gudnyus
31 Desember 2022, 11:00 WIB
Last Updated 2022-12-31T04:00:16Z
Kabar Baik

Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa Pusat Assessment Program Pos Gizi dan Pulau Sehat DD Kepri di Pulau Kasu

Advertisement


Gudnyus.id - Dompet Dhuafa Kepri bersama perwakilan Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa pusat bekerjasama dengan Forum Posyandu Kecamatan Belakang Padang melakukan Assessment dan survei terhadap masyarakat beserta lingkungannya di Pulau Kasu, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam. 

Perjalanan ditempuh menggunakan kapal dari pelabuhan sekupang menuju pulau Belakang Padang, dilanjutkan dengan kapal lain menuju Pulau Kasu.

Pemandangan lingkungan serta masyarakat terlihat jelas sesampainya di Pulau Kasu. Kehidupan masyarakat sebagai nelayan ikan cukup mwarnai tempat tersebut. Lingkungan yang kurang bersih juga menjadi perhatian serius.

Memasuki kawasan pemukiman, bisa terlihat sampah-sampah rumah tangga mengambang di bawah rumah-rumah warga yang berdiri di atas laut.

“Kita lihat bersama, secara kesehatan maupun dari sanitasi masi kurang terutama kebersihan masih kurang. Kami dari Kecamatan belakang padang belum bisa menjangkau untuk mengangkut sampah secara rutin di kelurahan yang ada di setiap pulau,” Ujar Yudi selaku Camat Kecamatan Belakang Padang.

Sesampainya di Kantor Kelurahan Sekanak Raya, Dompet Dhuafa bersama Kader Forum Posyandu Kecamatan Belakang Padang melakukan sosialisasi kesehatan untuk para pemuda dan orang tua terutama yang sudah memiliki anak balita di daerah tersebut. 

Bersama telah berjalannya program Jaga Gizi Anak Pulau dari Dompet Dhuafa Kepri selama beberapa bulan ini, sosialisasi yang diberikan lebih ditekankan kepada pola asuh anak terutama usia 1 sampai 3 tahun.

Evi selaku perwakilan Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa dalam sosialisasinya menyampaikan bahwa selain menyediakan paket gizi, perlu juga adanya tempat semacam Pos Gizi untuk mengedukasi dan membantu menyelesaikan persoalan gizi di lingkungan ini.

“Kami harap program-program Dompet Dhuafa di sini bisa terus berkembang, mungkin di program sanitasi atau pendidikan. Dan semoga hubungan dengan Dompet Dhuafa akan terus berjalan,” Tutup Yudi dalam wawancaranya.