

Anda perlu menunggu waktu. Caranya dengan berbagi informasi biasa. Ketika telah mendapatkan banyak tanggapan, sesekali arahkan member agar masuk ke FP.

Instagram
Siapa yang tidak memiliki Instagram? Hampir setiap orang telah memilikinya. Sebab, IG ini dijadikan tempat untuk berbagi informasi dan lain sebagainya.

Konten yang disajikan berupa gambar dan video. Kontennya biasanya lebih singkat. Tetapi kenyataannya mampu menarik perhatian dari masyarakat.

IG ini juga hampir sama dengan FB. Anda perlu membangunnya agar dapat memperoleh pengikut lebih banyak. Usahakan agar pengikutnya merupakan target pasar.

Caranya ialah dengan fokus melengkapi profil dengan nama brand. Jadi, sewaktu orang mengikutinya, pengikutnya adalah target yang sebenarnya. Bukan orang yang hanya sekedar pengikut biasa.

Situs Marketplace
Media lain yang tak kalah menarik adalah marketplace. Anda bisa daftar ke dalam situs ini sebagai penjual. Sifatnya tidak dipungut biaya sehingga Anda bisa berhemat.

Untuk menggunakannya, Anda cukup daftar dan upload produk secara rutin. Saat mengunggah produk, usahakan agar melengkapi detail produknya. Tujuannya agar dapat memberikan kejelasan informasi yang dibutuhkan pelanggan.

Biasanya, situs ini sudah cukup untuk mendukung pada penjualan. Tetapi jika ingin lebih besar peningkatannya, jangan lupa untuk menyisipkan nama brand atau website toko online di dalamnya. Setidaknya, konsumen bisa memeriksa website Anda saat ingin membeli produk.

Demikianlah beberapa media promosi untuk pemasaran online yang populer dan sering dimanfaatkan. Anda bisa menentukannya, bahkan melakukan pendekatan dengan menggabungkan beberapa media. Dengan begitu, Anda bisa membuka beberapa pintu masuk bagi konsumen dari berbagai tempat sehingga hasilnya lebih menjanjikan.