gudnyus
23 Februari 2023, 09:29 WIB
Last Updated 2023-10-26T02:32:25Z
Sorotan

Akademisi Apresiasi Capaian Batam Sebagai Destinasi Pilihan Bekerja Favorit

Advertisement

 

 

Gudnyus.id - Terpilihnya Batam sebagai kota pilihan ketiga untuk bekerja di Indonesia berdasarkan survei Goodstats membuktikan masih tingginya harapan masyarakat untuk mendapatkan hidup yang lebih baik di Batam.

Hal itu disampaikan Wakil ketua III STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Rahmad Budi Harto, Kamis (23/2/2023). Ia menilai Batam memiliki daya tarik yang kuat sebagai daerah industri yang membutuhkan banyak tenaga kerja.

"Batam memang sudah dikenal lama sebagai tempat perantauan dan mencari kerja karena banyaknya kawasan industri. Apalagi dengan nilai UMK yang lumayan, sudah tentu banyak yang tertarik ingin ke Batam," Ungkap dia.

Menurutnya capaian Batam sebagai destinasi favorit untuk bekerja ini juga tidak lepas dari peran Walikota Batam yang juga Kepala BP Batam, Muhammad Rudi.

Rahmad Budi Harto mengungkapkan kepemimpinan Rudi di Batam terbukti mampu membuat Batam menjadi daerah dengan geliat ekonomi yang terus bertumbuh.

"Bayangkan meski kita hampir 2 tahun berada dalam pandemi, ternyata kepercayaan masyarakat terhadap Batam yang menawarkan peluang kerja tetap tinggi. Artinya banyak orang tetap menilai bahwa Batam kota yang bagus," jelasnya.

Namun ia menekankan pentingnya pencari kerja untuk meningkatkan skill dan kompetensi saat ingin bekerja di Batam.

"Batam ini kan memang sedang naik level ke industri hi-tech, sehingga lapangan kerja yang hari ini banyak di Batam mensyaratkan SDM dengan kompetensi tertentu," pungkas dia.