Iklan

gudnyus
18 April 2019, 10:16 WIB
Last Updated 2019-04-18T03:16:42Z
Bisnis

Cara Game Developer Menghasilkan Uang

Advertisement
Cara  Game Developer Menghasilkan Uang

Gudnyus.com - Industri game sebagai salah satu bagian dari ekonomi kreatif Indonesia memiliki potensi yang besar. Berdasarkan survei Asosiasi Games Indonesia (AGI) di tahu 2017 tercatat nilai industri game di Indonesia berkisar 800 juta dollar AS atau Rp. 11 triliun.

Sementara itu Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di tahun 2018 menyatakan penghasilan yang diperoleh Indonesia setiap tahun dari industri game mencapai 1 triliun Rupiah. Hal inilah yang menyebabkan jumlah studio game di Indonesia juga semakin meningkat.

Nah, untuk mengetahui darimana industri game mendapatkan keuntungan, berikut beberapa cara game developer menghasilkan uang:

1. Menjual Game
Konsumen harus membeli game tersebut agar bisa dimainkan. Segmentasi game berbayar ini harus berbeda dengan game yang bisa diunduh gratis.

2. Memasang Iklan
Uang bisa dihasilkan dari iklan yang ditampilkan oleh rekanan pada game. Jika ada pemain yang ingin menghilangkan iklan pada game, maka dia harus membayar sejumlah uang.

3. Menjual Konten & Karakter
Beberapa game dibuat dengan level kesulitan berbeda. Jika ada pemain yang ingin naik tingkat, maka dia harus membayar. Produsen game juga bisa memperoleh uang dari ringtone, wallpaper, game versi premium, atau meningkatkan kemampuan karakter dalam game tersebut. Lalu produsen bisa menjual set paket upgrade karakter dari tokoh yang dimainkan.

4. Menjual Souvenir
Jika game sudah dikenal, maka bisa dibuat turunan produknya untuk dijual. Contohnya  kaos, boneka karakter, topi, atau bahkan menjual ide game tersebut kepada produsen film.