gudnyus
29 Mei 2019, 14:02 WIB
Last Updated 2019-05-29T07:02:58Z
sehatWow

Ingin Pola Diet Sehat, 3 Buah Ini Sangat Membantu

Advertisement

Gudnyus.id - Sedari kecil, kita diajarkan pola makan 4 Sehat 5 Sempurna yang terdiri dari nasi, lauk pauk, sayuran, buah, dan susu. Sayangnya, beranjak dewasa, kita seringkali mengabaikan dua jenis makanan terakhir, yakni buah dan susu. Padahal, keduanya membawa manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita.

Buah, misalnya. Selain sebagai camilan yang segar dan enak untuk dikonsumsi, buah juga memiliki berbagai fungsi yang sangat dibutuhkan tubuh, karena di dalam buah mengandung berbagai jenis vitamin, yang dapat membantu menjauhkan kita dari berbagai penyakit. Selain itu, beberapa jenis buah juga dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk memerangi berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker, jantung dan diabetes.

Di samping fungsi-fungsi di atas, beberapa jenis buah tertentu juga diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menyukseskan program diet atau penurunan bobot tubuh Anda. Buah apa saja yang bisa menjadi sahabat Anda selama menjalani program diet sehat? Berikut ini kami tampilkan tiga diantaranya.

1. ApelPastinya Anda pernah mendengar istilah, “An apple a day keeps the doctors away”. Nah, apel selain dapat membantu menjauhkan Anda dari penyakit – dan kebutuhan untuk bertemu dengan dokter, juga merupakan buah yang baik untuk mendukung pola diet Anda. Buah apel merupakan buah yang kaya serat dan berbagai jenis antioksidan. Serat dalam buah apel mampu membantu mengelola kadar kolestrol yang ada di dalam tubuh Anda.

Selain itu, kandungan serat di dalam buah apel juga memberikan imun atau kekebalan tubuh berguna untuk memerangi kuman dan berbagai jenis penyakit. Sementara itu, kandungan vitamin C di dalam buah apel juga dapat membantu tubuh dalam proses penyerapan zat besi, serta memelihara kesehatan pembuluh darah.

2. Buah dari keluarga Berry
Strawberry, blueberry, blackberry, dan buah-buahan lainnya dari keluarga berry juga merupakan buah yang baik untuk mendukung pola diet Anda.  Mungkin bagi kita yang tinggal di Indonesia, buah ini masih sulit ditemui, terutama di beberapa daerah. Namun, dewasa ini, semakin mudah kok menemukan si berries ini, baik di pasar tradisional maupun modern.

Mengapa berries termasuk buah yang baik untuk mendukung pola diet? Karena, kelompok buah ini mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh, khususnya antioksidan. Antioksidan yang terdapat dalam buah-buahan berries dapat menangkal radikal bebas, yang merupakan salah satu musuh kesehatan tubuh, yang bila dibiarkan saja dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya, seperti kanker, diabetes ataupun ginjal.

3. Pisang
Buah lainnya yang bisa menjadi sahabat Anda yang sedang berdiet adalah pisang. Tentunya, Anda sudah sangat kenal dengan buah yang satu ini, namun tahukah Anda bahwa di dalam buah pisang terkandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk magnesium  yang memiliki sejumlah khasiat, seperti melancarkan pencernaan, dan mencegah penumpukan asam lambung.

Sumber: Kalbe
Foto : Eatdrinkbinge.com