-->

Iklan

gudnyus
17 April 2019, 04:26 WIB
Last Updated 2019-04-16T21:26:42Z
BisnisInsight

Memulai Mendirikan Usaha Game Digital

Advertisement
Memulai Mendirikan Usaha Game Digital (Foto: glitteredbarnllc.com)

Gudnyus.com - Salah satu hal yang disukai orang tua dan muda adalah bermain game. Kalau dulu dimainkan di komputer, maka game sekarang bisa dimainkan di ponsel. Apalagi sekarang ponsel semakin pintar dan canggih, sehingga semakin banyak bermunculan game-game baru yang lebih menarik.

Tidak heran jika industri game semakin lama semakin berkembang, termasuk di Indonesia. Indonesia memang pasar game yang menjanjikan. Dari 66 juta orang yang memiliki akses internet, 42,8 juta di antaranya mengakses game. Usaha bidang ekonomi kreatif sektor Game Digital diharapkan dapat tumbuh dan berkembang di Indonesia sehingga bisa menjadi salah satu kekuatan ekonomi.

Memang, usaha game membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, dengan semakin berkembangnya dunia internet saat ini, dunia industri game juga akan ikut berkembang. Khususnya game-game online, yang bisa dimainkan di ponsel pintar maupun di komputer.

Industri game sudah muncul sejak lama. Mulai era console game sederhana, handheld game, PC console game, game online, web browser game, hingga mobile game. Seiring dengan perkembangan ponsel dan internet, game juga semakin berkembang dan makin beragam juga ¬genre-nya, seperti role playing game, strategy game, shooter game, atau game simulasi.

Setiap genre memiliki pangsa pasarnya masing-masing. Semua game yang ada saat ini tidak muncul begitu saja, namun melalui proses yang cukup panjang. Proses dalam memproduksi sebuah game Analisis Pasar, Pengumpulan Ide, Mengolaborasikan Ide-Ide yang Ada, Melakukan Validasi Ide, hingaa Melakukan Validasi Ulang Pasar yang Dituju.



Validasi ide dilakukan untuk memastikan apakah ide-ide yang ada tersebut dianggap mampu menjawab kekurangan game-game yang sudah ada sebelumnya atau belum.

Sumber: Bekraf