gudnyus
23 Juli 2021, 22:34 WIB
Last Updated 2021-07-23T15:34:45Z
Ragam

Membuat Zoom Menjadi Lebih Lancar

Advertisement


Gudnyus.id - Bagi banyak pihak, pemakaian software Zoom menjadi kelumrahan setiap hari, bahkan kadang di akhir pekan. Kita jadi bisa meeting dengan siapa saja yang berada di mana saja, kapan saja.


Namun cukup banyak yang mengeluh bahwa koneksi Internet mereka sepertinya tidak memadai. Terjadi berbagai masalah selama berbagai sesi Zoom - suara yang terpatah-patah, video tiba-tiba berhenti ; atau malah putus koneksi Zoom.


Ini juga terjadi pada saya berkali-kali. Padahal saya sudah berlangganan koneksi 100 Mbps di rumah Maka kemudian saya meneliti cara kerja software Zoom ini, untuk mencari tahu cara untuk mempercepat kinerjanya.


Di luar dugaan, surprise saya melihat software Zoom ini kadang tersambung ke servernya di Perancis lho kok hahaha. Lalu kadang ke Jerman. Kadang ke Irlandia. Semua itu wajar jika lambat diakses dari Indonesia. 


Padahal kantor pusat Zoom itu adanya di Amerika  kok malah konek kemana-mana kecuali Amerika.


Maka kemudian saya mencari tahu lebih lanjut, dan menemukan opsi "Transit Data" (jika akun Zoom Anda berbayar) di akhir halaman berikut ini : https://zoom.us/account


Ternyata, kita bisa memilih untuk konek ke server Zoom yang berada di lokasi tertentu saja. Maka kemudian saya setting agar software Zoom saya hanya konek ke server Zoom yang berada di Hong kong atau Jepang atau Singapura atau Amerika, seperti nampak di screenshot. Karena lokasi-lokasi ini yang ternyata cepat diakses dari koneksi Internet saya. 


Kini software Zoom saya selalu berjalan dengan lancar, alhamdulillah.

 

Silakan Anda bisa mencoba juga. Saran saya coba pilih Singapura dulu, biasanya ini cepat diakses dari semua koneksi Internet. Lalu baru pelan-pelan bisa tambahkan juga jika dirasa perlu lokasi-lokasi lainnya.
Semoga tips ini bisa membantu memperlancar pekerjaan Anda. Selamat mencoba.