gudnyus
17 Juli 2021, 10:23 WIB
Last Updated 2021-07-17T03:23:40Z
Ragam

6 Tips Wirausaha untuk Eks PMI Agar Sukses di Negeri Sendiri

Advertisement


Gudnyus.id - Menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) memang salah satu cara untuk merubah hidup Anda ke level sejahtera. Namun apakah menjadi PMI benar-benar tujuan hidup Anda? Apakah Anda akan menghabiskan waktu menjadi PMI untuk selamanya? Tentu tidak bukan?

Oleh karena itu Anda juga harus memikirkan kehidupan Anda setelah rampung menjalani rutinitas kerja sebagai PMI. Mulai membaca-baca tentang tips wirausaha adalah salah satu ide cemerlang.

Sekembalinya Anda nanti ke tanah air tentu harus ada peningkatan taraf hidup. Anda bisa melanjutkan kehidupan dengan membuka usaha di Indonesia. Lalu bagaimana Anda bisa memulainya? Ketahui tips wirausaha berikut agar keuangan keluarga tetap stabil setelah menyandang status sebagai mantan TKI nantinya.

Tips Wirausaha untuk TKI yang Pulang Kampung
Saat memutuskan untuk terjun menjadi tenaga kerja di luar negeri, pasti di benak Anda terselip pertanyaan bagaimana ya caranya agar bisa jadi PMI sukses?

Namun menjadi PMI sukses saja ternyata belum cukup karena Anda tidak akan menghabiskan seluruh hidup Anda untuk menjadi PMI di negeri orang. Akan tiba waktunya Anda kembali ke tanah air dan melanjutkan perjalanan hidup sebagai eks PMI .

Keberhasilan Anda sebagai PMI justru akan terlihat saat sudah kembali ke tanah air, apakah perekonomian Anda semakin meningkat atau justru sebaliknya.

Banyak cerita sukses tentang mantan PMI sekembalinya mereka ke Indonesia. Uang yang berhasil mereka kumpulkan dahulu dipakai untuk modal usaha di tanah air.

Jika mereka bisa, begitu pula Anda. Dikutip dari qelola.com, ketahui tips wirausaha berikut agar Anda bisa menjadi eks PMI yang sukses di negeri sendiri saat sudah pensiun.

1. Punya Etos Kerja yang Tinggi
Jenis pekerjaan PMI ada bermacam-macam dan bisa Anda pilih sesuai dengan bakat dan minat Anda. Saat sudah diterima, niatkan diri untuk bekerja dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh.

Cintailah pekerjaan Anda sehingga segalanya dapat dilalui dengan nyaman dan tanpa beban. Milikilah etos kerja yang tinggi agar performa Anda selalu baik di mata perusahaan. Jangan berbuat ulah yang bisa merugikan diri sendiri.

Jika pekerjaan Anda berjalan lancar maka rezeki pun akan mengalir sesuai dengan usaha Anda. Pastikan Anda mendaftarkan diri ke PJTKI resmi agar tidak terjerumus menjadi PMI ilegal.

Jika nekat, alih-alih mimpi menjadi PMI sukses terwujud, masa depan Anda justru jadi taruhannya.

2. Prioritaskan untuk Menabung
Saat resmi menjadi PMI di luar negeri pertama kali, Anda sebaiknya juga memikirkan tujuan hidup Anda setelah nanti berhenti kerja. Tidak mungkin kan selamanya menjadi PMI , ujung-ujungnya pasti akan balik lagi ke negeri sendiri.

Menjadi wirausahawan adalah pilihan tepat untuk dijadikan ladang rejeki baru saat pulang kampung nanti. Untuk mempersiapkan masa itu, mulailah menyisihkan upah bulanan Anda untuk ditabung. Keluarkan uang seperlunya saja dan hindari membeli barang-barang yang tidak penting.

3. Cermat dalam Membaca Peluang Usaha
Selain menabung, Anda juga harus mulai memikirkan usaha apa yang ingin Anda rintis sekembalinya di Indonesia. Menentukan jenis usaha tidak boleh sembarangan atau Anda akan merugi nantinya.

Usaha yang akan dibangun nanti bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang banyak orang cari di kampung halaman Anda. Misalnya jika lingkungan tempat tinggal Anda banyak perkantoran dan kos-kosan, membuka usaha warung makan bisa jadi ide bisnis yang tepat.

4. Belanjakan Sebagian Tabungan Anda untuk Keperluan Usaha
Mungkin Anda punya kekhawatiran kalau uang tabungan untuk usaha Anda nanti malah dipakai membeli keperluan lain. Nah, Anda bisa menyiasatinya dengan membeli barang-barang untuk keperluan usaha sedikit demi sedikit.

Anda bisa minta bantuan keluarga yang ada di Indonesia untuk membelanjakan segala keperluan usaha Anda nanti. Jadi sekembalinya di Indonesia, Anda sudah siap untuk langsung terjun menjadi wirausahawan.

5. Segera Mulai Usaha Anda
Setibanya di tanah air mungkin Anda ingin melepas penat sejenak dari hiruk pikuk pekerjaan Anda dulu sebagai PMI. Namun jangan sampai terlena dan kebablasan karena nanti malah Anda jadi malas-malasan.

Istirahatkan tubuh dan pikiran Anda sejenak dan segera mulai untuk membuka bisnis. Tips wirausaha yang satu ini wajib banget untuk diterapkan agar perekonomian keluarga tetap stabil walau sekarang harus berdikari.

6. Iringi Usaha dengan Doa
Tips wirausaha yang terakhir adalah libatkan Tuhan dalam setiap langkah Anda. Melakukan ikhtiar itu sudah sepantasnya menjadi tugas Anda sebagai manusia.

Namun untuk hasilnya tetap harus Anda pasrahkan kepada Tuhan. Menjalani bisnis memang tidak mudah kadangkala Anda harus merasakan yang namanya rugi.

Oleh karena itu mental Anda juga harus kuat saat menjalankan usaha. Tetap berusaha dan tawakal karena Tuhan pasti selalu berikan jalan.