Danis
11 Mei 2022, 21:35 WIB
Last Updated 2022-08-21T02:37:32Z
BP Batam

Mengapa Batam Sangat Strategis di Tengah Pemberlakuan MEA? Berikut Ini Penjelasannya

Advertisement

Gudnyus.id - Perdagangan global dari waktu ke waktu mengalami perkembangan yang sangat pesat. Negara-negara saling berlomba untuk mampu merespons yang dibutuhkan oleh pasar secara luas. Termasuk pula negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Inilah yang menegaskan mengapa Batam sangat strategis di tengah pemberlakuan MEA.

Fenomena semakin meluas dan meningkatnya volume perdagangan global menjadikan negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara harus semakin berdaya saing. Dalam upayanya tersebut, ASEAN juga membuat terobosan dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau juga bisa disebut dengan ASEAN Economy Community (AEC).

Tujuan dari pembentukan MEA adalah untuk mengintegrasikan kegiatan ekonomi yang ada di negara-negara Asia Tenggara. Keberadaan MEA juga menjadi sarana untuk mewujudkan kawasan perdagangan bebas yang menyeluruh di Asia Tenggara. Sehingga nantinya MEA akan menjadi kawasan yang semakin maju, makmur, dan berdaya saing.

Mengapa Batam sangat strategis di tengah pemberlakuan MEA merupakan sebuah tantangan yang harus dijawab tuntas oleh Muhammad Rudi sebagai Kepala BP Batam. Pemberlakuan MEA adalah sebuah kesempatan yang sangat baik untuk dimanfaatkan oleh BP Batam dalam meningkatkan investasi.

Mengapa Batam Sangat Strategis di Tengah Pemberlakuan MEA?

Salah satu modal penting yang dimiliki Batam adalah letaknya di jalur perdagangan internasional. Keadaan inilah yang membuat Batam menjadi sangat strategis dalam kiprahnya di MEA. Selain itu, Batam juga menjadi pionir penting dalam kancah perdagangan bebas di ASEAN.

Berdasarkan sejarah, Batam merupakan salah satu pusat investasi yang berada di kawasan Asia Tenggara. Oleh karena itu, keunggulan inilah yang harus selalu dijaga sekaligus ditingkatkan. BP Batam pun juga harus terus melakukan pengembangan untuk meningkatkan investasi yang ada.

Pembangunan infrastruktur yang dilakukan di Batam juga semakin menguatkan mengapa Batam sangat strategis di tengah pemberlakuan MEA. Adanya pembangunan infrastruktur dan diimbangi dengan adanya perbaikan regulasi membuat Batam menjadi semakin banyak diminati oleh investor.

Pemberlakuan MEA membuat Batam mendulang keuntungan di bidang investasi. Batam dapat membidik pasar ASEAN untuk mendistribusikan produk yang dihasilkan. Selain itu, MEA juga mampu menjadikan Batam mampu menumbuhkan industri-industri baru yang bermunculan.

Tumbuhnya industri baru juga harus didukung oleh BP Batam. Hal ini untuk semakin mempermudah dan membuat investor semakin betah berinvestasi di Batam. Kebijakan perizinan di bidang kepelabuhan menjadi salah satu contoh dalam memanfaatkan peluang dari MEA. Distribusi barang menjadi semakin cepat dan mampu menekan biaya operasional yang dikeluarkan.

Pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas BP Batam, juga merupakan perwujudan dalam rangka merespons perdagangan bebas di Asia Tenggara. Peningkatan kapasitas dan kualitas pelabuhan laut dilakukan untuk menjadikan Batam sebagai pintu gerbang perdagangan internasional.

mengapa batam sangat strategis di tengah pemberlakuan mea
Bukan tidak mungkin berbagai upaya yang terus dilakukan oleh BP Batam dalam meningkatkan investasi akan menempatkan Batam menjadi market leader di MEA. Berbekal dengan pengalaman serta konektivitas dengan berbagai pihak, membuat Batam selangkah di depan jika dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya.

Peran dan fungsi strategis yang dipunyai oleh Batam haruslah dimanfaatkan seoptimal mungkin. Mengingat dengan MEA semakin membuka kesempatan bagi Batam untuk menjadi daerah pengekspor barang, bukan malah sebaliknya. Apalagi saat ini merupakan momentum yang tepat untuk memulihkan perekonomian.

Berbagai peluang yang ada untuk meningkatkan nilai investasi semakin berlipat ganda dengan keberadaan MEA. Tentunya hal tersebut harus didukung oleh kerja sama berbagai pihak untuk semakin mempertegas mengapa Batam sangat strategis di tengah pemberlakuan MEA. Kerja sama lintas sektoral menjadi kunci penting yang wajib dijalankan.