Danis
26 Oktober 2022, 20:21 WIB
Last Updated 2022-10-26T16:23:36Z
BP Batam

Merajut Solidaritas, BP Batam Gelar Aksi Donor Darah

Advertisement

Gudnyus.id - Menyambut Hari Bakti yang ke-51, Rumah Sakit BP Batam bersama Persatuan Istri Karyawan BP Batam (PIKORI) menggelar aksi Donor Darah.

Aksi ini dilangsungkan pada Selasa (25/10/2022) di Balairung Sari, Gedung Utama, BP Batam.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia BP Batam, Lilik Lujayanti, mengatakan aksi donor darah digelar sebagai wujud kepedulian karyawan BP Batam terhadap sesama.

“Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan bakti sosial BP Batam dalam upaya membantu terhadap sesama dan memenuhi ketersediaan jumlah stok labu darah di Batam,” ujar Lilik.

Aksi donor darah tersebut diikuti dengan penuh antusias oleh kurang lebih seratus karyawan BP Batam dan kalangan masyarakat umum.

“Animo yang tinggi ini merupakan bukti bakti karyawan terhadap kepedulian sosial sesama yang membutuhkan,” pungkasnya.

Ia berharap aksi donor darah ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Batam dan membantu menambah stok labu darah di RSBP Batam dan PMI Kota Batam.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan BP Batam, dr. Muhammad Yanto, menjelaskan aksi donor darah ini menurunkan petugas medis gabungan yang terdiri dari lima tenaga medis dari RSBP Batam dan enam petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam.

“Kita juga telah menyiapkan sepuluh tempat tidur dan sebanyak enam orang petugas yang disiapkan untuk aktivitas pengambilan darah,” ujar dr. Yanto

Lebih lanjut ia menjelaskan, sebelum mendonorkan darah, calon pedonor terlebih dahulu harus mengikuti rangkaian medical check up untuk memastikan pedonor telah memenuhi ketentuan syarat medis.

Adapun sejumlah syarat medis untuk menjadi pedonor. Pertama, berusia minimal 17-60 tahun. Kedua, temperatur tubuh dan tekanan darah normal. Ketiga, Jumlah hemoglobin yang cukup. Keempat, tidak mempunyai komorbid atau penyakit bawaan.

“Donor darah sangat baik untuk kesehatan, karena adanya sirkulasi dan penggantian darah dengan sel darah yang baru sehingga tubuh akan terasa lebih bugar,” jelas dr. Yanto

Ia juga berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan.

“Darah ini nantinya akan kita distribusikan ke Palang Merah Indonesia (PMI) untuk diberikan kepada pasien yang membutuhkan,” pungkasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ibu Kepala Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Nunuk Winarsih Wahjoe, Ibu Anggota Bidang Kebijakan Strategis, Endah Sulistiyani Enoh, Ibu Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi BP Batam, Indrayati Sudirman, dan Ibu Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam, Anna Hashina Wan.