-->

Iklan

gudnyus
19 April 2019, 03:46 WIB
Last Updated 2019-04-18T20:46:13Z
Insight

Kebenaran Dibalik Visualisasi "Cyber Attack" Menyerang Server KPU

Advertisement

Gudnyus.id - Barangkali anda mendapat kiriman video yang menggambarkan serangan dari satu negara ke negara lain. Seperti dalam film. Namun dengan narasi bahwa serangan itu dilakukan oleh hacker dari berbagai negara di dunia ke server KPU. Narasi yang ingin dibangun adalah bahwa server KPU sedang dalam bahaya, sehingga harus diamankan.

Apakah benar video tersebut adalah gambaran dashyatnya serangan hacker dari seluruh penjuru dunia ke server KPU?

Perlu di ketahui, bahwa saat ini, setiap detik, setiap jam, setiap hari, setiap bulan, setiap tahun, dan tanpa libur, sedang terjadi serangan dari server-server hacker yang tersebar di seluruh dunia, ke server-server lain yang tersebar di seluruh negara juga.

Serangan itu terjadi secara otomatis, kebanyakan melalui malware atau virus yang tertanam dalam smart phone, laptop, server, dan semua perangkat yang terhubung ke internet dan punya lobang keamanan.

Beberapa perusahaan anti virus seperti Kaspersky mencatat log atau peristiwa serangan tersebut, dari server origin ke destination tertentu. Dan kita bisa lihat visualisasi realtime dari serangan tersebut via web.

Anda ingin melihatnya juga? Ada banyak situs yang menyajikan, seperti Norse, Digital Attack Map, FireEye, SUCURI, Wordfence, Kaspersky, Threat Cloud, Trend Micro dan AKAMAI.

Tinggal pilih anda suka visualisasi yang mana. Mudah sekali kan melihat "cyber attack" seperti ini?

Nah, kira-kira begitu lah. Visualisasi itu asalnya dari sini. Dan benar setiap server rentan diserang malware atau hacker, termasuk server KPU, server Drone Emprit, dll. Itu tugas tim security untuk mengamankan.

Kita orang awam, tak perlu terlalu khawatir soal server KPU. Kita tetap bisa kawal dan crosscheck melalui situs perhitungan suara yang lain, seperti:
- kawalpemilu.org
- kawalpilpres2019.id

Ditulis oleh:
Ismail Fahmi
Founder Media Kernels Indonesia