-->

Iklan

gudnyus
30 Mei 2019, 16:49 WIB
Last Updated 2019-05-30T21:41:36Z
Travel

5 Tips Liburan Hemat dan Tidak Menguras Kantong

Advertisement

Gudnyus.id - Berlibur menjadi sebuah kebutuhan wajib bagi sebagian orang, apalagi bagi mereka yang tinggal di kota besar. Dengan berlibur, mereka bisa melepas penat dan rasa jenuh dari riuhnya kota metropolitan. Namun, liburan terkadang bukanlah hal yang murah. Dibutuhkan budget khusus untuk akomodasi, transportasi, dan berbelanja untuk diri sendiri ataupun untuk suvenir.

Tapi, jangan berkecil hati dulu. Ada beberapa tips sukses menghemat uang untuk berlibur yang bisa Anda ikuti. Seperti apakah itu? Yuk, simak di bawah ini.

1. Merencanakan Liburan Jauh-jauh Hari
Berlibur perlu memiliki persiapan yang matang, terutama menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Tips sukses pertama yang perlu Anda lakukan yaitu merencanakan liburan jauh-jauh hari, seperti beberapa minggu atau sebulan sebelumnya. Tentukan dahulu destinasi liburan Anda. Apakah itu di dalam atau di luar negeri, jika dipersiapkan dari jauh hari makan Anda bisa mendapatkan harga tiket transportasi yang lebih murah.

Selain itu, harga Anda pun bisa mulai merinci biaya dengan jelas, mulai dari akomodasi, biaya makan, hingga biaya suvenir. Rincian biaya tersebut dapat menghemat pengeluaran Anda selama berlibur karena Anda sudah mengetahui mana yang dibutuhkan dan tidak. Usahakan Anda dapat memanfaatkan situs-situs penjual tiket travelling yang menawarkan program paket liburan sesuai dengan budget Anda.

2. Berkunjung Ke Negara Tempat Saudara atau Teman
 Mengunjungi tempat saudara atau teman di berbagai negara bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin berlibur keliling dunia tanpa menguras kantong terlalu dalam. Anda tidak perlu memikirkan tempat penginapan dan makanan yang mahal. Dengan berkunjung ke rumah saudara atau teman, Anda dapat mempererat tali silaturahmi dan mencari tempat-tempat seru yang akan didatangi langsung dari orang lokal terdekat Anda.

Berlibur dengan orang yang Anda kenal tentunya akan lebih mengasyikkan. Anda bisa mengetahui sejarah dari tempat-tempat yang Anda kunjungi tanpa harus menyewa jasa tour guide. Jadi, ketika Anda kembali ke negara tersebut seorang diri, Anda tidak perlu khawatir tersesat. Pengalaman berharga dan menyenangkan datang ketika Anda bisa memanfaatkan peluang yang ada dan tahu bagaimana cara mendapatkannya.

3. Buka Rekening Bank Khusus Untuk Tabungan Liburan
Pernahkah terlintas dipikiran Anda untuk memiliki rekening bank khusus untuk tabungan liburan? Jika belum, cara ini adalah salah satu tips sukses Anda untuk mewujudkan mimpi berlibur ke tempat yang jauh. Pribahasa “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit” dapat Anda buktikan melalui tips sukses ini. Dengan begitu, Anda dapat membuktikan bahwa Anda memiliki sebuah komitmen dan displin yang tinggi dalam mencapai sebuah tujuan.

Ketika Anda menyisihkan sebagian uang dari pendapatan Anda, rekening bank khusus tabungan liburan ini akan menjadi sebuah reward untuk diri Anda sendiri karena uang yang Anda gunakan tidak terbuang secara percuma. Lakukan menabung di rekening bank khusus ini bersama keluarga atau pasangan Anda. Tenang saja, hasil yang didapat tidak akan mengecewakan proses dan usaha yang telah Anda jalani.

4. Mengikuti Program Berhadiah

Tips sukses menghemat uang untuk berlibur kelililing dunia yang perlu Anda coba berikutnya adalah mengikuti program atau kuis berhadiah. Anda bisa mengikuti kompetisi seperti mengunggah foto atau video pada sosial media sesuai dengan tema yang telah diberikan. Di era digital seperti sekarang ini, banyak produk atau brand yang menyediakan paket liburan seru demi mendapatkan engagement yang banyak dari pelanggan.

Memang tips sukses satu ini membutuhkan sedikit usaha Anda agar bisa memperoleh hadiah tersebut. Biasanya kompetisi ini memiliki banyak saingan, maka dari itu konten yang Anda kirimkan harus unik dan menarik. Jika sudah memiliki tujuan, pasti akan ada jalan untuk mendapatkannya. Anda hanya perlu menantang diri dan mencari tahu sejauh mana usaha yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa daftarkan diri Anda di DBS Travel Privileges, dan dapatkan beragam fasilitas eksklusif. Bersama DBS Travel Privileges, berlibur akan menjadi lebih sempurna dan tidak akan terlupakan.

5. Mencari Penghasilan Tambahan Melalui Hobi
Sejauh mana Anda mendalami hobi Anda? Ternyata beberapa jenis hobi seperti menulis, fotografi, design, membuat kerajinan tangan, dan hobi kreatif lainnya bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Hobi yang Anda sukai tanpa disadari menjadi sebuah tips sukses yang paling mudah untuk menghemat uang. Dengan memanfaatkan sosial media, Anda bisa mempromosikan jasa atau produk dari bisnis yang Anda jalankan.

Mulailah mencari potensi diri Anda melalui hobi yang Anda tekuni. Tidak ada pencapaian yang memuaskan selain dapat travelling dengan hasil usaha Anda sendiri. Jadi, tips sukses mana yang akan Anda coba?

Sumber: dbs.com
Foto: pexels.com