Iklan

gudnyus
8 Maret 2019, 23:52 WIB
Last Updated 2019-03-09T13:37:06Z
Insight

Inilah Cara Jadikan Masa Mudamu Menjadi Produktif Dan Berkesan

Advertisement



Jadikan Masa Mudamu Menjadi Produktif Dan Berkesan
 Gudnyus.id - Masa muda adalah masa dimana kamu memiliki kebebasan untuk menjelajah dunia tanpa batas dan melakukan apa yang kamu suka. Masa muda juga merupakan masa yang menyenangkan dan penuh kejutan. Di masa muda, kamu wajib mencoba hal-hal yang baru, berkualitas, dan menantang. Kemudian, dimasa muda inilah karakter mu harus dibentuk. Sebab, jika tidak maka masa depan mu lah yang menjadi taruhannya.

Untuk itu, di masa muda tidak lantas menjadi alasan untuk mengabaikan rancangan masa depan kamu. Orang-orang bisa sukses karena mereka menjalani masa mudanya dengan penuh kebahagiaan dan tantangan. Oleh sebab itu, masa muda disebut-sebut ajang mencari jati diri, membuktikan eksistensi, dan menjalani kehidupan penuh semangat. Dengan ini, kamu wajib membuat masa muda kamu menjadi produktif dan berkesan. Yuk, simak tipsnya!

1. Kembangkan Passionmu

Selama masih muda, jangan pernah berhenti untuk mencari tahu apa yang menjadi passion-mu. Mengapa harus passion? Karena passion adalah sesuatu yang akan menuntun mu untuk menghadapi kerasnya kehidupan dimasa yang akan datang. Juga, masa depan mu tergantung dengan passion yang kamu miliki. Untuk itu, perjuangkanlah dengan sungguh-sungguh!

Lalu, bagaimana cara menemukan passion? Mulailah dengan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler disekolah. Jangan lupa juga untuk mengikuti komunitas-komunitas yang akan menambah wawasan kamu. Serta, jangan absen dalam kegiatan-kegiatan social supaya kamu lebih peka dengan sekitar. Hal-hal ini juga nantinya akan membantu mu dalam menemukan passion mu. Jangan takut dicibir dengan passion yang kamu miliki. Manusia itu unik dengan segala macam passion yang dimilikinya.

2. Jadi Diri Sendiri

Di masa muda biasanya karakter seseorng akan berkembang pesat. Maka dari itu, kamu harus mahir dalam menganalisa kelebihan, kekurangan, dan keunikan diri kamu sendiri. Dan jangan pernah coba-coba menjadi orang lain. Serius, pura-pura jadi orang lain hanya untuk diakui ke eksistensiannya itu ngak akan enak! Lebih baik eksis dengan keunikan diri sendiri. Setuju kan?

Lagi pula, memangnya nyaman menggunakan topeng? Pasti tidak kan? Malah sebaliknya, jika orang lain bisa terkesan karena keunikan yang kamu miliki, itu yang bikin bangga.

3. Berteman Dengan Siapa Saja

Masa muda adalah masa dimana kamu harus membangun relasi sebanyak-banyaknya. Jangan perdulikan latar belakang mereka. Bertemanlah dengan siapapun yang dapat member kamu pengaruh positif.

Memiliki teman yang banyak memang tidak akan memberi manfaat untuk masa sekarang, namun hal ini akan berguna untuk jangka waktu yang panjang. Siapa tahu, kelak jaringan relasi yang kamu miliki akan membantu karirmu di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, memanfaatkan masa muda agar tetap produktif dan berkesan itu sangat penting untuk menunjang masa depan kamu.

4. Gali Rasa Ingin Tahu

Di masa muda, kamu akan menemukan banyak hal yang akan membuat dirimu selalu ingin tahu. Bisa saja ketika kamu menemukan sesuatu yang baru kamu akan terpana dan terkejut dengan hal-hal yang tidak pernah kamu duga sebelumnya.

Untuk menyikapi hal tersebut, latilah jiwa kritismu untuk menjawab besarnya keingin tahuan mu itu. Dari sinilah, pengetahuanmu sedikit demi sedikit akan terus bertambah.

5. Jangan Pernah Takut SalahMelakukan kesalahan merupakan hal yang wajar. Malah dari kesalahan kamu bisa belajar sesuatu yang besar. Misalnya, kamu akan lebih banyak mendapat pelajaran hidup dan bagaimana menentukan sikap kedepannya supaya tidak jatuh ke lubang yang sama.

6. Jangan Pedulikan Omongan Orang LainSetiap orang mempunyai hak untuk berpendapat tentag dirimu, hanya saja jadikan pendapat-pendapat mereka sebagai pertimbangan saja, bukan sebagai kebenaran yang mutlak. Karena, sesungguhnya yang mengerti keinginanmu, apa kebutuhanmu hanya dirimu sendiri. Bukan orang lain! Biarkan saja mereka menilaimu sesuka hatinya. Yang terpenting adalah kamu sudah melakukan yang terbaik!

Nah, itulah beberapa tips yang sebaiknya kamu lakukan agar masa mudamu menjadi produktif dan berkesan. Namun, yang paling penting adalah kamu bisa memanfaatkan masa mudamu dengan sebaik-baiknya dan selalu bahagia. Semoga artikel ini bermanfaat.