Danis
21 Oktober 2022, 20:32 WIB
Last Updated 2022-10-22T22:47:42Z
BP Batam

Oleh-oleh Khas Batam yang Wajib Anda Bawa Pulang

Advertisement

Gudnyus.id - Salah satu tempat terbaik untuk melakukan investasi adalah di Batam. Mengapa demikian? Batam merupakan tempat yang selalu menawarkan dan memberikan pengalaman terbaik ketika Anda menanamkan modal. Berbagai kemudahan dan keuntungan akan Anda rasakan tatkala berinvestasi di Batam. Keberadaan Batam telah menjadi warna tersendiri bagi iklim investasi di Indonesia. Dengan segala daya tariknya tersebut, tak heran jika oleh-oleh khas Batam turut menjadi incaran.

Geliat investasi di Batam dari waktu ke waktu semakin menunjukkan hasil yang memuaskan. Dukungan yang diberikan oleh BP Batam dalam memberikan rangsangan kepada investor menuai hasil positif. Beragam kebijakan dan juga pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan secara berkelanjutan untuk menjaga tren positif tersebut sesuai dengan target yang sudah dicanangkan.

Berdasarkan rilis dari Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi di Batam yang bersumber dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) mencapai Rp 6.175 triliun dengan jumlah proyek mencapai 1.529. Bukti tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan publik dan investor semakin meningkat. Meningkatnya minat berinvestasi di Batam disambut baik oleh BP Batam. Bermacam-macam terobosan dilakukan untuk membuat investor semakin mudah dan nyaman dalam berinvestasi.

Tentunya sebelum memulai usaha di Batam, alangkah baiknya untuk mengetahui cara berinvestasi di Batam. Bagi para investor dan calon investor yang berinvestasi di Batam harus memiliki aspek legal formal. Hal ini berkaitan dengan kepastian hukum dan jaminan dukungan dari pemerintah. Para investor harus memiliki izin yang sah. Persyaratannya pun bisa didapatkan secara lengkap melalui kanal informasi yang dimiliki oleh BP Batam. Setelah memahami dan menyiapkan persyaratan perizinan, investor dapat mengurus dokumennya via daring.

Lalu, ketika Anda bertandang ke Batam untuk perjalanan bisnis atau urusan lainnya, maka tak lengkap rasanya jika tak sekaligus membawa pulang oleh-oleh khas Batam.

Oleh-oleh Khas Batam yang Tak Boleh Dilupakan
Batam tidak hanya menyajikan potensi investasi semata. Terdapat pula oleh-oleh khas Batam yang patut untuk dibawa pulang ke rumah. Batam juga menjadi tempat yang mengasyikkan jika Anda ingin berburu buah tangan. Sebuah kesempatan yang amat disayangkan jika berkunjung di Batam sampai tidak membawa oleh-oleh khas Batam.

Oleh oleh khas Batam sangat bervariasi. Mulai dari cendera mata berbentuk kerajinan tangan, hingga makanan khas yang hanya bisa Anda jumpai di Batam. Anda mungkin sampai harus membuat list untuk memastikan bahwa Anda sudah mendapatkan oleh-oleh yang diincar.

Misalnya, Batam memiliki oleh-oleh kaus mirip dengan Joger di Bali atau Dagadu di Yogyakarta. Namanya adalah kaus T-Obenk yang juga memiliki keunikan dalam memainkan kata-kata. Batam juga memiliki kerajinan batik dengan motif yang khas. Batik tersebut dinamakan Batik Gonggong.

Oleh oleh Khas Batam yang Wajib Anda Bawa Pulang
Pilihan lainnya dari oleh-oleh khas Batam datang dari kuliner. Para penggemar kuliner dapat menemukan sajian boga khas Batam. Ada Kek Pisang Villa yang berbahan dasar pisang, pas sekali dijadikan camilan. Ada pula Layers Batam Lamoist yang dapat menjadi pilihan kuliner lainnya. Kue dengan tekstur lembut dan rasa manis ini bisa menjadi alternatif buah tangan dari Batam.

Terdapat pula makanan lainnya yaitu luti gendang khas Batam. Makanan tersebut unik dikarenakan roti tersebut digoreng dengan isian di dalamnya berisikan ikan. Bagi penggemar coklat, ada pula coklat dengan jenama Rocklate yang sudah kondang di Batam. Tentunya masih banyak lagi varian oleh-oleh dari Batam yang bisa Anda dapatkan jika bertandang ke sana.

Keberadaan oleh-oleh khas Batam menjadi ciri khas lainnya dari kota yang terkenal dengan investasinya tersebut. Berbagai oleh oleh khas Batam yang tersedia merupakan gambaran dari ekonomi kerakyatan yang ada. Hal ini menunjukkan adanya gairah pertumbuhan ekonomi secara mikro di kawasan Batam. Sebuah potensi yang patut untuk didukung dan diberikan kepercayaan untuk semakin bertumbuh dan menjadi andalan Batam.