gudnyus
1 Juli 2021, 15:53 WIB
Last Updated 2021-07-01T08:53:57Z
Literasi

Karakteristik Bisnis Startup Yang Dilirik Business Angel Investor

Advertisement

 


Gudnyus.id - Sebelum melakukan investasi para business angel memempunyai beberapa kriteria dalam pengambilan keputusan investasi. Kriteria yang dapat dikategorikan ke dalam tiga kelompok.

Pertama, faktor strategi bisnis. Kedua, kriteria berbasis pasar yaitu tingkat persaingan, hambatan bagi pendatang baru dan potensi produk, dll. Ketiga, faktor pribadi, seperti pengalaman dan karakteristik pengusaha, serta pertimbangan keterlibatan pasca investasi dan preferensi keluar.

Perusahaan baik dengan ukuran kecil, sedang, hingga besar pertama kali muncul atau lahir berasal dari ide-ide yang dibuat dari si pendiri. Kualitas yang dimiliki pendiri menjadi faktor penting dalam membangun sebuah bisnis serta menjadi salah satu faktor daya tarik para investor karena merasa mempunyai tim manajemen yang kuat dalam menjalankan bisnis.

Alasan mengapa kualitas pendiri menjadi sangat penting dalam tahap awal bisnis yang terdiri dari pengetahaun mereka, ketrampilan, dan pengalaman membuat bisnis tersebut menjadi lebih bernilai dan mempunyai potensi baik dikemudian hari (Barringer & Ireland, 2019).

Pernyataan ini juga disebutkan oleh penelitian milik Rostamzadeh dkk (2014) bahwa kualitas dari anggota tim manajemennya akan secara langsung mampu meningkatkan peluang untuk menjadi sukses.

Tingkat pendidikan pendiri berpengaruh pada kemajuan bisnis yang dijalani karena dipercaya bahwa mereka mempunyai ketrampilan, pemikiran jangka panjang untuk masa depan, kreativitas, cara berkomunikasi dengan baik yang mereka dapat dari perguruan tinggi.

Menurut Kor (2003) bahwa pengetahuan pendiri menjadi sumber utama perusahaan dalam menentukan tujuan awal dan sumber daya yang harus dilakukan oleh perusahaan. Pengetahuan ini bisa menjadi aset penting dalam pengembangan kapabilitas yang mengarah pada peluang pertumbuhan bagi perusahaan.

Dengan pengetahuan yang dimiliki misalnya mengenai paham keuangan dan sumber daya pendiri mampu menilai potensi kinerja calon-calon anggota timnya dalam menjalankan perusahaannya yang baru serta mampu menilai investasi yang diperlukan untuk memenuhi sumber dana yang dibutuhkan dan menggunakan dana tersebut untuk opersional perusahaan yang nantinya akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaannya serta para investornya.

Pengalaman kewirausahaan sebelumnya, pengalaman bekerja sebelumnya diindustri atau dibidang yang sama menjadi faktor lainnya yang mampu dijadikan sebgaai kekuatan untuk membawa bisnis tersebut menjadi sukses.

Dampak yang dimiliki pendiri mengenai pengalaman kewirausahaan sebelumnya adalah lebih familiar terhadap proses dalam membangun sebuah usaha bisnis yang kompleks dan lebih memungkinkan untuk dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang berakibat biaya yang besar dibandingkan dengan pendiri yang baru saja untuk memulai sebuah bisnis.

Dampak yang dimiliki pendiri mengenai pekerjaan sebelumnya diindustri atau bidang yang sama adalah pendiri mempunyai jaringan sosial yang professional serta lebih mampu untuk mempraktikan cara pemasaran dan praktik manajemen yang baik dibandingkan dengan pendiri yang tidak mempunyai pengalaman kerja diindustri atau bidang yang sama (Barringer & Ireland, 2019).

Karakteristik lainnya yang diperlukan dalam membangun sebuah bisnis adalah produk yang dimiliki. Produk adalah semua hal yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk menarik perhatian, penggunaan, atau konsumsi yang dapat memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan (Phillip, 2008).

Para pelaku usaha baru perlu memahami keinginan dan kebutuhan para konsumen ketika akan memasuki pasar pada tahap awal. Banyak para startup yang gagal karena tidak mampu menyesuaikan dan memposisikan produk yang ditawarkan dengan kebutuhan pasar (Picken, 2017).

Maka dari itu untuk menciptakan sebuah produk ada beberapa pertanyaan yang perlu di analisis untuk pendiri agar bisnis yang dijalani akan sukses yakni, pertama adalah apakah dengan menciptakan sebuah produk ada konsumen yang akan beli?

Kedua, apakah produk yang diciptakan sesuai dengan trend masyarakat seperti trend ekonomi, trend social, kemajuan teknologi dan apakah produk yang ditawarkan mampu memecahkan sebuah persoalan yang ada didalam masyarakat?

Ketiga, apakah produk yang diciptakan mempunyai konsep dan desain yang sudah ada sebelumnya di pasar dalam arti lain apakah produk tersebut mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan usaha lainnya? (Barringer & Ireland, 2019).

Karakteristik berikutnya adalah pasar yang dituju oleh pendiri. Dalam memilih pasar dapat dilakukan segmentasi pasar dimana membagi pasar menjadi kelompok-kelompok kecil dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda dari setiap segmen pasar.

Kedua, adalah penentuan target pasar perlu dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen untuk dimasuki. Ketiga, adalah positioning memberikan ciri khas pada produk yang berbeda dari para pesaingnya agar produk tersebut selalu diingat dalam benak konsumen (Phillip, 2008).

Dalam memilih segmen pasar, perusahaan perlu melihat pertumbuhan segmen, daya tarik segmen. Data mengenai permintaan pasar dan tingkat pertumbuhan pasar. Tingkat pertumbuhan pasar yang baik dan tumbuh dianggap sebagai alasan yang menarik untuk memasuki pasar tersebut karena dinilai mampu menciptakan keuntungan yang diharapkan.

Akan tetapi, mayoritas pasar yang memiliki pertumbuhan baik pada saat ini mempunyai banyak pesaing dan jika startup tidak mempunyai kecukupan dalam sumber dayanya maka pasar yang mereka tuju sangat kompetitif. Sehingga, startup tersebut mempunyai alternatif untuk memilih segmen yang lebih kecil dengan cara menciptakan sebuah pasar baru.

Dengan memilih target pasar yang kecil startup memiliki kompetitornya yang sedikit sehingga startup mampu mengenalkan produk baru mereka kepada para konsumen yang dimana produk tersebut dapat dinilai sebagai produk yang baru di pasar.

Jika, startup tetap memilih untuk masuk kedalam pasar yang memiliki kompetitor yang tinggi diharapkan bahwa seorang pendiri harus benar-benar familiar dengan industri pasar yang akan dituju, sehingga tetap mempunyai keunggulan dan positioning yang kuat di dalam pasar (Barringer & Ireland, 2019).


Penulis:
Galuh Candya Callista
Analisis pengaruh karakteritsik bisnis startup terhadap keputusan investasi