gudnyus
28 November 2021, 14:37 WIB
Last Updated 2021-11-28T07:37:06Z
Kabar Baik

Lawan Perubahan Iklim, Partai Gelora Kepri Launching program 'GELORA Tanam 10 Juta Pohon'

Advertisement

 

Gudnyus.id - Dalam rangka menghadapi perubahan iklim, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gelora Indonesia Kepulauan Riau (Kepri) melaunching program "GELORA Tanam 10 Juta Pohon" di kawasan Golden Prawn, Batam, Minggu (28/11).

Ketua DPW Gelora Kepri, Abdul Rahman mengatakan program nasional ini dilaksanakan secara serentak di 34 Provinsi ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum Partai Gelora, Anis Matta melalui teleconference.

"Saat ini dampak perubahan iklim telah mulai terasa di Indonesia dengan ditandai perubahan temperatur rata-rata harian, pola curah hujan, tinggi muka laut dan variabilitas iklim," jelasnya.

Terkhusus di Kepri yang merupakan daerah kepulauan dampak perubahan iklim juga sangat dirasakan. Dampak itu tidak hanya pada sisi cuaca dan lingkungan, tetapi juga sosial dan ekonomi masyarakat.

"Kita didaerah Kepulauan ini merasakan sekali, ketika gelombang mulai tinggi, saudara-saudara kita yang tinggal di Anambas, Natuna atau Lingga itu akan mengalami distribusi barang yang sangat sulit, sehingga berdampak pada naiknya harga barang-barang secara drastis," ungkap dia.

Ia menjelaskan melalui kegiatan penanaman pohon, Partai Gelora menggelorakan semangat gerakan menghadapi perubahan iklim dan mengajak masyarakat bergabung menjadi bagian dalam menyelamatkan bumi.

Dari target 10 juta pohon secara nasional, Abdul Rahman mengatakan partai Gelora di Kepri akan menanam sebanyak 25 ribu pohon hingga 2023 mendatang.

"Setiap kader akan menanam sebanyak 25 pohon hingga November 2023. Ini adalah program yang berkesinambungan, bukan hanya sekali tanam dan akan berhenti. Menamam pohon adalah harapan kehidupan. Harapan optimisme. Harapan bahwa kita akan mendapatkan satu hal yang besar, karena hanya mereka yang bekerja dan bekerja di masa krisis yang akan menjadi pemenang," ungkap dia.

Ia mengatakan gerakan menanam pohon ini dilakukan Partai Gelora berkolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari pemerintah kota maupun provinsi, pihak LSM yang peduli lingkungan hingga kalangan tokoh agama dan influencer.

"Kita akan bekerja sama dengan berbagai pihak. Apa yang kita launching dan programkan hari ini sejalan dengan program dunia dan ajaran agama kita. Ini adalah momen bagi kita untuk saling berbagi, menginspirasi, bekerja dan berkolaborasi menggerakkan ide besar untuk terus menanam pohon," jelas dia.

Sementara itu Ketua Umum Partai Gelora, Anis Matta yang memimpin langsung gerakan menanam 10 juta pohon menyampaikan Program “GELORA Tanam 10Juta Pohon“ pada dasarnya mengajak masyarakat baik individu, organisasi sosial maupun perusahaan untuk terlibat dalam gerakan menanam pohon seumur hidup.

"Bukan hanya sekali, bukan berupa seremonial namun terus menerus melakukan penanaman pohon. Negara kita bersama dengan masyarakat dunia saat ini sedah memasuki situasi darurat iklim, maka itu dari Kampung Cikoneng ini kita ingin memulai gerakan sederhana yang bisa dilakukan semua orang, yaitu menanam pohon," ujar Anis Matta mengajak semua pihak berkolaborasi.