gudnyus
21 Juli 2021, 14:53 WIB
Last Updated 2021-07-21T07:53:30Z
Ragam

Idul Adha 2021, Mahasiswa Kukerta UNRI Bantu Prosesi Penyembelihan Hewan Kurban

Advertisement


Gudnyus.id - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UNRI) tahun 2021 di Kelurahan Simpang Empat membantu dalam proses penyembelihan hewan qurban pada moment idul adha 1442 H di masjid Al-Falah Darul Muttaqin, Pekanbaru, Selasa (20/07/2021).

Proses penyembelihan hewan qurban ini dimulai setelah shalat eid dilaksanakan. Setelah itu warga simpang empat bersama Mahasiswa Kukerta UNRI mengikuti prosesi penyembelihan hewan qurban.

"Hewan qurban yang terkumpul sebanyak 12 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang didapat dari warga Simpang Empat dan Hotel Premiere," ujar Ketua kelompok Kukerta Brilliant Yosef.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh panitia mesjid beserta Mahasiswa Kukerta UNRI dan dibantu oleh ibu-ibu majelis taqlim Masjid Al-Falah Darul Muttaqin yang bertugas dalam bidang konsumsi, yaitu menyediakan konsumsi untuk sarapan sekaligus menyediakan makan siang untuk seluruh panitia dan mahasiswa Kukerta Unri.



Panitia yang bertugas membuat pos tersendiri untuk mempermudah kegiatan penyembelihan hewan qurban.

"Pos pertama bertugas untuk menyembelih hewan qurban, pos kedua bertugas untuk memotong hewan qurban, pos ketiga bertugas untuk menimbang sekaligus membungkus daging qurban dan pos keempat bertugas untuk membagi daging qurban sesuai dengan kupon qurban yang telah dibagikan ke warga simpang empat," jelas Yosef.

Proses pembagian daging qurban dilakukan secara tertib dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pembagian ini berdasarkan antrian kupon yang sudah dibagikan. Proses penyembelihan hewan qurban ini diakhiri dengan pembersihan tempat sekitar penyembelihan hewan qurban.