gudnyus
18 Juni 2021, 09:38 WIB
Last Updated 2021-06-19T02:40:52Z
BP Batam

Layanan Bedah Toraks, Kardiak dan Vaskuler (BTKV) di RS BP Batam

Advertisement

 

Gudnyus.id
- Saat ini kita dihadapkan pada pandemi Covid-19 di pertengahan tahun kedua, dan selama masa pandemi itulah menjaga kesehatan itu sangat penting, salah satunya menjaga kesehatan paru-paru dan jantung.

Tubuh kita ini layaknya mesin, apabila kita baik menjaganya, maka akan mengurangi penyakit yang akan datang, apabila kita terlalu abai untuk menjaganya, maka akan menimbulkan masalah, seperti infeksi paru, tumor paru , penyakit  jantung, kanker dan lainnya.

Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam menyediakan layanan BTKV (Bedah Toraks, Kardiak dan Vaskuler) yang sudah dirintis sejak 6 tahun lalu. Layanan BTKV ini menangani pembedahan di area toraks (dada), jantung dan pembuluh darah.  Contohnya  penyakit atau kelainan yang mengenai saluran nafas, kerongkongan, dinding dada, paru paru , jantung, pembuluh darah besar,  mediastinum, selaput jantung, selaput paru,  diafragma dan juga pembedahan pembedahan dibidang pembuluh darah. Termasuk juga melakukan tindakan pembedahan dengan teknik minimal invasif/VATS (sayatan kecil dan penggunaan kamera) sampai tanpa sayatan ( misalnya pada endovaskuler pada pembuluh darah).

Kasus yang sering ditangani BTKV di RSBP Batam seperti infeksi rongga dada, batuk darah , infeksi paru, tumor mediastinum, tumor paru, trauma pada dinding dada, penebalan selaput paru paru, keringat di tangan berlebih, penumpukan cairan pada rongga selaput jantung dan menangani kelainan di vaskuler (pembuluh darah), misalnya penyempitan/sumbatan pembuluh darah, tumor pembuluh darah, pelebaran pembuluh darah arteri, varises (pelebaran pembuluh darah vena), akses cuci darah  dan lain sebagainya.

Dalam waktu dekat RSBP juga akan melakukan pelayanan operasi jantung terbuka misalnya bypass koroner, penggantian katub jantung, kebocoran jantung, dan kelainan jantung lainnya yang membutuhkan pembedahan. Saat ini persiapan operasi jantung terbuka dalam tahap melengkapi peralatan peralatan.

Untuk jenis Operasi Jantung yang saat ini bisa dilakukan di RSBP  adalah jenis operasi yang sederhana yang tidak memerlukan mesin jantung paru, misalnya, mengeluarkan cairan pada selaput jantung (efusi pericard), membuka selaput jantung yang menebal ( pericarditis konstriktiva) dan pengikatan pembuluh darah pada kasus kelainan jantung bawaan (PDA).

Untuk penyakit jantung pada dewasa yang terbanyak adalah penyakit jantung koroner (PJK) dan penyakit katub jantung.  PJK terjadi karena adanya gangguan aliran/penyempitan dari pembuluh darah koroner yang sering oleh karena penumpukan lemak (atherosclerosis) sehingga kebutuhan darah dan oksigen ke otot jantung menjadi berkurang dimana penderita akan merasakan nyeri di dada, akibat kekurangan aliran darah dan oksigen  otot jantung menjadi rusak dan jika kerusakan berat dapat mengakibatkan kematian. Penyakit katub jantung sering diakibatkan oleh penyakit jantung rematik, dimana katub jantung bisa menebal, bocor dan menyempit. Dan kelainan katub ini sering menyebabkan sesak.

Untuk kasus paru paru, yang sering dilakukan pembedahan adalah masalah yang diakibatkan oleh kuman TBC, misalnya batuk darah berulang, kebocoran paru paru, bula paru, nanah pada rongga dada, serta penebalan selaput paru.

Pelayanan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam setara dengan rumah sakit di luar negeri. Oleh karenanya, masyarakat tidak perlu lagi untuk membuang uang untuk berobat ke luar negeri. Saat ini Batam akan digaungkan menjadi Pariwisata Kesehatan yang standarnya akan sama dengan standar Internasional.

Tips dalam menjaga kesehatan jantung, paru dan pembuluh darah di antaranya

  •     Mengkonsumsi dan menjaga pola makan yang baik
  •     Rajin berolahraga
  •     Hindari merokok
  •     Mengontrol tekanan darah
  •     Istirahat yang cukup
  •     Menghindari stress


oleh : Dr. Victor Jesron Nababan, Sp.BTKV
Dokter Spesialis Bedah Toraks, Kardiak dan Vaskuler  RS BP Batam