gudnyus
4 Agustus 2021, 22:51 WIB
Last Updated 2021-08-04T17:08:34Z
Ragam

Mudah dan Instan, Download Slip Gaji Excel Otomatis

Advertisement


Gudnyus.id - Apa itu yang dimaksud dengan slip gaji? Arti Slip gaji adalah merupakan laporan berupa catatan singkat tentang rincian hak-hak yang diterima karyawan setiap bulannya.

Biasanya, bersamaan dengan penerimaan gaji. Bagi perusahaan, slip gaji dibuat untuk laporan keuangan secara transparan yang bertujuan menghindari kesalahan-kesalahan tertentu.

Slip gaji ini juga akan menjelaskan jika ada penambahan atau pengurangan upah yang diterima karyawan.

Begitu juga bagi karyawan, selain sebagai catatan rincian gaji yang diterima, biasanya slip gaji digunakan oleh karyawan untuk syarat pengajuan cicilan kendaraan, KPR, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini slip gaji artinya bisa menjadi bukti penting atas hak yang didapat karyawan selama satu bulan bekerja.

Dimana, melalui slip gaji, perusahaan menjabarkan penjelasan mengenai gaji yang didapat karyawan meliputi gaji pokok, tunjangan, potongan, lembur, dan masih banyak lainnya.

Setiap perusahaan pastinya memiliki format slip gaji yang berbeda-beda dalam sistem payroll mereka.

Hal ini biasanya tergantung kebijakan perusahaan yang mengharuskan untuk mencantumkan beberapa lampiran pada setiap slip gaji.

Mengingat banyaknya jenis perusahaan baik swasta atau BUMN, perusahaan besar dan kecil, dan masih banyak lainnya, memiliki format yang berbeda-beda pula.

Ditambah perkembangan teknologi yang semakin canggih, membuat beberapa perusahaan sudah tidak lagi memberikan slip gaji berbentuk fisik atau kertas.

Banyak perusahaan yang sudah mulai menggunakan format digital, lalu dikirimkan melalui email kepada para karyawannya.

Dengan begitu, perusahaan tidak perlu repot-repot mencetak slip gaji untuk dibagikan kepada karyawan.

Kini, perusahaan tidak perlu lagi harus membuat slip gaji secara manual. Selain dapat memanfaatkan sistem atau aplikasi slip gaji, perusahaan juga dapat membuat slip gaji dari excel otomatis. Dengan demikian pekerjaan membuat slip gaji akan semakin lebih mudah.

Berikut contoh slip gaji karyawan yang bisa diakses secara online:

DOWNLOAD SLIP GAJI EXCEL OTOMATIS