Danis
29 Oktober 2023, 21:16 WIB
Last Updated 2023-11-02T21:18:21Z
BP Batam

Semarakan Hari Bakti ke-52, BP Batam menggelar aksi Donor Darah

Advertisement

Gudnyus.id - Dalam rangka memperingati Hari Bakti ke-52, RSBP Batam bersama PMI Kota Batam menggelar donor darah, di Balairung Sari, Kamis (26/10/23).

Dalam kegiatan tersebut, terkumpul 64 kolf (kantong) darah yang dihimpun dari peserta donor darah, di Lingkungan BP Batam.

Ketua Umum Hari Bakti BP Batam ke 52, Binsar Tambunan, mengatakan kegiatan donor darah ini sebagai bentuk dukungan kesehatan bagi masyarakat Kota Batam yang sangat membutuhkan.

“Kami berharap, darah yang diperoleh dari aksi bakti kesehatan ini dapat bermanfaat untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pasokan darah,” ujarnya.

Hasil pendonoran darah nanti akan dikoordinir oleh RSBP bersama dengan PMI Kota Batam untuk mendukung mendukung beberapa kegiatan yang memerlukan ketersediaan darah yang banyak.

Binsar berharap semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mendukung persediaan darah di RSBP dan juga PMI Kota Batam.

Pada kesempatan yang sama, Penanggung Jawab Kegiatan Donor Darah, drg. Anni Maret, menjelaskan tahapan-tahapan yang perlu dilakukan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Sebelum pendonor mendonorkan darahnya, para pendonor wajib mengisi formulir serta melaksanakan serangkaian medical check up dan interview oleh dokter yang menangani.

Anni berharap untuk kedepannya lebih banyak lagi karyawan BP Batam yang menyumbangkan darahnya untuk pasien-pasien yang membutuhkan tindakan khusus.

“kami di rumah sakit tahu persis banyak sekali pasien-pasien yang membutuhkan darah untuk misalnya operasi dan lain-lain”, pungkas Anni.

Tak hanya donor darah, BP Batam juga akan menggelar khitanan massal untuk umum dengan target mencapai 200 anak dari seluruh Kota Batam. Nantinya khitanan massal ini akan dilaksanakan pada 2 November 2023 di Asrama Haji, tanpa dipungut biaya.