gudnyus
19 Februari 2023, 10:50 WIB
Last Updated 2023-02-19T03:50:41Z
Sorotan

HMI Komisariat UIS Dorong Pembentukan Satgas PPKS di Perguruan Tinggi

Advertisement

 

Gudnyus.id -  HMI Komisariat UIS Gelar FGD Pencegahan Kekerasan Seksual, Dorong Pembentukan Satgas PPKS di Kampus

Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Universitas Ibnu Sina Batam menyelenggarakan Forum Group Discussion pada Sabtu (18/02/2023) di Aula Kampus.

Menurut Aaw Nurintiyara, Ketua Panitia mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian HMI Komisariat UIS atas maraknya kasus pelecehan atau kekerasan seksual di lingkungan lembaga pendidikan.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pencegahan dini agar tidak terjadi kasus kekerasan seksual di lingkungan kampus UIS" ujarnya.

Andri Saputra selaku Ketua Komisariat HMI UIS menambahkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan tidak lepas dari terbitnya Permendikbudristek nomor 30 Tahun 2021.

"Kami berharap agar lembaga pendidikan dapat menjalankan amanah Permendikbudristek tersebut dengan segera membentuk Satgas PPKS" ujarnya.

Kegiatan FGD itu sendiri menghadirkan penyaji dari berbagai latar belakang diantaranya adalah Dr. Sumardin, SE., M.Si (Warek 3 Uis sekaligus perwakilan Yayasan pendidikan ibnu sina), Dedy Suryadi Aks. MH (perwakilan dari Dinas PPPAPPKB Kota Batam), Nina inggit garnasih S.Pd.I (perwakilan dari Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Kota Batam) Excel Brayen Sandoval S.H (Mahasiswa Magister Hukum UIB).

Peserta yang terdiri dari para Mahasiswa, Anggota HMI, perwakilan Peserta dari Himpunan Jurusan UIS, dan PK PMII UIS sangat antusias selama FGD berlangsung.

"Kekerasan adalah perbuatan yang salah, namun kekerasan seksual adalah perbuatan keji yang tidak dapat ditoleransi. Untuk para korban jangan pernah takut untuk berbicara, jika anda diam hari ini maka predator-predator seksual akan terus berkeliaran" pungkas Andri.